6 Bahan Alami Penghilang Komedo Paling Ampuh

Hi girls...ini nih yang bikin wanita jadi sering gak pede untuk kumpul bareng dengan teman teman. Komedo merupakan suatu jenis jerawat dan sering menjadi masalah bagi gadis remaja. Komedo terjadi ketika pori-pori tersumbat dengan produksi sebum berlebih (produksi minyak yang dproduksi oleh kelenjar sebaceous yang mempengaruhi kekenyalan kulit) dan sel-sel kulit mati. Umumnya jenis komedo terdiri dari 2 jenis yaitu komedo terbuka (blackheads) dan komedo tertutup (whiteheads). Perbedaan nyata dari kedua jenis komedo ini adalah permukaan pori pori kulit yang terdapat komedo yaitu membuka atau menutup.

Jika pori-pori terbuka disebut dengan komedo terbuka (blackheads) yaitu ketika sel sebum memiliki kontak dengan oksigen di udara, yang mengubahnya menjadi tampak hitam, dan untuk komedo tertutup (whiteheads) merupakan sebaliknya yaitu ketika sebum tidak terjadi kontak dengan udara luar karena tertuup oleh pori pori kulit sehingga umumnya berupa cairan dibawah lapisan jaringan kulit dan berwarna putih.

bahan alami penghilang komedo
Img credit by commons.wikipedia.org

Menggosok wajah untuk mneghilangkan komedo bukan cara yang baik untuk menyingkirkan komedo dari wajah Anda, dan hanya akan membuatnya lebih buruk karena hal itu akan membuat kulit Anda menjadi kering, yang tentunya hanya akan menyebabkan lebih banyak minyak yang oleh sebaceous untuk melembapkan kulit kering anda, itu berarti jumlah komedo anda hanya akan bertambah banyak. Nah berikut adalah beberapa bahan alami yang cukup efektif untuk mengusir komedo dari wajah anda.

Bahan alami penghilang komedo

Tanah Liat
Tanah liat atau tanah bentonit adalah jenis tanah yang mengandung banyak zat mineral yang telah digunakan selama berabad-abad untuk mengobati sejumlah penyakit, terutama untuk perawatan kulit seperti yang dilakukan oleh para putri atau para ratu zaman dahulu. Bahkan dizaman modern seperti sekarang ini makin banyak saja terapi kulit menggunakan tanah liat. Alasannya adalah dalam tanah liat terdapat molekul "muatan listrik" yang mampu mengangkat keluar minyak atau kotoran dalam pori-pori Anda.

Prosesnya adalah ketika anda menggunakan tanah liat sebagai masker wajah secara alami pori pori kulit wajah akan menyerap mineral yang terkandung dalam tanah liat dan secara bersamaan molekul dalam tanah liat menarik keluar komedo dari pori pori kulit.

Putih Telur
Putih telur merupakan masker yang mudah yang dapat digunakan untuk mengencangkan & mengecilkan pori-pori kulit pada wajah dan mengurangi kemungkinan komedo timbul diwajah karena pori pori kulit yang kecil. Putih telur juga kaya akan nutrisi yang dibutuhkan untuk kulit Anda. Menggunakan putih telur sebagai masker akan membantu mengusir komedo dari wajah anda dan mencegah timbulnya jerawat.

Madu dan Susu
Susu dan madu keduanya memiliki khasiat yang baik untuk kulit. Madu memiliki sifat antibakteri, dan asam laktat dalam susu membantu menjaga kulit lembut dan kenyal. Cara membuatnya adalah campurkan 1 sendok makan madu dengan 1 sendok teh susu. Panaskan diatas wajan atau bisa juga menggunakan microwave selama 5-10 detik. Oleskan secara tipis di atas komedo dan biarkan minimal 20 menit dan bilas dengan air dingin seperti biasa.

Baking Soda & Air
Baking soda membantu menormalkan pH kulit sehingga secara tidak langsung baking soda membantu mengangkat kotoran atau tumpukan minyak yang menyumbat pori-pori kulit Anda. Cara menggunakannya campur air dengan baking soda untuk membentuk pasta tebal. Oleskan pada area komedo dengan gerakan melingkar lembut, pijat pasta ke kulit Anda. Bilas dengan air bersih dan lap wajah Anda sampai kering.

Uap panas
Secara alami uap panas membantu membuka pori pori kulit dan melakukan proses pelunakan kotoran, sel kulit mati maupun tumpukan minyak yang terperangkap di pori-pori kulit. Anda bisa menggunakan uap air panas ini untuk mengangkat keluar komedo dari wajah anda. caranya isi baskom dengan air mendidih. Biarkan dingin sebentar, lalu tutup kepala Anda dengan handuk dan berada di atas baskom air selama 5-10 menit untuk memungkinkan uap membuka pori-pori kulit (menutup kepala dengan handuk seperti tenda bertujuan agar tidak ada uap bisa keluar.) Hati-hati jangan terlalu dekat dengan air karena hal itu sangat panas, tentukan jarak ideal yang aman antara wajah dengan air panas. Setelah selesai, bilas wajah Anda dengan air hangat dan keringkan dengan handuk bersih.

Cuka sari apel & daun mint
Membuat toner sendiri dengan campuran antara sari cuka apel dan daun mint yang telah dihaluskan. Cuka sari apel membantu mengangkat kooran dan umpukan minyak yang menyebabkan komedo, sementara daun mint memiliki efek pendinginan dan memiliki sensasi nyaman pada kulit Anda. Mint juga membantu mengatasi bengkak atau iritasi akibat peradangan jerawat misalnya. Cara membuatnya campurkan cuka dan mint dalam botol kecil dan biarkan direndam dalam botol kedap udara selama 1 minggu di tempat yang dingin dan gelap. Saring, tambahkan secangkir air, dan simpan dalam lemari es hingga 6 hari. Gunakan campuran ini untuk menghapus komedo diwajah anda sebelum tidur dan bersihkan di pagi hari.

G+

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Tips Cantik & Sehat
Artikel Terkait Dengan "6 Bahan Alami Penghilang Komedo Paling Ampuh "

No comments:

Post a Comment