Tips Mengatasi Insomnia Di Masa Kehamilan

Mengatasi kesulitan tidur - Insomnia atau gejala gangguan sulit tidur bisa terjadi pada siapa saja. Ternyata, banyak wanita yang mengalami insomnia di masa kehamilan. Padahal pada masa kehamilan ini sangat penting untuk mendapatkan banyak istirahat agar stamina tetap terjaga baik bagi sang ibu maupun calon bayi didalam kandungan. Penyebabnya cukup banyak, mulai dari banyaknya pikiran atau stres, kram pada kaki, tidak nyaman dengan posisi tidur, hingga bolak-balik ke toilet sepanjang malam. nah ada beberapa cara sederhana untuk mengatasi insomnia pada masa kehamilan dan berikut tipsnya.

mengatasi kesulitan tidur bagi wanita hamil
Img credit: Dailyhiit.com
Mengatasi Kesulitan Tidur

Suasana tenang
Suasana yang tenang tanpa ada kebisingin disekitar tempat tidur anda bisa membuat anda cepat terlelap. Pastikan anda mematikan tv, musik atau apapun yang bisa mngganggu tidur anda. Pastikan juga untuk mengganti cahaya lampu yang terlalu terang dengan lampu yang lebih redup.

Jangan memikirkan sesuatu saat anda akan pergi tidur
Salah satu hal yang bisa membuat anda kesulitan tidur adalah seringnya memikirkan sesuatu saat anda akan pergi tidur sehingga anda akan tetap terjaga dan tidak merasakan kantuk. Terlalu banyak memikirkan tentang apa yang harus Anda lakukan maupun bagaimana proses melahirkan nanti bisa menurunkan kualitas tidur Anda lho! hindari stres atau tekanan pikiran juga akan membantu anda untuk mendapatkan rasa kantuk.

Mandi air hangat
Jadi, cobalah mandi dengan air hangat sebelum tidur dan atur suhu kamar tidur Anda. Dengan mandi air hangat hal itu akan membauat anda merasa nyaman dan rileks. Kalau nyaman, tidur Anda pasti lebih nyenyak.

Gunakan peralatan tidur yang nyaman
Seperti bantal khusus yang bisa menyangga perut Anda selama hamil. Agar lebih nyaman, Anda bisa meletakkan bantal tersebut di sekeliling tubuh. Jaga agar peralatan tidur anda seperti bantal, guling, sprei atau selimut selalu dalam keadaan bersih. Dengan suasana nyaman didalam kamar tidur anda akan membantu anda mendapatkan tidur yang berkualitas.

Kurangi minum di malam hari
Ke toilet berulang kali? Seiring dengan membesarnya janin, mau tidak mau rahim Anda akan tertekan. Akibatnya? Anda terus-terusan ke toilet. Kalau pun Anda ingin minum, sebaiknya lakukan jauh sebelum jam tidur, serta kurangi minum di malam hari.

G+

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Tips Cantik & Sehat
Artikel Terkait Dengan "Tips Mengatasi Insomnia Di Masa Kehamilan "

No comments:

Post a Comment