Cara Alami Mencegah & Mengatasi Keputihan

Posted By : Posted on - 4:07:00 AM with 1 comment
MencegahCara Alami & Mengatasi Keputihan - Keputihan memiliki banyak sebutan atau dalam dunia medis disebut leucorrhoea atau whitish ataupun vaginal discharge bisa juga disebut flour albus adalah istilah medis yang digunakan untuk menggambarkan suatu kondisi dimana wanita mengalami keluarnya cairan berwarna putih tebal atau kuning dari vagina. Meskipun keputihan yang normal penting untuk menjaga kesehatan kelamin namun jika keputihan terjadi dalam keadaan yang tidak normal memerlukan perhatian medis untuk mencegah infeksi. Fungsi keputihan yang normal atau sekresi vagina adalah untuk mengusir bakteri berbahaya dan organisme lain dari tubuh. Cairan vagina yang normal adalah jernih dan tidak berbau sedangkan keputihan sering berwarna putih tebal, kekuningan dan disertai dengan bau busuk.

Keputihan umumnya terbagi menjadi 2 kategori yaitu keputihan fisiologis dan patologis. Keputihan fisiologis mengacu pada keputihan karena faktor fisik seperti kondisi pikiran, perubahan hormon, siklus ovulasi, kegembiraan atau kegugupan. Keputihan fisiologis biasanya akan terjadi karena keadaan sebagai berikut, seperti:

  • Pada bayi perempuan yang baru lahir, terutama bayi perempuan karena adanya hormon estrogen dari ibunya.
  • Selama masa pubertas pada remaja perempuan karena adanya perubahan hormonal
  • Selama siklus ovulasi (pembuahan) dan pada awal kehamilan
  • Karena gairah seksual

Keputihan patologis secara umum bisa disebabkan oleh pola hidup yang tidak sehat, kebiasaan buruk atau pola makan dan gizi yang tidak tepat. Disfungsi dalam saluran kelamin juga menyebabkan keputihan patologis. Kemacetan (disfungsi atau kehilangan fungsi normal sekresi cairan) atau peradangan pada lendir vagina juga menyebabkan keputihan dan memerlukan perhatian medis dengan segera untuk mencegah infeksi dan penyakit lainnya yang mungkin timbul karena keputihan seperti kanker serviks, peradangan serius dan penyakit lain yang berkaitan. Banyak wanita juga mengalami keputihan setelah melahirkan dan dalam kasus seperti jika disertai dengan bau busuk dan sakit punggung, bisa menunjukkan infeksi pada rahim.

Cara Alami Mencegah & Mengatasi Keputihan

Keputihan biasanya berlanjut selama beberapa minggu berturut-turut atau bulan dan membutuhkan perawatan terus menerus sampai gejala mulai mereda atau hilang sama sekali. Pengobatan tepat waktu diperlukan untuk mencegah dari menjadi masalah kronis.

Gejala Keputihan
Gejala keputihan dapat bervariasi dalam intensitas setiap wanita. Beberapa wanita mungkin mengalami beberapa gejala yang hampir sama, sementara yang lain mungkin relatif asimtomatik. Beberapa keputihan biasa atau gejala menstruasi putih meliputi:

  • Keluar cairan dari vagina biasanya  putih kental atau kekuningan   
  • Cairan yang keluar umumnya berbusa dan berbau busuk
  • Nyeri pada betis dan lumbar
  • Mudak capek dan lemah
  • Merasakan berat di daerah perut
  • Merasakan gatal di vagina
  • Sembelit
  • Sering sakit kepala
  • Terjadi masalah pencernaan
  • Lekas Marah (Kondisi Emosi tidak stabil)
  • Patch hitam pada kulit di bawah mata
  • Bercak di celana dalam

Gejala menstruasi putih seperti lekas marah (emosi tidak stabil) dan patch mata hitam umumnya sering terjadi pada kasus-kasus kronis dari keputihan.

Penyebab Keputihan
Keputihan dapat mempengaruhi satu atau lebih organ-organ sistem reproduksi wanita. Setiap kali ada akumulasi abnormal racun dalam tubuh karena kebiasaan makan yang tidak sehat, organ-organ seperti ginjal, usus dan kulit sulit untuk mengusir racun ini dari tubuh. Akibatnya, tubuh mencoba untuk mengusir racun ini dalam bentuk cairan berbau busuk dan keputihan kental. Dalam kasus keputihan kronis, keputihan bisa menjadi putih, kuning atau bahkan kehijauan dan disertai dengan nanah. Beberapa penyebab umum dari keputihan meliputi:

  • Kondisi seperti vaginitis monilial, vaginitis trikomonas, atau servisitis.
  • Gaya hidup yang tidak sehat dan pola makan yang tidak sehat
  • Ketidakseimbangan hormon
  • Tidak rajin membersihkan organ kewanitaan   
  • Luka kelamin yang disebabkan oleh gatal yang berlebihan
  • Infeksi bakteri dan jamur
  • Gangguan pencernaan
  • Sembelit
  • Anemia
  • Penyakit seperti diabetes dan menorrhagea
  • Stres dan kecemasan
  • Infeksi dari bakteri, jamur atau parasit lainnya. Infeksi saluran kemih juga sangat umum penyebab debit perempuan.
  • Cedera atau trauma pada vagina, rahim atau serviks, yang sangat umum selama kehamilan
  • Iritasi dari benda-benda seperti alat kontrasepsi intrauterine
  • Penggunaan semprotan, pelumas atau jeli
  • Kontrasepsi yang digunakan oleh laki-laki atau perempuan yang dapat menyebabkan iritasi
  • Penyakit menular seksual

Keputihan dapat terjadi pada remaja sebelum dan sesudah menstruasi. Keputihan bisa disebabkan karena iritasi alat kelamin yang disebabkan oleh faktor-faktor seperti kotoran, cacingan, pakaian basah atau lembab atau sering masturbasi. Pada usia remaja keputihan umumnya terjadi di antara periode menstruasi saat selaput lendir menebal. Jenis keputihan menyebabkan nyeri haid dan masalah menstruasi lainnya. Pada wanita yang lebih tua, keputihan mungkin akibat dari masalah lain seperti gonore, yang menyebabkan keputihan dan nyeri saat buang air kecil. Keputihan juga bisa diisebabkan oleh faktor pertumbuhan bakteri pada organ genital. Penyakit radang panggul menyebabkan keputihan, yang mengarah ke keputihan abnormal disertai dengan nyeri punggung bawah dan nyeri pinggang.

Pengobatan Alami Keputihan
Mengidentifikasi gejala keputihan adalah langkah pertama dalam mengobati kondisi ini. Tergantung pada penyebab pasti, dokter mungkin menyarankan pengobatan keputihan dalam bentuk obat oral dan obat-obatan serta salep topikal dan krim. Selain pilihan pengobatan dari dokter anda juga bisa menggunakan tips yanang alami dan tentunya tidak memiliki efek samping, aman dan tentunya berbiaya murah.

Menkonsumsi Pisang
Banyak mengkonsumsi buah pisang dicelupkan ke dalam mentega saat sarapan dan makan siang untuk mengobati keputihan secara alami. Anda juga dapat mengkonsumsi pisang dua kali sehari dengan 5 tetes minyak cendana untuk mengobati dan menyembuhkan keputihan.

Mangga Muda   
Caranya haluskan dan kupas buah mangga dengan menggunakan blender sehingga menghasilkan seperti pasta. Gunakan pasta ini untuk dioleskan pada daerah vagina merupakan cara yang efektif untuk keputihan.

Beras   
Caranya rendam beras bersih dalam satu gelas air matang diamkan selama beberapa jam, nah air beras ini tambahkan 1 sdm gula dan diminum 2 kali sehari.

Daun Wal nut (Kenari)
Rebus daun pohon walnut dalam satu liter air sampai mendidih dan biarkan sampai takaran air menjadi 2 gelas. Setelah dingin gunakan campuran ini untuk membasuh vagina untuk mengobati keputihan.

Ketumbar   
Rendam satu sendok biji ketumbar selama semalam dalam segelas air dan minum di pagi hari sebelum sarapan pada waktu perut kosong untuk meringankan gejala keputihan. Lanjutkan obat ini selama minimal 1 minggu untuk hasil yang baik.

Jus Cranberry
Mengkonsumsi jus cranberry, bermanfaat untuk mengobati keputihan.
   
Ramuan Herbal
Buatlah ramuan rebusa herbal dari kulit kayu ek, yarrow dan lavender untuk pengobatan keputihan alami. Caranya buat ramuan ini untukmencuci daerah kewanitaan anda.

Kunyit Dan Bawang Putih
Mengkonsumsi campuran kunyit dan bawang putih yang telah dihaluskan untuk mengobati keputihan secara internal. Kedua kunyit dan bawang putih mengandung anti-inflamasi, anti-jamur dan anti-bakteri sifat kuat yang bermanfaat dalam mengobati keputihan.
   
Lemon
Campuran air dan perasan lemon digunakan sebagai pencuci vagina adalah cara terbaik untuk membersihkan daerah vagina serta membersihkan selaput lendir pada rahim dan vagina.

Meskipun pengobatan rumah ini biasanya lebih aman dibandingkan dengan kebanyakan obat konvensional lainnya dan obat-obatan, itu selalu lebih baik untuk berkonsultasi dengan dokter Anda sebelum mencoba salah satu dari mereka.

G+

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Tips Cantik & Sehat
Artikel Terkait Dengan "Cara Alami Mencegah & Mengatasi Keputihan "

1 comment: