Tips Membangun Hubungan Dalam Keluarga Agar Harmonis

Sebuah pernikahan merupakan babak baru dalam kehidupan, ya jika sebelumnya anda melakukan segala hal sendiri, memikirkan suatu masalah sendiri maka dalam pernikahan anda memiliki bagian untuk berbagi segala suka dan duka. menyatukan 2 hati dalam 1 ikatan. Dalam periode masa berkeluarga sering terjadi konflik dalam rumah tangga dan itu adalah hal yang wajar terjadi antara suami dan istri, setiap 2 otak dan pemikiran yang berbeda tentu saja menjadi kewajaran jika terjadi pergesekan, beda pendapat dan konflik.

tips membangun keluarga harmonis
Img credit by Flickr.com
Namun yang terpenting adalah bagaimana meredam gesekan atau konflik dalam rumah tangga agar tidak menjalar atau tidak meluas dan dapat diselesaikan dengan baik, hal ini akan membantu anda membangun keluarga anda dengan lebih baik lagi dan tentu saja mencegah "hal paling menakutkan" dalam pernikahan anda yaitu perceraian. Berikut adalah hal hal yang bisa anda lakukan dalam meredam konflik dalam suatu keluarga atau pernikahan:

Membangun Hubungan Dalam Keluarga Agar Harmonis

Kejujuran & keterbukaan
Ya hal pertama yang paling penting untuk membina keluarga anda dengan lebih baik adalah kejujuran dan keterbukaan. Setiap orang tentu saja tidak ingin dibohongi, nah jika anda bisa berpikir seperti itu maka anda juga harus melakukan hal yang sama yaitu jangan membohongi pasangan anda. Selalu terbuka jika ada masalah, bicarakan dengan baik apa yang menjadi ganjalan dan apapun yang membuat hubungan meregang. Ya setiap orang memang membutuhkan privasi dan hal itu memang harus dihormati...Namun jika anda bisa terbuka dan jujur kepada pasangan anda maka anda akan mendapatkan hubungan pernikahan yang lebih harmonis dengan pasangan anda.

Saling meghargai & Saling Menghormati
Mengahrgai dan menghormati mutlak harus dilakukan bagi pasangan dalam ikatan pernikahan atau keluarga. Hal ini untuk menghindari keegoisan masing masing pasangan. Menghargai pendapat pasangan, menghormati apa yang mereka lakukan dan pada dasarnya mencintai dan juga dicintai harus berjalan dengan seimbang. Dengarkan saat mereka berbicara atau mengeluarkan keluhan mereka dan jangan memotong pembicaraan sebelum mereka menyelesaikan pembicaraan merupakan cara terbaik menghargai pasangan anda.

Menghormati Privasi pasangan
setiap orang membutuhkan privasi dan itu juga berlaku dalam hubungan pernikahan. Bukannya ini memberikan dia banyak kelonggaran dan juga kebebasan yang tidak bertanggung jawab. Ini dimaksudkan untuk memberikan pasangan zona nyaman untuk dirinya sendiri saat ia sedang merasa jenuh atau perlu untuk memikirkan sesuatu. Hormati privasi pasangan anda saat ia ingin sendiri, saat ia membutuhkan banyak waktu untuk melakukan aktifitasnya dll. Memberikan kebebasan privasi kepada pasangan anda adalah caa terbaik untuk membangun hubungan yang lebih baik, namun perlu diperhatikan privasi yang bertanggung jawab bukan privasi yang membeaskan segalanya kepada pasangan untuk berbuat sesuatu hal.

Menerima kelebihan dan kekurangan
Saat anda belum menikah tentu saja anda banyak melihat kelebihan yang dimiliki pasangan anda daripada kekurangan mereka, namun setelah anda menikah bisa saja hal itu berlaku sebaliknya. Anda harus bersikap realistis setiap manusia memiliki kekurangan dan kelebihan dan anda harus menghargai hal itu. Karena setiap orang tidak akan bermasalah dan dapat menerima segala kelebihan daripada menerima kekurangan pasangan.

Jadi Penyemangat
Pastikan anda menjadi penyemangat buatnya, jika mereka memiliki kesalahan buatlah mereka menyadari kesalahan dengan cara cara yang lembut, erikan dorongan saat pasangan anda down dll. Saat pasangan anda mendapat perlakuan seolah olah anda adalah "pahlawan mereka" maka segala hal yang berjalan dirumah anda akan berjalan dengan baik dan tanpa masalah.

Selesaikan masalah dengan segera
Seperti yang saya jelaskan pada poin prtama bahwa konflik dalam rumah tangga tak bisa dihindari karena memang masalah adalah bagian dalam kehidupan termasuk dalam keluarga. Yang terpenting adalah selesaikan dengan pasangan anda dengan segera tanpa menunggunya menjadi lebih besar, saya ingat motivasi dari seorang motivator bahwa sebesar apapun masalah anda dengan suami atau istri harus berakhir atau dapat anda selesaikan sebelum anda berdua memasuki kamar tidur, dan hal ini memang enar adanya. Jika anda mampu menyelesaikan segala hal dengan baik dan tidak membawanya ke kamar tidur maka anda akan menjalani sebuah pernikahan yang harmonis.

G+

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Tips Cantik & Sehat
Artikel Terkait Dengan "Tips Membangun Hubungan Dalam Keluarga Agar Harmonis "

No comments:

Post a Comment