Tips Mencegah Obesitas Pada Anak

Tips Mencegah Obesitas Anak - Obesitas pada anak merupakan masalah kesehatan baik kesehatan fisik maupun mental bagi anak. Obesitas pada anak juga merupakan suatu kondisi kesehatan yang serius yang mempengaruhi secara negatif keshatan anak-anak  karena tingkat kelebihan lemak tubuh yang tinggi. Sedang secara mental terbukti dari berbagai penelitian kesehatan menunjukkan bahwa anak yang memiliki kelebihan berat badan atau obesitas akan lebih sering menderita rasa kurangnya percaya diri bagi anak sehingga hal tersebut jika dibiarkan akan menimbulkan masalah bagi tumbuh kembang anak secara mental.

Kebiasaan makan yang tidak sehat, kurangnya aktivitas fisik dan gaya hidup menetap adalah penyebab utama obesitas, meskipun ada beberapa faktor genetik dan hormonal yang berkontribusi untuk itu. Obesitas pada anak akan menimbulkan dampak masalah kesehatan yang serius seperti tekanan darah tinggi, diabetes dan penyakit jantung di kemudian hari. Hal ini juga dapat menyebabkan depresi dan rendahnya kepercayaan diri. Lalu apa yang bisa anda lakukan untuk menekan obesitas pada anak tersebut? Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa anda gunakan untuk mengatasi obesitas pada anak.

Perlu anda ketahui bahwa gaya hidup orang tua dapat memiliki dampak besar pada anak-anak mereka karena anak-anak belajar dengan baik melalui contoh yang diberikan oleh orang tuanya . Oleh karena itu orang tua harus mengadopsi gaya hidup yang baik dan sehat. Berikut adalah beberapa tips untuk membantu anak-anak Anda menghindari kelebihan berat badan.

Tips Mencegah Obesitas Pada Anak

Tips Mencegah Obesitas Pada Anak

Kebiasaan Konsumsi makanan sehat
Dorong anak Anda untuk makan makanan yang sehat. Memberikan mereka lebih banyak porsi buah-buahan, sayuran dan produk dari gandum. Minta mereka untuk minum banyak air putih daripada minuman manis atau minuman yang mengandung kandungan tinggi gula. Termasuk produk susu rendah lemak, daging tanpa lemak, unggas, ikan, kacang-kacangan dalam diet mereka untuk mendapatkan lebih banyak protein.

Sarapan
Sarapan merupakan hal yang penting bagi anak untuk mempersiapkan tenaga mereka dalam menjalankan kegiatannya setiap hari. Jangan biarkan anak Anda melewatkan sarapan. Penelitian telah menghubungkan makan sarapan dipagi hari dengan menjaga indeks massa tubuh yang lebih rendah (BMI) dari waktu ke waktu. Juga, makan sereal untuk sarapan secara teratur telah dikaitkan dengan berat badan yang sehat pada anak-anak.

Sering makan
Berikan anak-anak Anda porsi yang lebih kecil namun lebih sering makan. Ini akan menjauhkan mereka dari rasa terlalu lapar dan mengonsumsi banyak junk food karena akan lebih banyak kalori di junk food.

Olahaga fisik
Dorong anak Anda untuk tetap aktif setiap hari. Penelitian menunjukkan bahwa anak-anak dan remaja harus berpartisipasi dalam setidaknya 60 menit intensitas sedang aktivitas fisik hampir setiap hari dalam seminggu. Buatlah rencana bagi keluarga anda dengan melakukan aktivitas fisik setiap hari seperti berjalan cepat, bersepeda, berenang, permainan aktif, dll ,. Batasi jumlah waktu yang dihabiskan anak di depan TV maupun komputer.

Check-up
Bawa anak Anda ke dokter untuk check-up kesehatan anak minimal sekali setahun. Ini akan membantu menentukan berat badan ideal mereka mencegah mereka dari kelebihan berat badan serta melindungi mereka dari masalah kesehatan lainnya.

G+

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Tips Cantik & Sehat
Artikel Terkait Dengan "Tips Mencegah Obesitas Pada Anak "

No comments:

Post a Comment