Cara Terlengkap Melakukan Meditasi Pikiran

Cara Terlengkap Melakukan Meditasi Yang Benar - Tujuan dari meditasi adalah untuk fokus dan menenangkan pikiran Anda, akhirnya mencapai tingkat yang lebih tinggi dari kesadaran dan ketenangan batin. Untuk tingkat lebih lanjut bisa digunakan untuk mengobati penyakit di tubuh, menghentikan kebiasaan buruk seperti merokok, minum minuman keras dan kebiasaan buruk lain yang tidak bisa dilakukan dengan cara biasa. Praktik ini menekankan pikiran bawah sadar anda jadi sangat efektif untuk penghentian kebiasaan buruk, mencerdaskan pikiran dan lain sebagainya.

Namun tujuan utama dari meditasi adalah menenangkan pikiran, mengatasi stres dan bisa membantu pikiran kita tenang dan fokus sehingga kita mudah mengatasi masalah berat apapun dengan pikiran tenang. Berikut cara terlengkap melakukan meditasi dari persiapan, teknik sampai olah pernapasan.

Persiapan Meditasi

Cara Terlengkap Melakukan Meditasi Pikiran
Pemilihan Tempat Meditasi
Meditasi harus dilakukan di suatu tempat tenang dan damai. Hal ini memungkinkan Anda untuk tetap fokus dan menghindari pikiran Anda dari rangsangan luar. Cari suatu tempat yang Anda tidak akan terganggu selama meditasi Anda berlangsung. Ruangan tidak perlu besar bahkan kantor Anda dapat digunakan untuk meditasi, selama itu di suatu tempat yang pribadi. Namun untuk tempat meditasi yang sempurna adalah di alam seperti gunung, pantai atau taman sehingga anda benar-benar merasa nyaman dengan udara bersih yang anda hirup selama meditasi berlangsung. Bermeditasi di luar ruangan atau alam bebas menjai nilai lebih. Selama Anda tidak duduk di dekat jalan yang sibuk atau sumber lain yang menghasilkan suara keras, Anda dapat menemukan kedamaian di bawah pohon atau duduk di atas rumput yang subur taman.

Hindari Kebisingan
Bagi mereka yang baru untuk memulai meditasi, hal ini sangat penting untuk menghindari gangguan eksternal. Matikan TV, telepon atau peralatan bising lainnya. Jika Anda memutar musik pilih musik tenang, berulang dan musik lembut, agar tidak membuyarkan konsentrasi Anda.

Kenakan pakaian yang nyaman
Salah satu tujuan utama dari meditasi adalah untuk menenangkan pikiran dan memblokir pikiran dari faktor eksternal namun hal ini bisa sulit anda lakukan jika Anda merasa tidak nyaman secara fisik karena pakaian ketat atau membatasi. Cobalah untuk mengenakan pakaian longgar selama latihan meditasi dan pastikan untuk melepas sepatu Anda. Kenakan sweater atau jaket longgar jika Anda berencana untuk bermeditasi di tempat dingin. Jika tidak suasan yang dingin akan mengganggu pikiran Anda dan Anda akan tergoda untuk menghentikan latihan meditasi anda. Jika Anda berada di kantor, atau di suatu tempat yang Anda tidak dapat dengan mudah mengubah pakaian Anda, lakukan yang terbaik untuk membuat diri Anda senyaman mungkin. Lepaskan sepatu Anda dan jaket, membuka kerah kemeja atau blus dan melepaskan ikat pinggang Anda.

Tentukan berapa lama durasi Anda ingin bermeditasi.
Sebelum Anda mulai, Anda harus memutuskan berapa lama Anda akan bermeditasi . Sementara banyak meditator berpengalaman merekomendasikan dua puluh menit dua kali sehari, pemula bisa memulai melakukan paling sedikit lima menit perhari. Anda juga harus mencoba untuk bermeditasi pada waktu yang sama setiap harinya apakah itu di pagi hari, atau lima menit pada jam makan siang Anda. Apapun waktu yang Anda pilih, cobalah untuk membuat meditasi merupakan bagian yang tak tergoyahkan dari rutinitas harian Anda. Sekali Anda telah memutuskan rencana untuk menentukan waktu meditasi, cobalah untuk menaatinya.         

Proses Awal Meditasi   

Pemanasan
Meditasi melibatkan duduk di satu tempat untuk waktu tertentu, sehingga sangat penting untuk meminimalkan ketegangan menyamankan diri anda sebelum memulai meditasi. Melakukan beberapa menit peregangan ringan atau pemanasan dapat membantu untuk melonggarkan dan mempersiapkan tubuh dan pikiran untuk meditasi.  Ingatlah untuk meregangkan leher dan bahu, terutama jika Anda baru saja duduk di depan komputer, berbaringlah dan rilek untuk melemaskan semua otot bagian tubuh anda yang kaku. Merentangkan kaki Anda, khususnya pada paha bagian dalam, dapat membantu ketika bermeditasi dalam posisi lotus.

Cari posisi yang nyaman
Sebagaimana dinyatakan di atas, sangat penting bahwa Anda merasa nyaman saat Anda bermeditasi, itulah sebabnya mengapa menemukan posisi terbaik bagi Anda adalah penting. Meditasi bisa dipraktekkan dengan duduk bersila ataupun berbaring (tidak disarankan bagi pemula karena bisa menyebabkan kantuk dan meditasi anda berhenti karena ketiduran). Intinya adalah lakukan posisi apapun yang membuat anda rileks dan merasa nyaman, posisi mata boleh menutup atau terbuka. Namun bagi para pemula tidak disarankan meditasi dengan mata terbuka karena dapat mengganggu kefokusan dengan visualisasi kontak luar.

Praktek meditasi

Olah Pernapasan
Yang paling dasar dan universal semua teknik meditasi, meditasi pernafasan adalah tempat yang bagus untuk memulai latihan meditasi Anda. Rasakan benar olah pernapasan anda saat naik dan turunnya perut Anda ketika Anda bernapas masuk dan keluar. Jangan mengubah pola pernapasan Anda, hanya bernapas normal dan rasakan hal itu. Cobalah untuk fokus pada pernapasan dan rasakan alur pernapasan Anda. Sekedar tips saja ambil napas sambil anda menghitung 1-8 tahan napas sambil menghitung 1-8 dan keluarkan napas secara perlahan sambil menghitung 1-8. Lakukan secara teratur maka anda akan terbisa seperti itu walaupun tanpa menghitung. Saat napas anda terasa lebih panjang dan nyaman anda berhasil pada titik ini. Setelah anda berhasil pada olah pernapasan ini anda dapat melanjutkan ke sesi berikutnya.

Fokuskan Pikiran
Setelah anda berhasil pada olah napas sekarang anda memasuki sesi pemfokusan pikiran, pada meditator pemula hal ini merupakan hal yang sulit..namun jika anda berusaha melakukannya terus menerus anda akan mudah melakukannya dan terbiasa dengan hal ini. Saat pertama kali pemfokusan ini biasanya sulit, biasanya anda akan keluar dari pemfokusan pikiran dan berpikir macam macam pikiran yang tidak sengaja anda pikirkan, coba kembali fokus. Tips untuk memfokuskan pikiran adalah coba bayangkan anda sedang membaca tulisan dari A-Z lakukan secara urut jika anda telah selesai ke huruf Z maka kembali bayangkan anda membaca secara terbalik dari Z-A lakukan cara tersebut dan ulangi lagi. Jika anda fokus anda bisa melakukannya dengan benar. Ingat pemfokusan pikiran bukan mengosongkan pikiran.
    
Masukkan Mantra
Mantra yang dimaksud disini bukan mantra mantra ghaib atau sihir. Meditasi mantra adalah bentuk lain umum meditasi, yang melibatkan mengulangi mantra (suara, kata atau frasa) berulang-ulang, sampai Anda memasuki pikiran dan memasuki keadaan meditasi yang mendalam. Mantra bisa apa saja yang Anda pilih, asalkan mudah diingat. Jika anda seorang muslim anda bisa sambil berdzikir memuji keagungan Allah, anda juga bisa menggunakan mantra motivasi tergantung tujuan anda bermeditasi, jika meditasi anda bertujuan menghindari kebiasaan buruk merokok maka bayangkan rokok adalah suatu yang jahat, sesuatu yang akan membunuh anda. Hal ini anda lakukan untuk dapat memasuki alam bawah sadar anda. Saat anda sudah masuk ke dunia hening, nyaman, tentram dan damai berarti anda berhasil sejauh ini.

Visualisasi Pikiran
Seperti saya jelaskan diatas jika anda berhasil masuk di dunia yang hening, nyaman, tentram dan damai maka anda sudah berhasil sejauh ini, tetap seperti ini.  Visualisasi adalah teknik meditasi lain yang populer, yang melibatkan tempat yang damai dalam pikiran Anda dan jelajahi itu, sampai Anda mencapai keadaan tenang. Tempat bisa dimana saja yang Anda suka - namun, itu tidak harus sepenuhnya nyata, itu harus unik dan personal untuk Anda. Tempat Anda memvisualisasikan bisa menjadi, pantai berpasir yang hangat, padang rumput penuh bunga, hutan yang tenang atau bahkan ruang duduk yang nyaman. Apapun tempat yang Anda pilih, memungkinkan untuk menjadi hal yang menjadikan kedamaian Anda. Setelah Anda memasukkan tempat yang anda tuju dipikiran, biarkan diri Anda untuk mengeksplorasi. Tidak ada kebutuhan untuk "menciptakan" lingkungan Anda, mereka sudah ada.

Biarkan mereka datang ke garis depan pikiran Anda. Nikmati pemandangan, suara dan aroma dari lingkungan Anda - merasakan angin segar di wajah Anda. Nikmati ruang selama yang Anda inginkan, yang memungkinkan untuk memperluas secara alami dan menjadi lebih nyata. Ketika Anda siap untuk menghentikan meditasi anda, ambil napas dalam-dalam, kemudian buka mata Anda. Anda baru saja menyelesaikan meditasi anda, coba anda rasakan perbedaan sebelum anda bermeditasi dan sesudahnya dan saya yakin banyak perbedaan yang anda dapatkan.

G+

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Tips Cantik & Sehat
Artikel Terkait Dengan "Cara Terlengkap Melakukan Meditasi Pikiran "

No comments:

Post a Comment