Tips Alami Mengatasi Perut Gendut (Buncit)

Memiliki perut gendut atau buncit terkadang membuat seseorang menjadi rendah diri, mau pakaian apa saja menjadi kelihatan tidak matching, melakukan banyak aktifitas menjadi terganggu karena kesulitan bergerak, di sekolah menjadi bahan olokan atau bully teman sekolahnya dll. Untuk mencegah perut gendut atau kegemukan secara umum (obesitas) anda harus memulai kebiasaan sehat dimulai dari sekarang, mencegah lebih baik daripada mengatasi atau mengobatai bukan? Ya jika saat ini anda memiliki tubuh yang ideal maka lakukan kebiasaan-kebiasaan baik dan sehat jangan sampai menunggu anda terlalu gemuk baru mengatasinya.

Bagi wanita penampilan merupakan hal yang sangat penting, namun perut gendut atau buncit tidak melulu disebabkan oleh makanan, terkadang gaya hidup, stres dan bebeapa faktor lain juga mempengaruhi. Nah berikut cara alami mencegah perut gendut atau buncit dengan tips alami:

Tips Alami Mengatasi Perut Gendut (Buncit)

Tips Alami Mengatasi Perut Gendut (Buncit)

Cukup Tidur (Istirahat)
Idealnya sesorang membutuhkan waktu tidur yang baik yaitu 8-9 jam perhari. Jika anda kurang istirahat atau tidur maka tubuh anda akan lemas, tidak bertenaga, malas, tidak bersemangat dan membuat lemak anda menumpuk dan umumnya penumpukan lemak akan terjadi didaerah abdominal atau perut. Mudahnya tidak mendapatkan istirahat yang cukup membuat Anda merasa lelah dan menghambat kinerja fisik. Selain hal itu juga akan menimbulkan beberapa masalah kesehatan seperti gangguan fungsi saraf, produksi hormon, dan metabolisme.

Nah jika sistem saraf Anda tidak dapat berfungsi secara normal atau penuh, maka hal itu akan menyebabkan kinerja anda menjadi lambat, menimbulkan stres, kurang berolahraga atau aktifitas fisik, dan akan lebih banyak mengkonsumsi makanan sedang asupan nutrisi tidak anda gunakan untuk aktifitas fisik. Akibatnya anda akan berpeluang untuk memiliki perut gendut dan buncit. Selanjutnya kurang istirahat juga akan mengganggu produksi hormon yang bertanggung jawab untuk metabolisme sel-sel lemak. Dengan mendapatkan waktu tidur yang baik 8-9 jam perhari akan membantu otak dan tubuh untuk berfungsi pada kinerja puncak dan membakar lemak lebih efisien.

Olahraga secara teratur
Menurut banyak penitian menyatakan bahwa seseorang dalam kondisi tidak melakukan suatu hal dalam 24 jam, maka diperlukan 2 jam aktifitas fisik atau olahraga untuk menjaga sistem metabolisme berjalan lancar dan membakar lemak ditubuh anda. Dan saya rasa tidak semua orang bisa untuk menghabiskan dua jam di gym setiap hari, dan anda bisa menggantikan dengan aktifitas atau kegiatan fisik sehari-hari yang mengeluarkan keringat seperti bekerja yang cukup untuk membantu tubuh Anda membakar lemak perut yang tidak diinginkan.

Nah tapi bagi anda yang memiliki kerja di kantor atau lebih banyak menghabiskan waktu anda bekerja dengan duduk tanpa kegiatan fisik yang mengeluarkan keringat maka setidaknya anda harus minimal mempunyai waktu 30 menit perhari untuk berolahraga secara teratur. Dengan melakukan olahraga secara teratur minimal 30 menit perhari maka akan membantu menjaga sistem metabolisme meningkat. Metabolisme yang lebih tinggi berarti Anda akan membakar lebih banyak kalori sepanjang hari-hari dan hal ini akan mencegah anda dari perut gendut atau buncit.

Makan Makanan yang Tepat
Seperti yang saya bahas pada awal artikel bahwa asupan makanan sangat berpengaruh terhadap penumpukan lemak perut yang menjadikan perut anda lebih buncit. Pastikan anda mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi, perbanyak buah dan sayur. Nah berikut adalah beberapa jenis makanan yang sangat ampuh untuk mengurangi lemak perut dan diantaranya adalah:

Biji Chia
Salah satu sumber makanan yang kaya akan vitamin, mineral, serat, dan protein yaitu biji Chia adalah salah satu makanan sehat yang Anda bisa makan untuk membantu tubuh membakar lemak perut Anda.

Sayuran berdaun hijau gelap
Sayuran berwarna hijau tua atau gelap kaya akan serat, zat besi, dan seng, Jadi pastikan untuk memasukan menu makanan sayuran berdaun hijau gelap seperti bayam, kale, sawi dan collard hijau dapat membantu untuk mengubah tubuh Anda menjadi mesin pembakar lemak.

Daging Tanpa Lemak
Nah jika banyak dari daging yang membuat anda justru semakin gendut maka dengan mengonsumsi daging tanpa lemak membantu Anda untuk membangun massa otot dan pembakaran kalori, daging seperti ayam, kalkun, ikan, daging kerbau. Sumber protein tanpa lemak didalam daging ini jauh lebih kecil kemungkinannya untuk disimpan sebagai lemak di dalam tubuh kita dan jauh lebih mungkin untuk diubah menjadi energi untuk segera digunakan.

Cabe Rawit
Jika Anda bertujuan untuk menyingkirkan lebih banyak lemak perut, cabai rawit dapat sangat membantu! Capsaicin yang terkandung dalam cabai rawit merupakan bio-kimia yangrasa pedas dan panas membantu meningkatkan aliran darah ke perut yang meningkatkan pencernaan dan penyerapan nutrisi. Sehingga Anda akan merasa kenyang lebih lama, memiliki lebih banyak energi, dan membakar lemak perut lebih cepat. Tapi perlu diinget lho ya jangan cuma memakan cabai rawit 1 kg tanpa makanan sehat lain hehehehe....

Minuman Pembakar Lemak
Beberapa jenis minuman yang terbukti dan telah diuji mampu membantu membakar lemak perut diantaranya adalah:

Teh hijau
Teh hijau merupakan jenis minuman yang efektif untuk membantu membakar lemak perut dan meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan.

Teh Jahe
Terkenal karena kemampuannya untuk meningkatkan pencernaan, jahe juga meningkatkan thermogenesis dalam tubuh manusia. Menikmati secangkir teh jahe segar sebagai bagian dari rutinitas harian Anda untuk membakar lemak perut lebih cepat!

Air putih
Tubuh yang selalu terhidrasi sangat penting untuk proses pembakaran lemak. Tubuh Anda membutuhkan air untuk memecah sel-sel lemak dan mengeluarkan racun yang dilepaskan selama proses ini.

Makan Lemak Sehat
Lemak sehat membantu mengikis lemak jahat dan itu benar. Tubuh kita membutuhkan lemak esensial-asam (EFA) untuk benar mensintesis hormon yang bertanggung jawab untuk metabolisme lemak. Cobalah beberapa sumber-sumber lemak esensial untuk membantu Anda membakar lemak perut lebih cepat, beberapa diantaranya adalah:

Minyak Kelapa
Medium chain trigliserida, asam laurat yang ditemukan dalam minyak kelapa membantu meningkatkan energi dan membakar lemak.

Ikan laut
Salmon, tuna, sarden, dan mackerel adalah ikan yang paling terkenal diakui untuk tinggi konsentrasi mereka asam lemak sehat yang membantu membakar lemak perut.

Biji bijian
Kenari, kedelai, biji rami, dan almond empat pilihan terbaik untuk membantu mencairkan lemak perut anda.

Relaksasi
Stres menyebabkan tubuh kita memompa keluar hormon yang disebut kortisol yang menyebabkan lemak perut. Nah agar tidak terjadi penumpukan lemak diperut akibat stres maka anda perlu meminimalkan tingkat stres dengan relaksasi. Beberapa relaksasi yang membantu anda mencegah stres seperti yoga dan meditasi.

G+

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Tips Cantik & Sehat
Artikel Terkait Dengan "Tips Alami Mengatasi Perut Gendut (Buncit) "

No comments:

Post a Comment