Tips Efektif untuk Menjaga Kesehatan Jantung

Tips jantung sehat - Menjaga jantung tetap sehat sebenarnya hal yang mudah dilakukan. Dengan cara cara sederhana dan memulai pola hidup sehat adalah salah satu contoh hal sederhana namun terbukti mampu meningkatkan kesehatan jantung. Namun di masa modern seperti sekarang ini gaya hidup merupakan salah satu penyebab paling umum yang bisa menyebabkan masalah pada kesehatan jantung. Sebagai contoh terlalu banyak mengonsumsi junk food atau makanan instan siap saji, konsumsi alkohol, merokok, jam kerja tidak menentu sehingga merubah pola makan sehat dan stres merupakan beberapa contoh perubahan gaya hidup yang sering menyebabkan jantung bermasalah. Berikut ini beberapa tips yang bisa anda gunakan untuk dapat meningkatkan kesehatan jantung anda.

Tips Efektif untuk Menjaga Kesehatan Jantung

Tips untuk jantung sehat

Berhenti merokok
Seperti kita ketahui bahwa dalam rokok terdapat hampir 4 ribu senyawa dan bahan berbahaya dalam rokok yang dapat menyebabkan masalah kesehatan tidak terkecuali untuk kesehatan jantung. Bukan hanya pelaku yang dapat mendapatkan masalah kesehatan namun orang orang disekitar anda pun akan ikut merasakan bahaya dari asap rokok yang anda keluarkan. Berhenti merokok adalah hal yang paling penting bagi seseorang yang dapat dilakukan untuk hidup lebih lama. Seorang perokok lebih mungkin untuk mengalami serangan jantung daripada non-perokok. Risiko serangan jantung dapat dikurangi setelah Anda berhenti merokok menurut beberapa penelitian kesehatan.

Kurang konsumsi garam
Garam merupakan salah satu faktor yang paling sulit dihindari dari kehidupan kita, karena garam merupakan penambah rasa pada makanan yang kita konsumsi. Tanpa garam maka makanan akan terasa hambar dan tidak berasa. NAmun tahukah anda bahwa dengan mengonsumsi banyak garam dapat memicu timbulnya masalah kesehatan bagi jantung anda. Konsumsi garam harus sedikit dikurangi karena menyebabkan tekanan darah tinggi dan meningkatkan risiko penyakit jantung koroner. Makanan yang paling umum yang sering kita konsumsi dengan kandungan garam seperti keripik, kacang asin, makanan kalengan, paket sup, saus, camilan dan makanan siap saji harus dihindari. Bahkan sarapan sereal dan roti yang terlihat sehat sekalipun, mengandung tingkat tinggi garam.

Diet sehat
Makan yang kita konsumsi merupakan faktor paling umum yang bisa memicu serangan jantung. Diet sehat sangat penting untuk mengurangi risiko penyakit jantung. Hal ini juga membantu untuk meningkatkan kemungkinan bertahan hidup karena serangan jantung. Anda harus lebih banyak mengonsumsi buah-buahan dan sayuran segar, ikan dan makanan bertepung dalam diet seimbang untuk memiliki jantung yang sehat. Makanan seperti biskuit, kue, kue-kue dan produk susu harus dihindari karena mengandung jumlah tinggi lemak jenuh dan gula. Makanan dengan kandungan lemak jenuh atau lebih lazim dengan kolesterol terbukti dapat menyumbat saluran pada jantung anda yang merupakan penyebab umum dari gejala tekanan darah tinggi.

Kurangi konsumsi alkohol
Alkohol merupakan senyawa kimia berbahaya yang terbukti terdapat dalam berbagai minuman keras. Bahkan alkohol alami yang didapat dari anggur, buah durian, bir pun dapat menyebabkan masalah kesehatan pada jantung. Minum terlalu banyak alkohol tidak baik untuk kesehatan dan terbukti dapat merusak otot jantung. Hal ini juga meningkatkan tekanan darah dan menyebabkan penambahan berat badan. Orang harus membatasi asupan alkohol, pesta minuman keras karena akan meningkatkan risiko serangan jantung mendadak.

Tetap aktif
Tubuh yang tetap aktif bergerak merupakan salah satu cara untuk mendapatkan kesehatan jantung kenapa? orang yang aktif bergerak tentunya akan mengeluarkan banyak keringat, dan seperti kita ketahui bahwa keringat merupakan salah satu cara bagi tubuh untuk mengeluarkan zat zat berbahaya dan racun didalam tubuh. Aktif secara fisik akan menjaga kesehatan jantung. Jantung memerlukan beberapa latihan fisik dan olahraga untuk tetap fit sehingga bisa memompa darah secara efisien dan mengedarkannya keseluruh tubuh. Satu cara yang paling efektif adalah dengan berolahraga setidaknya selama 30 menit dalam sehari. Olahraga juga dapat bermanfaat untuk kesehatan tubuh secara umum dan bisa menimbulkan kebahagian karena dengan banyak berolahraga akan meningkatkan zat endorphin yaitu suatu zat yang bertanggung jawab untuk kebahagian dan rasa nyaman bagi tubuh.

Menjaga berat badan
Kelebihan berat badan atau obesitas dapat mempengaruhi fungsi kesehatan, yang mengarah ke risiko penyakit jantung koroner dan diabetes. Jika Anda kelebihan berat badan maka hal pertama yang harus anda lakukan adalah mengurangi dan menjaga berat badan untuk mengurangi risiko penyakit jantung.

Cek kesehatan secara rutin
Anda harus rutin memeriksakan tekanan dan kadar kolesterol darah anda karena hal tersebut berkaitan dengan kesehatan jantung. Seseorang yang memiliki tekanan darah tinggi berada di bawah risiko lebih tinggi mengalami serangan jantung. Harapan hidup menjadi lebih singkat jika Anda memiliki tekanan darah tinggi. Tingginya tingkat kolesterol dalam darah menyebabkan deposit lemak dalam arteri koroner yang meningkatkan risiko penyakit jantung koroner.

Hindari tingkat stres
Seperti kita ketahui bahwa stres bisa memicu banyak masalah kesehatan selain dapat menyebabkan masalah pada kesehatan jantung anda. Terlalu banyak stres tidak baik untuk kesehatan, dan semua orang menyadari hal itu. Orang yang stres lebih mungkin untuk mengalami serangan jantung. Jika Anda mengalami stres maka cara yang harus anda lakukan adalah dengan banyak beristirahat istirahat dan bersantai. Mengelola tingkat stres yang tinggi Anda adalah cara terbaik untuk menjaga jantung Anda sehat dan berdebar dengan cara yang benar.

G+

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Tips Cantik & Sehat
Artikel Terkait Dengan "Tips Efektif untuk Menjaga Kesehatan Jantung "

No comments:

Post a Comment