8 Manfaat Luar Biasa dari Kualitas Tidur Yang Baik

Hello cantik.... Tidur merupakan kebutuhan mendasar yang dibutuhkan oleh setiap orang. Dengan istirahat (tidur) akan mengembalikan tenaga atau energi yang digunakan untuk beraktifitas seharian, tidur juga membantu mempercepat pemulihan atau penyembuhan untuk tubuh. Banyak manfaat kesehatan yang bisa kita dapatkan dengan mendapatkan kualitas tidur yang baik dan cukup. Idealnya seseorang membutuhkan waktu antara 7-8 jam perhari untuk pemenuhan ideal untuk tidur ini. Kurangnya waktu dan kualitas tidur yang baik akan menyebabkan tubuh lemah, lemas, malas, kurang berkonsentrasi atau tidak fokus serta meningkatkan resiko terserang penyakit karena tubuh yang kurang istirahat akan menurunkan sistem metabolisme tubuh ini berarti juga akan menurunkan sistem kekebalan tubuh.


Nah berikut adalah beberapa manfaat tubuh jika kamu mendapatkan waktu dan kualitas tidur terbaik:

Menjaga tubuh anda tetap fit, sehat dan bugar
Tubuh tidak seperti mesin yang dapat dipacu secara terus menerus, tubuh membutuhkan waktu untuk beristirahat untuk mengembalikan tenaga yang hilang dan mencharge nya kembali. dengan tidur yang cukup tubuh anda akan lebih fit dan bugar keesokan harinya. Kurang tidur dapat meningkatkan resiko berat badan dengan drastis memperlambat metabolisme menurut sebuah studi oleh para ilmuwan di Universitas Uppsala di Swedia. urang tidur membuat badan lemas, malas dan tentu saja tidak fit.

Anda dapat berkonsentrasi dan berfokus lebih baik
Tidur malam yang buruk dapat membuat kurang fokus dan kurang berkonsentrasi. Lebih banyak orang mengalami dan memiliki masalah berkonsentrasi karena kurangnya waktu dan kualitas tidur yang baik.

Tidur yang cukup membuat anda lebih bahagia
Waktu tidur yang cukup akan meningkatkan mood dan kondisi emosional seseorang ini berarti akan meningkatkan kesejahteraan seseorang.

Anda akan terlihat lebih menarik
Waktu yang cukup serta kualitas tidur yang baik juga akan meningkatkan kesehatan kulit anda. Kurang tidur akan membuat kulit terlihat kusam dan kering dan ini berarti kesehatan kulit anda akan terganggu. Menurut sebuah studi 2010 yang diterbitkan dalam British Medical Journal. Peneliti mengambil gambar 23 orang setelah periode kurang tidur dan setelah tidur malam normal dari delapan jam. Foto-foto yang ditampilkan untuk 65 orang yang dinilai setiap foto berdasarkan daya tarik kesehatan dan kelelahan. Penelitian menunjukkan kategori orang yang memiliki waktu tidur yang cukup akan kelihatan lebih menarik.

Kemampuan untuk membuat keputusan yang lebih baik
Waktu tidur yang cukup akan mengoptimalkan kinerja otak dengan lebih baik dan hal ini akan mberpengaruh terhadap keputusan keputusan yang bisa anda ambil, karena anda bisa berpikir dengan jernih.

Anda akan hidup lebih lama
Tidur buruk atau waktu kurang untuk tidur dikaitkan dengan umur lebih pendek, meskipun tidak jelas apakah sedikit tidur adalah penyebab, atau efek dari penyakit lain. Penelitian telah menemukan orang yang rutin tidur selama kurang dari enam jam semalam memiliki risiko lebih tinggi untuk meninggal lebih cepat dari orang dari usia yang sama yang tidur selama tujuh atau delapan jam setiap malam.

Anda akan jauh lebih sehat
Kurang tidur dapat menekan sistem kekebalan tubuh Anda, yang membuat Anda lebih rentan terhadap infeksi. Sebuah studi pada tahun 2009 menemukan bahwa tidur selama kurang dari tujuh jam semalam meningkatkan risiko terkena flu. Tim dari Carnegie Mellon University menemukan risiko itu tiga kali lipat dibandingkan dengan mereka yang tidur selama delapan jam atau lebih malam. Dengan waktu tidur yang baik akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh anda dari serangan penyakit dan itu berarti tubuh anda jauh akan lebih sehat.

Anda akan mengingat hal-hal lebih jelas
Kurangnya waktu untuk tidur atau tidur yang buruk akan berpengaruh langsung dengan daya ingat atau memori. Selama tidur otak akan selalu bekerja dalam proses penting untuk pembentukan memori. Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Sleep menemukan orang yang tidur kurang dari enam jam per malam untuk dua minggu mencetak jauh lebih buruk pada tes memori dibandingkan mereka yang tidur delapan jam.

Kualitas tidur yang baik tentu akan memperoleh banyak manfaat kesehatan lain yang mungkin tidak ikut tercatat dalam artikel ini. Lalu bagaimana cara tidur yang baik yang sangat bermanfaat untuk kesehatan otak dan tubuh anda berikut adalah tipsnya:

  • Waktu tidur yang baik adalah 7-8 jam dan dilakukan secara teratur
  • Setelah Anda bepergian, sebaiknya mandi terlebih dahulu agar badan menjadi bersih sehingga memberikan kesegaran pada pori-pori kulit yang memberikan efek baik terhadap sirkulasi darah dan otot tubuh.
  • Hindari untuk merubah pola tidur anda
  • Pakailah pakaian yang longgar dan berbahan lembut dan juga peralatan tidur lain yangbersih dan nyaman hal ini sangat membantu untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik.

G+

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Tips Cantik & Sehat
Artikel Terkait Dengan "8 Manfaat Luar Biasa dari Kualitas Tidur Yang Baik "

No comments:

Post a Comment