Cara Mengatasi dan Mencegah Ketombe

Cara Mengatasi dan Mencegah Ketombe  - Ketombe merupakan salah satu masalah yang paling umum dalam masyarakat modern sekarang ini. Ketombe dapat menyebabkan rasa malu dan kepercayaan diri di ruang sosial. Banyak cara dilakukan untuk menghilangkan masalah rambut yang satu ini. Tetapi apa sih sebenarnya ketombe itu? Ketombe adalah suatu kondisi di mana sel-sel kulit mati terkelupas dari kulit kepala dalam jumlah yang cukup banyak. Ketika sel-sel mati dan terkelupas dari kulit kepala dengan jumlah banyak sering kali terlihat sebagai serpihan di kulit kepala dan pakaian.

Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Ketombe
  • Ketombe adalah bentuk ringan dari dermatitis seboroik
  • Ketombe merupakan serpihan kulit mati, menimbulkan gejala gatal dan scaling pada kulit kepala.
  • Dalam kebanyakan kasus, ketombe dapat self-didiagnosis tanpa bantuan dokter.
  • Ketombe bisa terjadi berulang ulang, kadang bisa hilang namun kadang akan timbul lagi. Jika dibiarkan dalam jangka waktu panjang bisa menimbulkan kerusakan dan kerontokan pada rambut.

Mencegah Rambut Berketombe
Cara Mengatasi dan Mencegah Ketombe

Cuci dan sikat rambut AndaJaga Kebersihan Rambut
Jaga agar rambut untuk tetap bersih. Keramas membantu membersihkan pori-pori kulit kepala agar tidak tersumbat yang berguna untuk memproduksi minyak untuk menjaga rambut tetap lembab. Anda harus mencuci rambut dengan sampo anti ketombe dua kali seminggu dan tidak setiap hari karena penggunaan berlebihan sampo anti ketombe dapat mempengaruhi kualitas rambut karena sifat kimianya.

Jaga Agar Rambut Tetap Lembab
Kurangnya kelembaban membuat rambut kering, yang menyebabkan rambut berminyak dan ketombe di rambut. Gunakan kondisioner tiga kali seminggu untuk menjaga rambut lembut dan lembab. Ingat bahwa kelembaban adalah tindakan pencegahan dapat mencegah ketombe berlebihan di rambut.

Kesehatan fisik dan mental
Jika Anda mendapatkan tidur yang cukup, berolahraga setiap hari dan makan banyak buah dan sayuran akan menjaga  Anda tetap sehat yang berarti Anda akan memiliki sistem kekebalan tubuh yang bagus dan menghindarkan anda dari permasalahan rambut seperti ketombe. Stres juga juga bisa menimbulkan ketombe di rambut. Stres menyebabkan peningkatan abnormal pada hormon penghasil minyak yang membuat kulit dan rambut berminyak. Hindari panas yang berlebihan pada rambut, seperti sering menggunakan pengering rambut atau terlalu sering dibawah sinar matahari langsung.

Pijat rambut untuk mengurangi ketombe
Pijat merilekskan pikiran kita, adalah latihan yang bagus untuk akar rambut kita dan juga meningkatkan sirkulasi darah menuju kulit kepala. Gunakan minyak alami seperti minyak kelapa, minyak zaitun, minyak almond untuk pemijatan rambut.

Cara Alami Mengatasi Ketombe

Minyak zaitun
Dalam perawatan minyak zaitun Anda harus menggunakan minyak zaitun hangat pada kulit kepala Anda dan gosok menggunakan jari-jari Anda dalam gerakan melingkar. Oleskan minyak pada malam hari dan mencucinya dengan sampo di pagi hari.

Lobak
Gunakan perasan air lobak untuk mengobati ketombe. Ketombe akan hilang dengan penggunaan air perasaan dari lobak ini. Lobak juga berguna memberi efek lembut pada kulit kepala. Rambut akan terlihat lebih mengkilap dan halus dari sebelumnya.

Yogurt
Yoghurt berguna untuk menghilangkan ketombe juga mampu mengatasi permasalahan rambut seperti kerontokan.

Minyak Bunga Matahari
Minyak ini sangat alami. Oleskan pada ujung rambut sampai akar rambut disertai pijatan lembut. Minyak bunga matahari berguna untuk melembabkan rambut, menjaga dari ambut kering dan menghilangkan ketombe pada rambut.

Lada Hitam
Lada hitam dapat dicampur dengan minyak zitun, minyak kelapa atau yogurt sebelum penggunaan dalam kulit kepala. Berguna untuk kekeringan akar rambut.

Lemon
Lemon dapat secara efektif digunakan sebagai pembersih rambut yang berguna menghilangkan ketombe, minyak, dan kotoran, membuat rambut Anda bersih dan berkilau. Ambil 2 lemon dan peras airnya lalu tambahkan 2 gelas air bersih. Gunakan dan oleskan air ini pada kulit kepala dan biarkan selama 5 menit untuk pemakaian pertama kali akan terasa sangat gatal tapi hal itu wajar karena perasan lemon ini sedang membersihkan kulit kepala anda dari ketombe.. Cuci rambut Anda dengan menggunakan sampo. Ini adalah pengobatan ketombe paling efektif, menghilangkan ketombe dengan cepat dalam satu hari.

Minyak kelapa dan lemon
Ambil 1 sdm lemon dan 5 sdm minyak kelapa dan gunakan untuk memijat dan mengolesi kulit kepala Anda. Diamkan selama 20-30 menit dan kemudian cuci rambut dengan sampo. Ini akan membuat rambut Anda bersih, berkilau dan lembut.

Madu dan lemon
Madu dan pengobatan lemon adalah teknik pembersihan rambut yang digunakan untuk menghilangkan ketombe. Tambahkan dua sendok jus lemon sampai 5 sendok madu. Tambahkan sedikit air dan cuci rambut dengan sampo alami ini untuk mendapatkan rambut bersih dan lembap.

Apel
Haluskan 1 buah apel dengan diblender lalu Campur 2 sendok makan madu dan oleskan ke rambut Anda selama 5-10 menit dan kemudian cuci rambut Anda.

Cuka
Oleskan cuka pada kulit kepala. Pijat kulit kepala selama beberapa menit dan cuci rambut kepala dengan air hangat. Cuka ini berguna selain mengatasi ketombe di rambut anda juga mampu membersihkan pori pori kulit kepala anda.

Minyak Kelapa
Minyak kelapa membantu Anda untuk melembabkan kulit kepala anda. Oleskan minyak kelapa pada kulit kepala. Diamakan selama 10-15 menit. Ini akan memberikan relaksasi pada otot-otot kepala. Relaksasi ini akan membantu mengatasi ketombe di kulit kepala.

Alovera (Lidah Buaya)
Gel yang terdapat dalam aloevera ini memberikan sensasi dingin dan menenangkan saat pemijatan kulit kepala, sehingga menjaga pikiran tetap santai dan rileks. Juga sifat antibakteri dan antivirus dari lidah buaya membantu untuk melawan infeksi bakteri dan jamur di rambut. Gunakan gel lidah dari daun lidah buaya dan gunakan langsung ke rambut. Diamkan selama 20 menit dan kemudian bilas rambut Anda. Aloevera  adalah obat alami dan efektif untuk menghilangkan ketombe.

Telur
Telur dapat diterapkan pada kulit kepala untuk menghilangkan ketombe. Telur juga berguna untuk membuat rambut lebih bersinar, memperbaiki pertumbuhan rambut dan menjaganya tetap lembut. Caranya mudah ambil putih telur lalu oleskan dan pijat secara lembut pada kulit kepala lalu diamkan 15 menit. Cuci rambut anda dengan air hangat dan keriingkan.

G+

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Tips Cantik & Sehat
Artikel Terkait Dengan "Cara Mengatasi dan Mencegah Ketombe "

No comments:

Post a Comment