Kenali Penyebab & Cara Mengatasi Insomnia

Cara Mengatasi Insomnia - Tidur merupakan cara alami bagi manusia maupun hewan untuk mengembalkan tenaga atau energi yang digunakan setiap harinya. Tidur membantu dalam pertumbuhan dan peremajaan sistem kekebalan tubuh, saraf, otot dan rangka sehingga kita merasa segar ketika kita bangun dengan meningkatkan fungsi otak dan energi. Jika kurang istirahat atau tidur maka tubuh akan lemah, kekebalan tubuh akan menurun sehingga mudah terserang berbagai macam penyakit, kurang fokus serta malas.

Gangguan tidur atau Insomnia
Idealnya manusia membutuhkan setidaknya 8 jam tidur setiap hari, namun seringkali kita mendapatkan masalah gangguan tidur baik dari faktor internal (tubuh kita) maupun eksternal (lingkungan) dan hal tersebut dikenal sebagai gangguan tidur (somnipathy). Kebiasaan yang sering salah dilakukan oleh banyak orang ketika mereka mengalami gangguan susah tidur mereka akan mengonsumsi tablet atau pil tidur untuk mengatasinya, tidak menyadari bahwa jika hal tersebut dilakukan dalam jangka panjang hanya akan mengakibatkan ketergantungan pada obat-obatan sehingga bisa menimbulkan masalah kesehatan bagi anda. Salah satu bentuk yang paling umum dari gangguan tidur adalah Insomnia. Orang yang menderita masalah ini mengalami kesulitan tidur atau buruknya kualitas tidur atau kurang tidur. Insomnia jangka panjang dapat menyebabkan fungsi otak menurun, pelupa, dan kurangnya konsentrasi, stres, dan mengurangi kinerja. Hal ini juga dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah dan meningkatkan risiko obesitas dan berat badan.

Kenali Penyebab & Cara Mengatasi Insomnia

Penyebab Insomnia
Ada beberapa faktor fisik dan psikologis yang menyebabkan Insomnia. Beberapa penyebab Insomnia umum adalah sebagai berikut:

  • Obat-obat tertentu untuk arthritis, kolesterol tinggi, hipertensi, Diabetes Tipe 2, penyakit Alzheimer dan demensia dan antidepresan dapat menyebabkan Insomnia kronis.
  • Ketidakseimbangan hormon atau perubahan saat menstruasi atau kehamilan dapat menyebabkan Insomnia.
  • Gangguan irama sirkadian, pergantian pola tidur, jet lag atau perubahan cuaca dapat menyebabkan transien Insomnia.

Gejala umum Insomnia
Gejala insomnia secara umum meliputi kurang tidur atau kesulitan tidur sepanjang malam. Beberapa gejala umum termasuk:

  • Mengambil waktu yang lama untuk tertidur
  • Tidur hanya dalam waktu pendek, sering terbangun ditengah malam
  • Terjaga sebagian besar malam
  • Merasa stres seolah-olah Anda tidak tidur sama sekali
  • Bangun lebih awal bahkan setelah tidur larut

Cara Mengobati Insomnia

Yoga atau meditasi
Salah satu cara terbaik untuk mengatasi kesulitamn tidur adalah dengan tekhnik meditasi atau yoga ringan yang membantu mempermudah anda untuk tidur dengan relaksasi otot dan saraf dan mengurangi stres.

Olahraga secara teratur
Satu jam olahraga setiap hari cukup intens telah terbukti meningkatkan kualitas tidur, mood dan energi. Alasannya pada fakta bahwa aktivitas fisik yang berat membantu pengeluaran zat endorfin yang membantu dalam meningkatkan kualitas tidur, meningkatkan energi dan mengurangi gejala depresi, stres dan kecemasan.

Dengarkan Musik yang Menenangkan
Para ahli juga menyarankan untuk mengatasi insomnia dapat dilakukan dengan mendengarkan musik yang menenangkan, musik lembut sebelum tidur. Pemilihan musik yang tepat membantu pikiran untuk merasa tenang, nyaman dan rileks sehingga membantu tidur nyenyak. Penelitian menunjukkan bahwa orang-orang yang mendengarkan musik yang menenangkan telah meningkatkan kualitas tidur nyenyak dibandingkan dengan mereka yang tidak mendengarkan musik. Namun perlu diperhatikan bahwa musik yang didengarkan haruslah musik yang slow, tenang dan lembut bukan musik yang keras dan berisik.

Batasi konsumsi Kafein dan Alkohol
Meskipun manfaat kopi bagi kesehatan sangat banyak, cobalah untuk menghindari kafein dan alkohol setidaknya 6 jam sebelum waktu tidur karena kafein menjadi stimulan mengganggu konsentrasi tidur dengan memperpendek waktu tidur nyenyak dan lebih sering terbangun. Minum kopi bahkan enam jam sebelum tidur dapat mengganggu tidur. Adapun alkohol, mungkin membuat Anda mengantuk dan membuat Anda tertidur pada awalnya, tetapi dapat menyebabkan bangun selama pertengahan malam dengan sakit kepala atau perut sakit sehingga menciptakan kesulitan dalam kembali tidur.

Mandi air hangat dan aromatik
Buatlah ritual harian untuk bersantai agar otot-otot Anda rileks dengan mandi air hangat aromatik sebelum tidur. Mengambil mandi air panas dengan menambahkan beberapa tetes lavender atau minyak chamomile ke air dapat meningkatkan suasana hati, menciptakan relaksasi serta menghilangkan stres dan depresi, sehingga membantu Anda tertidur lebih cepat dan tetap tidur untuk jangka waktu yang lebih lama sehingga Anda bangun segar dan meremajakan.

Makanan Tidur Sehat
Dengan mengonsumsi makanan sehat tertentu dalam diet harian Anda dapat membantu dalam meningkatkan kualitas tidur dan mengatasi Insomnia. Berikut adalah beberapa jenis makanan yang bisa mengatasi insomnia.

Kacang-kacangan
Kacang-kacangan seperti almond, kacang mete, pistachio dan kenari merupakan sumber yang kaya lemak tak jenuh yang sehat yang tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan jantung, tetapi juga menyeimbangkan kadar serotonin salah satu neurotransmitter yang paling penting yang membantu dalam mengatur siklus tidur. Kadar serotonin yang tidak seimbang dapat menyebabkan depresi, kelelahan kronis dan kurang tidur nyenyak. Jauhi makanan dengan tingkat tinggi lemak jenuh dan trans-lemak.

Jus Cherry
Jus ceri bertindak sebagai obat alami yang luar biasa untuk tidur. Hal ini karena mengandung tingkat tinggi melatonin, hormon yang membantu dalam mengatur siklus tidur dan membantu tidur nyenyak. Melatonin menempatkan tubuh ke mode tidur dengan menimbulkan rasa mengantuk dan menurunkan suhu tubuh. Ketidakseimbangan hormon melatonin dalam tubuh dapat mengganggu siklus tidur dan menyebabkan kurang tidur dan Insomnia.

Karbohidrat kompleks
Mengganti karbohidrat sederhana seperti tepung putih, nasi putih dan roti putih dengan karbohidrat kompleks seperti nasi merah, roti gandum, pasta dan sereal adalah salah satu obat insomnia yang paling efektif. Karbohidrat sederhana cenderung mengganggu keseimbangan serotonin sehingga mempengaruhi tidur.

Madu
Manfaat madu bagi kesehatan dan kulit yang banyak, tetapi juga memainkan peran penting dalam meningkatkan kualitas tidur. Gula alami dalam madu meningkatkan tingkat insulin sedikit yang membantu pelepasan tryptophan dalam otak. Tryptophan adalah senyawa yang membantu dalam membantu tidur. Oleh karena itu, mengkonsumsi sesendok madu sebelum tidur atau menambahkannya ke secangkir teh herbal dapat membantu dalam meningkatkan kualitas tidur.

Minuman
Minuman tertentu seperti susu hangat, herbal atau teh hijau dapat membantu tidur nyenyak. Susu, menjadi sumber kalsium membantu dalam meningkatkan produksi melatonin oleh otak. Teh hijau merupakan sumber yang kaya antioksidan yang melawan kanker. Asam amino L-theanine hadir dalam teh hijau telah terbukti meningkatkan kualitas tidur juga. Teh herbal yang menenangkan seperti chamomile atau teh peppermint juga membantu dalam relaksasi pikiran dan tubuh.

Sayuran hijau
Makan sayuran berdaun hijau seperti kangkung, bayam, sawi, collard hijau, dll adalah cara yang bagus untuk meningkatkan kualitas tidur. Ini sayuran yang sarat dengan mineral seperti kalsium, kalium dan magnesium- yang semuanya memainkan peran penting dalam membantu tidur. Kalsium meningkatkan tingkat melatonin yang mengatur tubuh siklus tidur-bangun sedangkan kalium dan magnesium membantu dalam santai dan unwinding otot stres.

G+

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Tips Cantik & Sehat
Artikel Terkait Dengan "Kenali Penyebab & Cara Mengatasi Insomnia "

No comments:

Post a Comment