Tips Mencegah & Mengatasi Rambut Kering

Hi girls...Rambut kering menyebabkan rambut mudah rontok dan bercabang. Rambut kering bisa disebabkan oleh banyak faktor baik internal (faktor dalam) maupun faktor luar atau lingkungan (eksternal). faktor internal bisa disebabkan oleh kurangnya nutrisi yang dibutuhkan oleh rambut, kurangnya produksi minyak di kulit kepala dll, sedang faktor eksternal seperti terlalu banyak dibawah sinar matahari langsung, penggunaan alat alat perawatan rambut seperti hair dryer, pewarnaan rambut, menggunakan produk perawatan rambut yang tidak tepat, seringnya berkeramas dll.

Rambut kering identik dengan kurangnya kelembapan pada folikel rambut, jika dibiarkan tentu saja rambut mudah patah, mudah rontok dan jika bertambah panjang meningkatkan resiko ujung rambut tumbuh bercabang. Untuk mengatasi hal ini anda bisa menggunakan bahan bahan alami untuk merawat rambut anda secara aman dan menguatkan akar rambut anda dan tentunya memberikan kelembapan pada rambut sehingga rambut tampak lebih segar, mengkilap dan sehat. Berikut bahan bahan alami untuk mengatasi rambut kering.

mengatasi rambut kering dengan bahan alami
Img credit by Youtube.com

Mengatasi Rambut Kering

Alpukat
Alpukat mengandung nutrisi protein nabati alami yang bermanfaat untuk melembabkan rambut dan menguatkan akar rambut. Cara membuatnya cukup mudah ambil alpukat matang haluskan, lalu tambahkan dengan 1 sdt minyak zaitun dan 1 sdt minyak jojoba. Oleskan merata dari ujung hingga pangkal rambut dan bungkus rammbut anda dengan pembungkus rambut atau hair cup, tunggu 15 sampai 30 menit, lalu bilas hingga bersih.

Mayones
Mayones juga memberikan kelembapan pada rambut dan membuat rambut tampak menjadi lebih berkilau, caranya adalah dengan mengoleskan mayones pada rambut anda secara menyeluruh dan diamkan kurang lebih 30 menit lalu basuh rambut anda dengan air bersih.

Menggunakan kondisioner alami
Jika Anda menggunakan kondisioner yang dibeli di toko, pilihlah kondisioner rambut yang menggunakan bahan seperti dimethicone atau fenil trimethicone. Bahan ini berguna melindungi rambut Anda dari panas, terutama jika anda sering menggunakan hair dryer untuk mengeringkan rambut anda. Atau anda bisa membuat kondisioner alami utnuk rambut anda yaitu dengan mencampur 60 ml minyak zaitun berkualitas baik dan 60 mL gel lidah buaya dengan enam tetes minyak esensial rosemary dan cendana. Minyak zaitun adalah emolien alami, lidah buaya memiliki kandungan hidrat, sementara rosemary bermanfaat untuk kelembapan dan kelembutan rambut.

Anda juga bisa menggunakan kondisioner alami yang terbuat dari lidah buaya, pisang matang dan yogurt.

Hindari kebiasaan yang menyebabkan rambut kering
  • Rambut kering bia disebabkan oleh kebiasaan-kebiasaan anda untuk melakukan perawatan rambut yang tidak tepat, berikut adalah beberapa kebiasaan yang membuat rambut menjadi kering:
  • Sering menyikat rambut saat basah
  • Sering menggunakan hair dryer untuk mengeringkan rambut anda
  • Menggunakan bahan bahan kimia untuk merawat rambut seperti pewarna rambut
  • Sering mengeramasi rambut
  • Terlalu lama dibawah terik sinar matahari langsung
  • sering berenang di kolam renang yang mengandung khlor atau klorin.

Menutrisi rambut anda
Jika poin diatas adalah mencegah kebiasaan yang membuat rambut menjadi kering, menutrisi rambut adalah cara anda untuk merawat rambut dari dalam sehingga mencegah kekeringan pada rambut. Vitamin B dapat membuat rambut lebih kuat. Ambil satu 50 miligram-B kompleks suplemen dua kali sehari untuk membuat rambut anda lebih hitam, kuat dan lembap. Mineral selenium juga membantu untuk menjaga kesehatan rambut. Ambil 200 mikrogram dua kali sehari. Minyak bermanfaat yang dapat membantu menjaga rambut berkilau dari dalam tubuh Anda adalah evening primrose. Cobalah mengambil 1.000 miligram malam suplemen primrose tiga kali sehari. Minyak tinggi asam gamma-linolenat, asam lemak esensial.

G+

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Tips Cantik & Sehat
Artikel Terkait Dengan "Tips Mencegah & Mengatasi Rambut Kering "

No comments:

Post a Comment