Mengetahui Penyebab, Pencegahan & Pengobatan Bau Mulut

Mengetahui Penyebab, Pencegahan & Pengobatan Bau Mulut - Berbicara dengan banyak orang atau berkumpul dengan teman atau keluarga dengan bau mulut yang menyengat memang menjadi hal yang mengurangi rasa percaya diri. Apalagi jika anda mempunyai aktifitas yang mengharuskan anda untuk berkumpul dengan banyak orang setiap hari, biasanya untuk mengatasi hal ini orang akan menggunakan parfum semprot untuk menghilangkan bau mulut, namun penggunaan parfum semprot mulut yang terlalu sering menjadikan mulut kita kering dan tidak nyaman.

Nah sebelum mengetahui cara pencegahan bau mulut ini alangkah baiknya jika anda mengetahui penyebab dari bau mulut ini. Bau mulut bisa disebabkan oleh beberapa faktor yang mempengaruhi seperti dibawah ini:

Mengetahui Penyebab, Pencegahan & Pengobatan Bau Mulut

Penyebab Utama Bau Mulut
  • Dehidrasi (Kekurangan Cairan) sehingga menyebabkan mulut kering dan berbau
  • Kebiasaan buruk seperti merokok, minum minuman beralkohol.
  • Tidak Menjaga kebersihan mulut seperti jarang menggosok gigi.
  • Konsumsi makanan seperti petai, jengkol, durian dll.
  • Timbunan sisa sisa makanan, plak atau karang gigi.
  • Penyakit mulut seperti sariawan atau radang gusi ataupun tenggorokan tetapi bisa juga disebabkan oleh penyakit dalam.
Setelah anda mengetahui akar penyebab dari bau mulut, bau mulut dapat disebabkan oleh beberapa kondisi kesehatan, makanan dan bahkan kebiasaan. Untuk mencegah bau mulut yang timbul anda perlu menerapkan tips bagaimana mencegah bau mulut seperti dibawah ini:

Cara Mencegah Bau Mulut

Menjaga Kebersihan Mulut
Dengan menjaga kebersihan mulut maka anda akan terhindar dari bau mulut. Gosok gigi dan lidah anda saat anda habis makan atau menjelang tidur, karena saat tidur timbunan plak dalam mulut akan menumpuk dan mengeras dan lazim disebut karang gigi. Hindari konsumsi makanan yang menjadi faktor bau mulut seperti petai, jengkol maupun durian dan hentikan kebiasaan buruk seperti minum minuman keras dan merokok. Merokok terbukti secara langsung menjadi penyebab bau mulut dan membuat gigi tampak kuning kecoklatan.

Perbanyak Minum Cukup Air Putih
Tubuh yang kekurangan cairan akan mengurangi produksi saliva (air ludah dalam mulut) yang berfungsi untuk membuat mulut tetap basah dan membunuh bibit penyakit dalam mulut. Jika mulut kita sedikit saliva maka bibit penyakit akan bertahan hidup dan menyebabkan bau mulut. Untuk itulah usahakan minum air putih minimal 8 gelas perhari. Mulut yang kering dapat meningkatkan peuang bau mulut anda.

Konsumsi Vit C
Kekurangan vitamin c dapat menyebabkan permasalahan dalam mulut atau rongga mulut seperti sariawan, radang gusi, radang tenggorokan, amandel dll. Kita semua mengetahui bahwa salah satu penyebab bau mulut adalah karena beberapa penyakit yang saya sebutkan diatas.

Cara Mengatasi Bau Mulut Secara Alami

Minum Banyak Air Putih
Percaya atau tidak, dehidrasi adalah salah satu penyebab paling umum dari bau mulut. Banyak orang minum air terlalu sedikit sepanjang hari untuk menangkal bakteri di dalam mulut yang paling bertanggung jawab menyebabkan bau mulut. Mikroba kecil di mulut sebenarnya memakan partikel sisa makanan dalam mulut, Hal ini dimungkinkan untuk kondisi mulut kering kering kronis berperan dalam pengembangan bau mulut. Mulut kering disebabkan oleh dekomposisi sel-sel mati di mulut Anda dan di lidah Anda.

Tapi agar tubuh Anda untuk menghasilkan cukup antibakteri pada air liur, Anda harus minum banyak air bersih sepanjang hari. Karena air liur penuh oksigen, bakteri memiliki waktu yang jauh lebih sulit bertahan karena mereka membutuhkan lingkungan yang rendah oksigen untuk tumbuh subur. Air liur juga mengandung enzim alami yang membantu merangsang produksi antibodi yang menetralisir bakteri.

Konsumsi Makanan yang Mengandung Zinc
Penyebab umum lainnya dari halitosis adalah kekurangan mineral seng, yang berguna membantu menjaga mulut tetap bersih, bebas dari bakteri mulut. Beberapa produk obat kumur sebenarnya mengandung cukup zinc sebagai bahan aktif karena mineral adalah antimikroba dan membantu dalam netralisasi dan eliminasi dari kuman berbahaya. Mengkonsumsi makan makanan kaya zinc seperti labu, kakao, dan dagingmerupakan cara yang lebih baik, karena dapat membantu mengatasi masalah sistemik dan bau mulut.

Konsumsi Makanan Yang Mengandung Antibakteri
Makan makanan yang mengandung antiseptik atua anti bakteri seperti wortel, seledri, dan apel. Buah dan sayuran sebaiknya organik, yang kaya serat juga bermanfaat dalam memerangi bau mulut. Makan lebih banyak wortel, seledri, dan apel, misalnya, dapat membantu mengikis habis buildups plak yang bertanggung jawab untuk menyebabkan bentuk yang lebih ringan atau bau mulut, serta menambahkan dosis ekstra nutrisi meningkatkan kekebalan tubuh untuk diet Anda. Makanan ini juga membantu memicu peningkatan produksi antibakteri pada air liur dalam mulut.

Meminum Teh
Teh merupakan obat herbal alami yang tidak hanya bisa membuat rileks pikiran namun di dalam kandungannya terdapat antiseptik alami yang berguna untuk membunuh bakteri dalam mulut anda, Caranya adalah minum teh tanpa gula tambahan.

Kumur Dengan Air Garam
Berkumur menggunakan air garam bermanfaat sebagai kombinasi untuk membantu menghilangkan bakteri dari tenggorokan dan diding amandel.

Rajin membersihkan rongga mulut dan gigi
Dengan rajin dan teratur menjaga kebersihan mulut anda maka bau mulut anda akan teratasi dengan baik, rajin teratur menyikat gigi setelah makan atau minimal 2 kali sehari yaitu sebelum tidur dan bangun pagi merupakan tipsefektif mengatasi bau mulut anda.

Nah itulah beberapa tips mengenali penyebab, pencegahan dan mengatasi bau mulut. Semoga artikel diatas bermanfaat dan terima kasih sudah berkunjung.

G+

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Tips Cantik & Sehat
Artikel Terkait Dengan "Mengetahui Penyebab, Pencegahan & Pengobatan Bau Mulut "

No comments:

Post a Comment