Mencegah & Mengatasi Kerontokan Rambut Secara Alami

Mencegah & Mengatasi Kerontokan Rambut Secara Alami - Hampir semua orang merasa takut jika rambut mengalami kerontokan, jika dibiarkan secara berlanjut akan mengalami kebotakan. Hal inilah apa yang mereka takutkan. Tetapi sebenarnya rambut rontok merupakan hal yang biasa terjadi, rambut rontok disebabkan oleh sel rambut yang akan mati dan wajar jika rontok maka akan tumbuh tunas rambut baru lagi.

Anda kehilangan sekitar 50 sampai 100 helai rambut setiap hari adalah hal yang masih normal menurut para pakar dermatologists. Hanya ketika rambut rontok melebihi jumlah ini berarti rambut anda mengalami yang dinamakan penipisan rambut sebuah kondisi yang dikenal sebagai alopecia. Banyak orang mungkin akan mengalami rambut rontok di usia 30-an karena perubahan hormonal, stres dan diet yang tidak sehat.

Mencegah & Mengatasi Kerontokan Rambut Secara Alami

Apakah Sebenarnya Kerontokan Rambut?
Alopecia umumnya dikenal sebagai kebotakan, biasanya mengacu pada hilangnya rambut secara berlebih dari kulit kepala, dan dialami oleh banyak pria dan wanita di dunia. Selain itu, hampir 30 persen orang menderita beberapa jenis kerontokan rambut pada usia 30 dan sekitar 50 persennya  diatas usia 50, rambut rontok adalah hal yang sangat umum terjadi sehingga sering dianggap sebagai tanda normal dari penuaan dan bukanlah suatu penyakit.

Gejala Rambut Rontok?
Rambut rontok biasanya dibagi dalam 2 kategori berdasarkan pertumbuhan rambut yaitu rambut rontok yang diganti rambut baru (sementara) dan rambut rontok permanen. Rambut rontok permanen biasanya disebut alopecia androgenetic, dan terjadi pada pria dan wanita. Kebotakan permanen lainnya dapat terjadi karena peradangan yang merusak folikel, menyebabkan rambut berhenti tumbuh.

Jenis lain dari alopecia bersifat sementara, dan dapat melibatkan kulit kepala atau bagian lain dari tubuh. Alopecia areata adalah suatu kondisi autoimun yang menyerang folikel rambut menyebabkan rambut di kepala rontok. Pada dasarnya kondisi ini dapat menyebabkan kebotakan di mana saja rambut tumbuhtermasuk alis, bulu mata, ekstremitas dan rambut pada alat kelamin.

Penyebab Kerontokan Rambut?
Beberapa hal dapat menyebabkan rambut rontok bisa disebabkan karena penyakit parah atau operasi yang menyebabkan hilangnya sejumlah besar rambut. Hal ini biasanya bersifat sementara dan sering berhubungan dengan stres fisik atau emosional (Telogen effluvium). Kekurangan nutrisi dan masalah hormonal juga dapat menyebabkan rambut rontok. Jika kelenjar tiroid terlalu aktif atau Anda kurang aktif, rambut Anda mungkin akan rontok. Rambut rontok ini biasanya dapat diatasi dengan menormalkan kadar hormon tiroid. Rambut rontok juga dapat terjadi jika hormon laki-laki atau perempuan tidak seimbang. Banyak wanita mengalami rambut rontok sekitar 3 bulan setelah mereka melahirkan bayi. Biasanya rambut akantumbuh kembali, namun seringkali merubah ketebalan atau tekstur yang berbeda pada rambut. Pola kebotakan pada pria terjadi ketika folikel rambut rusak akibat terkena terlalu banyak dihidrotestosteron (DHT), metabolit hormon seks pria, testosteron. Hal ini biasanya terjadi jika seorang pria sudah berkeluarga.

Pengobatan Rambut Rontok Secara Alami

Bawang putih
Unsur sulfur meningkatkan produksi kolagen yang berguna membantu rambut tumbuh. Bawang putih merupakan sumber kaya sulfur dan terbukti banyak digunakan dalam ramuan herbal penumbuh rambut. Caranya haluskan bawang butih lalu peras airnya. Gunakan air perasan bawang putih ini untuk kulit kepala dan biarkan selama sekitar 15 menit, kemudian bilas dengan sampo ringan.

Bawang Putih & Minyak Kelapa
Haluskan beberapa siung bawang putih, tambahkan sedikit minyak kelapa dan didihkan selama beberapa menit. Ketika campuran ini mendingin gunakan pada kulit kepala dengan sedikit pijatan agar bisa masuk dalam akar rambut. Ulangi perawatan ini dua sampai tiga kali seminggu untuk hasil terbaik.

Kelapa
Kelapa memiliki kandungan alami yang mampu meningkatkan pertumbuhan rambut. Santan kelapa mengandung protein, lemak esensial dan mineral seperti kalium dan besi, menggunakannya secara teratur dapat mengurangi kerusakan rambut. Minyak kelapa juga berguna menguatkan akar rambut. Secara rutin memijat kulit kepala dengan minyak kelapa merupakan tindakan protektif terhadap rambut rontok.

Santan Kelapa
Parut kelapa dan peras santannya dan campur sedikit air. Gunakan perasan ini ke daerah tertentu yang mengalami penipisan atau botak padak rambut. Lakukan cara ini malam menjelang tidur dan keesokan paginya, bilas dengan air. (Catatan: Gunakan penutup kepala untuk melindungi bantal, selimut atau sprei agar tidak kotor)

Hibiscus (Kembang Sepatu)
Minyak kelapa dan kembang sepatu adalah rahasia untuk rambut tebal dan berkilau. Hibiscus memiliki sifat meremajakan dan  memelihara rambut, mencegah beruban prematur (uban dini ) dan juga membantu menghilangkan ketombe. Caranya haluskan beberapa bunga kembang sepatu dan campur dengan minyak wijen atau minyak kelapa untuk membuat pasta halus. Gunakan pasta ini ke kulit kepala dan rambut, biarkan selama beberapa jam dan kemudian bilas dengan air dingin dan keramas menggunakan sampo ringan.

Telur
Telur adalah sumber yang kaya sulfur, protein dan mineral seperti selenium, yodium, fosfor, besi dan seng. Hal ini sangat baik untuk pertumbuhan kembali rambut terutama bila dikombinasikan dengan minyak zaitun. Ambil putih telur dan campurkan dengan satu sendok teh minyak zaitun. Oleskan pasta ini ke seluruh kulit kepala dan rambut. Diamkan selama sekitar 15 sampai 20 menit dan kemudian bilas dengan air dingin dan sampo ringan.

G+

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Tips Cantik & Sehat
Artikel Terkait Dengan "Mencegah & Mengatasi Kerontokan Rambut Secara Alami "

No comments:

Post a Comment