6 Tips Menghitamkan Kembali Rambut Beruban Dini

Mengatasi rambut beruban dini - Saat beranjak tua rambut beruban adalah hal yang wajar karena melanin rambut akan lebih sedikit memproduksi pigmen rambut (senyawa yang bertanggung jawab dalam pewarnaan alami kulit dan rambut). Rambut beruban merupakan tanda alami terjadinya penuaan walaupun saat ini banyak orang yang masih muda namun rambutnya sudah beruban dini. Banyak faktor yang menyebabkan rambut beruban dini mulai dari gaya hidup, pola makan yang tidak sehat, perawatan rambut yang tidak tepat dan lain-lain. Faktor lain yang bertanggung jawab atas terjadinya rambut beruban dini adalah predisposisi genetik hairare, perubahan kimia alami dan paparan polusi lingkungan.

Nah jika anda masih muda namun anda tanda-tanda rambut mulai beruban dini maka harus ada penanganan yang lebih lanjut, untuk menghindari rambut anda beruban keseluruhan secara dini. Nah berikut adalah beberapa solusi mengatasi uban dini bagi anda yang masih muda namun rambut beruban mulai muncul.

Menghitamkan Kembali Rambut Beruban Dini

Menghitamkan Kembali Rambut Beruban Dini

Teh hitam
Anda bisa mengurangi dampak dari rambut beruban secara dini menggunakan daun teh hitam atau teh biasa yang anda minum. Katekin atau suatu zat yang terdapat dalam kandungan teh akan membantu melanin untuk berproduksi secara normal untuk menghasilkan pigmen (warna alami rambut) Cara pembuatan dan pemakaiannya adalah sebagai berikut ini:

  1. Rebus 2 sendok makan daun teh tanpa menambahkan gula atau susu seperti saat anda membuat teh hehehe.....
  2. Biarkan dingin, karena air yang masih panas dapat membuat kerusakan pada rambut.
  3. Menerapkannya dengan mengoleskannya di seluruh rambut Anda dari ujung rambut sampai akar rambut sambil dilakukan pemijatan pada kulit kepala.
  4. Bilas rambut Anda dengan air dingin. Jangan gunakan shampo saat membilas rambut Anda karena akan melunturkan kandungan dalam teh.

Daun Sage
Daun sage (salvis atau sefakuss dalam bahasa Hindi), adalah salah satu yang paling efektif untuk mengatasi rambut beruban dini. Ini mengembalikan warna alami rambut dan mencegah tumbuhnya uban secara dini. Cara pembuatan dan pemakaiannya adalah sebagai berikut:

  1. Rebus beberapa lembar daun sage dalam air dan didihkan.
  2. Saring dan semprotkan air ini ke seluruh rambut Anda atau anda bisa mengoleskannya mulai dari akar hinga ujung rambut.
  3. Diamkan selama 2 jam setelah itu anda bisa mencucinya dengan sampoo ringan. Perawatan ini akan menunjukkan hasil yang terlihat dalam beberapa minggu.

Minyak kelapa dan lemon
Ini adalah pengobatan rumah yang efektif untuk digunakan dua kali seminggu yang akan membantu menghitamkan kembali rambut beruban dini anda dan membuatnya lebih kuat dan sehat. Cara pembuatan dan pemakaiannya adalah sebagai berikut ini:

  1. Ambil 2 sendok makan minyak kelapa atau sesuai dengan panjang rambut Anda. Campur dengan 3 sendok teh perasan lemon segar dan campurkan dalam minyak dan aduk hingga merata.
  2. Menerapkannya pada akar sampai ujung rambut Anda.
  3. Biarkan selama satu jam dan mencuci rambut Anda dengan sampo ringan.
  4. Obat ini akan membuat rambut Anda berkilau dan hitam dan membuat semua uban menghilang.

Daun kari
Salah satu dari obat yang sempurna untuk rambut beruban dini pada usia muda. Daun kari dan minyak kelapa akan sangat baik untuk mengembalikan kemialu dan hitam alami pada rambut anda, cara pembuatan dan pemakaiannya adalah sebagai berikut:

  1. Panaskan minyak kelapa dalam wajan dengan api yang kecil
  2. Masukkan daun kari hingga layu (jangan sampai kering untuk itu gunakan api yang kecil)
  3. Biarkan minyak dingin.
  4. Pijat ke rambut anda dan biarkan 30 menit dan membilasnya sebelum anda mandi.

Vitamin
Pola makan yang sehat dan seimbang akan membantu mengembalikan warna alami rambut anda dari beruban dini, Pastikan mengonsumsi buah dan sayur yang kaya vitamin B dan E dalam diet Anda setiap hari. Vitamin ini mencegah beruban dini pada rambut. Beberapa jenis makanan yang mengandung vitamin ini termasuk kenari, almond dan kacang mete. Mengurangi asupan natrium dalam diet Anda, karena hanya memiliki efek buruk pada kesehatan Anda, juga memicu tumbuhnya uban. Pastikan banyak mengonsumsi buah-buahan dan sayuran segar.

Konsumsi banyak air putih
Jika sistem endokrin dalam tubuh kita yang rusak, banyak racun bisa disimpan dalam tubuh Anda. Racun ini menyebabkan berbagai bahaya kesehatan termasuk penuaan dini. Untuk menjaga sistem tubuh bersih dan flush racun dari tubuh kita, minum banyak air. Minum 10-12 gelas air setiap hari akan memastikan berfungsinya sistem endokrin dan dengan demikian mencegah tanda-tanda penuaan termasuk rambut beruban dini.

G+

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Tips Cantik & Sehat
Artikel Terkait Dengan "6 Tips Menghitamkan Kembali Rambut Beruban Dini "

No comments:

Post a Comment