Tips & Cara Sederhana Mencegah Kegemukan (Obesitas)

Bagi kebanyakan orang yang memiliki kelebihan berat badan (obesitas) untuk tetap sehat dan menjadi bugar setiap hari merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan mereka. Dengan tubuh yang sehat dan bugar akan memberikan kekuatan untuk melakukan aktifitas sehari hari dengan lancar, namun terkadang tubuh yang gemuk membatasi setiap aktifitas yang mereka lakukan seperti mudah capek, mudah lelah, susah untuk bergerak lebih gesit dll. Meskipun banyak faktor seperti gen, hormon dan lingkungan dapat bertanggung jawab untuk obesitas, faktor lain yang paling umum serta menjadi penyebab terbesar adalah gaya hidup yang tidak sehat dan pola makan yang buruk juga dapat menyebabkan obesitas.

tips mencegah kegemukan

Nah jika anda ingin mencegah obesitas atau kegemukan pada diri anda maka ubahlah gaya hidup tidak sehat anda mulai dari sekarang. Dengan membuat perubahan gaya hidup ini Anda dapat menjaga berat badan Anda dalam kondisi ideal dan tentu saja juga untuk mencegah obesitas. Berikut adalah beberapa tips sederhana untuk mencegah obesitas.

Cara Sederhana Mencegah Kegemukan (Obesitas)

Aktif Bergerak
Ya banyak bergerak merupakan cara paling efektif mencegah obesitas atau kegemukan, dengan banyak bergerak hal tersebut akan membakar lemak di tubuh anda dengan lebih besar. Jika Anda aktif secara fisik, itu akan meningkatkan metabolisme Anda dan jika metabolisme anda tetap terjaga hal itu tentunya membuat stamina tubuh anda meningkat dan anda akan merasa lebih bugar. Banyak bergerak bisa saja melakukan aktifitas yang mengeluarkan keringat seperti berkebun, bersepeda, berolahraga maupun banyak aktifitas lain. Pastikan anda berolahraga selama sekitar 45-60 menit setiap hari. Aerobik, menari, berenang dan joging adalah pilihan ideal.

Pola makan seimbang dan tepat
Ya makanan merupakan faktor terpenting dalam mencegah obesitas. Pastikan untuk mengkonsumsi lebih banyak buah dan sayuran. Tambahkan sayuran kaya serat seperti kubis Brussel, wortel, brokoli dan kacang untuk diet Anda karena jenis makanan ini sangat baik untuk membuat anda kenyang lebih lama tanpa ada tambahan kalori kalori. Hindari permen, makanan yang banyak mengandung gula, junk food, biskuit, makanan gorengan atau mengandung banyak minyak dan produk roti.

Fokus pada ukuran porsi
Ya makanan sangat penting untuk tubuh anda agar anda tetap merasa bertenaga, mengurangi jadwal atau porsi anda hal itu tidak benar-benar efektif dalam mencegah obesitas. Cara yang efektif adalah anda makan sesuai jadwal yang disarankan yaitu 3 kali sehari namun porsinya diganti dengan jumlah sedikit makanan namun tetap mengandung nutrisi yang cukup bagi tubuh, ini bisa didapatkan dengan mengonsumsi makanan yang mengandung banyak serat, sehingga anda akan kenyang lebih lama.

Check teratur berat badan Anda
Cek dengan teratur berat badan anda, nah dengan cek teratur maka anda akan mengetahui kapan berat badan anda naik dan hal itu bisa anda jadikan indikator untuk mengetahui kapan harus melakukan perubahan yang diperlukan. Pastikan anda mengecek erat badan anda minimal 1 kali dalam sebulan.

Cukup minum air putih
Ya minum air putih minimal 8-9 gelas perhari atau 1,5 L / hari hal tersebut akan membuat tubuh anda terhidrasi dengan baik. Seperti kita ketahui air putih bermanfaat dalam proses detoksifikasi yaitu mengangkut lemak, membawa material berbahaya dari dalam tubuh seperti bahan kimia, racun dan membawanya keluar lewat keingat dan air seni. Dengan banyak minum air putiih juga bermanfaat untuk merasa kenyang lebih lama itu berarti akan menghindarkan anda untuk mengkonsumsi jajanan atau cemilan yang tidak sehat.

G+

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Tips Cantik & Sehat
Artikel Terkait Dengan "Tips & Cara Sederhana Mencegah Kegemukan (Obesitas) "

No comments:

Post a Comment