7 Tips Efektif Mengatasi Tingkat Stres

Stres merupakan kondisi pikiran sesorang yang tertekan sehingga seringkali menyebabkan beberapa gangguan baik gangguan psikologis atau mental dan kesehatan. Seperti kita ketahui stres merupakan faktor penyebab berbagai masalah kesehatan serius bahkan stres juga sangat tidak baik untuk kesehatan mental anda jika tidak diperhatikan dengan serius bisa menyebabkan depresi bahkan gangguan kejiwaan. Untuk itulah penting untuk mengelola tingkat stres anda dengan baik. Stres merupakan bagian dalam hidup dan tidak bisa dipisahkan dari kehidupan sehari hari, namun jika anda mampu mengelola stres seminimal mungkin atau dengan lebih baik maka resiko anda terhadap gangguan masalah kesehatan baik mental maupun kesehtan fisik yang diakibatkan oleh stres dapat dikurangi.

7 Tips Efektif Mengatasi Tingkat Stres
Img credit by Pixabay.com
Seperti dikutip dari Time Soft India ada beberapa cara mengatasi stres anda dengan baik dan efektif, berikut 7 cara efektif mengatasi stres:

7 Tips Efektif Mengatasi Tingkat Stres

Tertawa
Rutinitas kegiataan atau pekerjaan dan dan hubungan sosial seringkali menimbulkan gesekan psikologis sehingga dapat menyebabkan stres. Tertawa merupakan salah satu obat efektif untuk meredam stres, anda bisa menonton film komedi favorit anda, mengobrol dengan teman atau orang orang terdekat anda mengenai hal hal lucu, dll. Penelitian menunjukkan bahwa setiap kali Anda tertawa terbahak-bahak, hal itu akan meningkatkan aliran oksigen, maka aliran darah meningkat, dan stres secara otomatis akan terkurangi.

Menghabiskan waktu dengan hewan peliharaan Anda
Hewan lucu peliharaan anda sperti kucing atau anjing, polah mereka yang lucu dan menggemaskan ternyata juga bisa menjadi obat stres yang efektif. Menghabiskan waktu dengan hewan peliharaan anda sebenarnya baik untuk kesehatan Anda. Studi menunjukkan bahwa ketika Anda bermain dengan hewan peliharaan Anda bahkan untuk hanya beberapa menit, tubuh akan melepaskan lebih banyak hormon seperti serotonin, prolaktin, dan oksitosin, dan juga menurunkan jumlah hormon stres. Hal ini menyebabkan tekanan darah menurun, mengurangi kecemasan dan meningkatkan sistem kekebalan yang lebih baik.

Beristirahat sejenak dari rutinitas
Ya rutinitas yang begitu padat seperti pekerjaan atau aktifitas lain yang membuat anda super sibuk hal itu bisa menyebabkan stres anda meningkat. Anda membutuhkan sejenak beristirahat dari rutinitas dengan banyak menghabiskan waktu dengan anggota keluarga, sahabat atau orang-orang terdekat. Atau anda bisa mengunjungi tempat tempat favorit dengan mereka (akan lebih baik nuansa alam) selain karena menyenangkan udara yang sejuk dan segar menjadi obat efektif untuk mengurangi tingkat stres anda.

Konsumsi Vitamin C
Para peneliti mengatakan bahwa vitamin C dapat membantu Anda mengelola stres lebih baik karena menurunkan kadar hormon stres seperti cortisol. Ingat bahwa makanan vitamin C yang kaya seperti jus jeruk, jus jeruk, stroberi, atau paprika merah manis meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Selain mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh juga mampu menjaga tingkat stres anda dalam kondisi stabil.

Bernyanyi keras-keras
Kapan terakhir kali Anda menyanyikan lagu favorit anda dengan keras? Dengarkan musik favorit anda dan mulai bernyanyi. Tidak peduli seberapa buruk suara Anda, studi menunjukkan bahwa menyanyi dapat membuat Anda merasa lebih bahagia dan merasa lebih baik, itu berarti stres anda akan menurun. Menyanyi juga memiliki manfaat untuk saluran pernapasan, jantung dan sistem kekebalan tubuh.

Berjalan-jalan
Salah satu cara terbaik untuk mengalahkan stres adalah dengan berolahraga. Ini membantu tubuh Anda memproduksi hormon endorfin yang membuat Anda merasa baik. Berolahraga dalam cuaca hangat dapat meningkatkan mood Anda, sementara jalan cepat setiap hari dari sekitar 30 menit dapat mengurangi tingkat stres.

Melakukan aktifitas seks
Bagi anda yang sudah memiliki pasangan, berhubungan intim sebenarnya adalah cara yang bagus untuk mengurangi stres karena menurunkan tekanan darah, meningkatkan mood serta peningkatan perasaan keintiman dengan pasangan Anda. Hal ini juga membantu Anda tidur lebih baik. Tapi tentunya dilakukan dengan seseorang yang tepat yaitu pasangan anda, jika anda tidak melakukannya dengan orang yang tepat justru bisa membuat anda semakin tertekan dan merasa bersalah.

G+

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Tips Cantik & Sehat
Artikel Terkait Dengan "7 Tips Efektif Mengatasi Tingkat Stres "

No comments:

Post a Comment