Cara Mengetahui & Menghitung Masa Subur

Apakah jendela masa subur itu?

Menurut para pakar medis dan kandungan idealnya kehamilan secara teknis hanya mungkin terjadi ketika sel sperma dan sel telur wanita bertemu dan terjadi pembuahan selama lima hari sebelum ovulasi sampai hari ovulasi. Nah lima hari tersebut sering disebut dengan jendela masa subur atau fertility window. Lalu apa penjelasan kenapa ada hanya lima hari masa dimana akan terjadi kehamilan jika suami istri melakukan hubungan badan? Dan jawabannya menurut pakar kandungan adalah sel sperma umumnya akan hidup selama 5 hari, dan sel telur pada wanita hanya bisa bertahan selama 1 hari saja, nah jika selama siklus hidup sperma yakni 5 hari sel sperma bertemu dengan sel telur pada wanita maka kemungkinan akan terjadi pembuahan dan terjadi kehamilan.

Jika seorang wanita berhubungan badan enam hari sebelum atau sesudah dia berovulasi, maka kesempatan dia akan hamil hampir nol. Jika dia berhubungan seks lima hari sebelum dia berovulasi, kemungkinan kehamilannya adalah sekitar 10%. Probabilitas kehamilan terus meningkat sampai dua hari sebelum dan termasuk hari ovulasi. Pada akhir dari 'jendela subur', kemungkinan kehamilan menurun dengan cepat dan dengan 12-24 jam setelah dia berovulasi, wanita tidak lagi bisa hamil selama siklus itu.

Untuk para wanita yang ingin segara mendapatkan kehamilan maka penting untuk mengetahui jendela masa subur diantara siklus menstruasi mereka. Untuk meningkatkan kemungkinan akan terjadi pembuahan dan terjadi kehamilan maka ketika mereka berovulasi, hubungan seksual dianjurkan setiap 2 sampai 3 hari (atau tiap hari) untuk membantu mengoptimalkan peluang mereka untuk hamil selama jendela masa subur pada wanita. Kemungkinan anda akan benar-benar hamil secara dramatis meningkat jika Anda melakukan hubungan intim dalam tiga hari menjelang dan termasuk pada masa ovulasi. Jika seorang wanita melakukan hubungan intim di salah satu dari tiga hari ini, dia memiliki kesempatan 27-33% untuk hamil.

Mitos dan fakta tentang masa subur

Mungkin banyak mitos yang beredar dimasyarakat bahwa hubungan badan terbaik untuk mendapatkan kehamilan hari ke-14 dari akhir siklus menstruasi terakhir, dan fakta yang benar adalah waktu yang tepat bagi seorang wanita dapat hamil adalah selama 'window fertility' atau pada masa jendela masa subur dari siklus menstruasi. Masa subur ini akan berbeda antara wanita yang satu dengan yang lain tergantung berapa jumlah hari siklus menstruasi apakah 28, 29, 30 atau 31 hari, hubungan seksual dalam 6 hari menjelang dan termasuk masa ovulasi adalah masa dengan kesempatan tertinggi terjadinya pembuahan. namun akan sulit menentukan siklus subur pada wanita jika siklus menstruasi mereka tidak teratur.

Apakah ovulasi /kesuburan?

Ovulasi adalah ketika telur yang matang dilepaskan dari ovarium, bergerak ke bawah melalui tuba atau tabung fallopi, dan tersedia dalam tuba falopi untuk dibuahi oleh sel sperma.

Bagaimana cara menghitung masa subur / ovulasi Anda

Untuk menghitung masa subur pada wanita maka anda harus mengetahui dahulu sikulus menstruasi anda. Siklus menstruasi atau menstrual period dihitung dari hari hari pertama anda setelah berakhirnya masa menstruasi sampai akhir hari dimana anda akan mengalami menstruasi pada siklus menstruasi berikutnya. Masa subur atau ovulasi terjadi sekitar pertengahan siklus menstruasi 2hari sebelum dan sesudahnya. Jadi sebagai contoh saja, jika rata-rata siklus menstruasi Anda adalah 28 hari, Anda berovulasi sekitar hari ke-14. Berarti masa subur anda dimulai antara 12-17/ 11-16/ 13-18 hari setelah hari akhir menstruasi anda. Ingat 'jendela masa subur' adalah enam hari menjelang dan termasuk ovulasi. dan berikut adalah perhitungannya:

Tiga hari menjelang dan termasuk ovulasi adalah masa yang yang paling subur. Namun hal tersebut tergantung dari siklus menstruasi bulanan anda:

  • Jika Anda memiliki siklus 28 hari periode ovulasi biasanya terjadi pada hari ke-14, dan hari-hari yang paling subur adalah hari 12, 13, dan 14.
  • Jika Anda memiliki siklus 35 hari periode, ovulasi terjadi pada hari ke-21 dan hari-hari yang paling subur adalah hari 19, 20, dan 21.
  • Jika Anda memiliki siklus pendek seperti 21 hari periode, ovulasi terjadi pada hari ke 7 dan hari-hari yang paling subur adalah hari 5, 6, dan 7.

Bagaimana Anda tahu bahwa Anda sedang berovulasi berada dalam masa subur?

Seperti kita ketahui bahwa siklus menstruasi pada wanita akan berbeda beda, terkadang tidak bisa dihitung seperti cara cara diatas, terkadang beberapa wanita mengalamai siklus bervariasi dan tidak selalu teratur seperti jarum jam, sehingga untuk tahu bahwa Anda sedang berovulasi dan yang hari siklus Anda Anda sedang berovulasi, mengamati tanda-tanda kesuburan Anda sepanjang siklus Anda dan merekam mereka pada grafik. lalu bagaimana tanda tanda wanita sedang dalam masa subur atau ovulasi:

  • Metode yang paling akurat ketika ovulasi akan segera terjadi adalah dnegan beberapa cara berikut ini:
  • Mengawasi perubahan lendir. Sekitar waktu akan terjadi ovulasi, Anda mungkin melihat lendir vagina adalah jelas, licin dan berkonsistensi seperti putih telur. Ini adalah tanda terbaik dari saat ovulasi yang sebenarnya terjadi. Ini prime time untuk tindakan hubungan seksual untuk suksesnya pembuahan.
  • Gunakan kit ovulasi prediktor. Anda dapat memulai pengujian dengan kit ovulasi prediktor Anda beberapa hari sebelum hari perkiraan Anda ovulasi. Kurangi 17 hari dari panjang siklus rata-rata dan memulai pengujian dari hari ini siklus Anda, misalnya jika Anda memiliki siklus 28 hari, Anda akan memulai pengujian dari hari 11. Hasil positif berarti Anda akan berovulasi dalam 24 sampai 36 jam berikutnya.
  • Merekam suhu basal tubuh (BBT) setiap hari sebelum turun dari tempat tidur. Basal tubuh termometer suhu khusus akan memastikan pengukuran yang akurat. BBT Anda naik sekitar setengah derajat Celsius setelah ovulasi terjadi. Dengan charting suhu Anda, sangat mudah untuk melihat ketika kenaikan suhu dan ovulasi terjadi. Hal ini dapat membantu Anda bekerja keluar pola Anda sendiri ovulasi. Namun, karena pada tahap ovulasi sudah berlalu, itu tidak membantu Anda menunjukkan jendela subur tapi mungkin memandu Anda untuk bulan depan.

Bagaimana untuk tahu kapan Anda sedang berovulasi

Kerry Hampton, seorang perawat dan spesialis kesuburan, membahas pentingnya kesadaran kesuburan, dan bagaimana menentukan jendela subur Anda untuk meningkatkan peluang Anda untuk hamil.

G+

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Tips Cantik & Sehat
Artikel Terkait Dengan "Cara Mengetahui & Menghitung Masa Subur "

No comments:

Post a Comment