6 Alasan Kenapa Anda Harus Banyak Minum Air Putih

Banyak manfaat kesehatan maupun kecantikan yang dapat diperoleh dengan meminum banyak air putih. Mungkin artikel ini satu diantara jutaan yang membahas tentang manfaat banyak minum air putih untuk kesehatan dan kecantikan anda. Secara ilmiah selain udara, air merupakan dasar dasar dari sumber kehidupan, mungkin itulah sebabnya kenapa dunia ini sebagian besarnya hampir 75% nya terdiri dari perairan. Ya air merupakan kebutuhan yang sangat vital bagi kehidupan termasuk juga kebutuhan tubuh anda.

Air putih murni yang telah dimasak merupakan jenis dari air tanah, dan seperti kita ketahui air tanah memiliki banyak kandungan mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Maka tak heran jika air ini juga disebut dengan air mineral, sebetulnya sama saja uaan pabrk atau yang langsung kita ambil dari sumur kita yang membedakan mungkin air minerla buatan pabrik masih ditambah dengan kandungan mineral lain. Dari banyaknya manfaat yang diperoleh dari minum air putih kali ini saya akan share beberapa manfaat dari minum banyak air putih untuk kesehatan dan kecantikan tubuh secara umum.

manfaat banyak minum air putih
Img credit by Pixabay.com
Manfaat banyak minum air putih

Peningkat metabolisme tubuh
Orang bisa dikatakan sehat jika semua organ maupun bagian tubuh, sistem peredaran tubuh serta metabolisme berjalan dengan lancar tanpa ada gangguan kesehatan. Dan menurut beberapa penelitian menyebutkan dengan meminum banyak air putih minimal 9-8 gelas (1,5l) air putih/ hari mampu meningkatkan metabolisme tubuh agar bekerja lebih sempurna. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Endocrinology and Metabolism Clinical menemukan bahwa air (sekitar 17oz) meningkatkan tingkat metabolisme sebesar 30 persen pada pria dan wanita sehat. Peningkatan terjadi dalam waktu 10 menit tetapi mencapai maksimum 30-40 menit setelah minum.

Membakar lemak & Detoksifikasi
Ya seperti kita cairan tubuh berfungsi untuk membawa material berbahaya, senyawa kimia maupun racun dari dalam tubuh dan mengeluarkannya melalui air seni dan keringat. Proses pengeluaran racun tersebut disebut sebagai detoksifikasi. Jadi sangat penting kan minum banyak air putih, apalagi anda yang sedang menjalani program penurunan berat badan karena diketahui juga air putih selain bermanfaat sebagai detoksifikasi juga mampu membakar lemak tubuh. Minum air putih dapat meningkatkan kemampuan tubuh Anda untuk membakar lemak. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa minum satu atau dua gelas air sebelum makan dapat mengisi perut Anda sehingga Anda secara alami makan lebih sedikit.

Baik untuk kesehatan jantung
Minum jumlah standar air minum yang disarankan (8-9 gelas/hari) bisa menurunkan risiko serangan jantung. Sebuah studi yang diterbitkan dalam American Journal of Epidemiology menemukan bahwa orang yang minum lebih dari lima gelas air sehari terbukti memiliki resiko persentase 41 persen lebih rendah meninggal akibat serangan jantung mendadak daripada mereka yang hanya minum 2 gelas air minum/ hari selama periode penelitian. Nah sangat lengkap kan? Masih juga manfaat air minum putih untuk mencegah peyakit berbahaya lain yaitu minum banyak air putih dapat mengurangi risiko kanker, penelitian menunjukkan bahwa sesorang yang sering mengalami dehidrasi ringan atau kekurangan cairan tubuh memiliki resiko lebih besar untuk menderita kanker usus daripada mereka yang tetap terhidrasi oleh cairan. Air putih dapat mengurangi risiko kanker usus sebesar 45 persen, kanker kandung kemih sebesar 50 persen, dan kemungkinan mengurangi risiko kanker payudara juga.

Mencegah sakit kepala dan migren
Pernahkah anda sering mengalami sakit kepala atau sakit kepala sebelah (migrain) saat suhu cuaca panas. Nah kemungkinan karena tubuh kekurangan cairan, saat tubuh kekurangan cairan hal itu bisa membuat anda sakit kepala secara umum maupun sakit kepala sebelah atau migrain. Nah untuk mencegah hal itu terjadi perbanyak konsumsi air putih.

Meningkatkan kefokusan
Otak Anda membutuhkan banyak oksigen untuk berfungsi pada tingkat yang optimal, secara medis dapat kita ketahui sebagai berikut. Tubuh akan membawa nutrisi dan oksigen dan diedarkan ke seluruh bagian tubuh, nah untuk membuatnya lancar darah akan banyak membawa cairan untuk mengedarkannya dengan demikian saat kekurangan cairan sistem peredaran darah akan terganggu, sehingga minum banyak air memastikan bahwa itu mendapatkan semua yang dibutuhkan. Minum delapan sampai 10 gelas air per hari dapat meningkatkan tingkat kinerja kognitif sebanyak 30 persen. nah saat otak anda terditribusi oksigen dengan lancar maka otak akan lebih efektif bekerja secara normal dan hasilnya anda mampu merespon sesuatu dengan lebih cepat dan membuat anda tetap fokus.

Membuat kulit cantik dan sehat
Ya seperti saya sebutkan diatas tentang peredaran nutrisi ke seluruh tubuh ini juga terjadi pada kulit anda, saat kulit tidak ternutrisi dan mendapatkan banyak cairan kulit akan menjadi kusam dan kering karena kurangnya kelembapan pada kulit.

G+

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Tips Cantik & Sehat
Artikel Terkait Dengan "6 Alasan Kenapa Anda Harus Banyak Minum Air Putih "

No comments:

Post a Comment