Membuat Masker Pemutih Alami Untuk Tangan & Kaki

Hai cantik, area kulit terbuka yang sering terpapar sinar matahari, debu, polusi seperti tangan, wajah dan kaki seringkali memiliki warna yang tidak rata dengan bagian tubuh lain. Maka tidak mengherankan jika anggota tubuh ini sering berwarna lebih gelap dari anggota tubuh lain. Nah selain karena faktor diatas perubahan warna pada kulit juga bisa disebabkan oleh hiperpigmentasi kulit yaitu suatu keadaan dimana produksi melanin atau pigmen kulit berlebih sehingga menyebabkan perubahan warna kulit.

Apakah Anda tahu zat yang disebut melanin itu? Seperti dikutip dari situs Wikipedia bahasa Indonesia menyebut bahwa melanin adalah senyawa biologi yang ditemukan pada tanaman, hewan, dan protista, yang berfungsi sebagai pigmen. Pigmen yang dihasilkan biasanya merupakan turunan dari asam amino tirosina. Banyak jenis melanin yang tidak larut di dalam garam. Jenis melanin yang paling umum adalah eumelanin dan pheomelanin.Melanin ini bertanggung jawab untuk pewarnaan kulit. Jika Anda memiliki konten melanin yang semakin tinggi, maka kulit Anda akan menjadi lebih gelap dan sebaliknya. Untuk mengurangi tingkat melanin yang tinggi anda bisa membuat lotion pemutih alami untuk memutihkan kulit bagian lengan, tangan, wajah, kaki, leher maupun tempat terbuka lain yang umumnya lebih berwana gelap!

Membuat Masker Pemutih Alami Untuk Tangan & Kaki

Penggunaan masker atau lotion alami untuk kulit tentu tidak memiliki efek samping untuk kesehatan kulit anda sehingga lebih aman untuk digunakan, dan berikut adalah beberapa bahan alami yang bisa anda gunakan untuk memutihkan tangan, leher, wajah maupun bagian kaki anda:

Tomat
Tomat merupakan jenis sayuran yang mengandung berbagai nutrisi kesehatan yang dibutuhkan oleh tubuh, selain hal itu tomat juga mengandung  sifat alami whitening dan bleaching. tomat juga memiliki komposisi asam alami yang menyeimbangkan pH kulit untuk mencegah minyak berlebih dan membuatnya terlihat cerah. Jadi, tomat adalah pilihan ideal untuk digunakan pada kulit Anda untuk whitening sekaligus pelembab alami.

Bahan yang digunakan: Tomat dan Buttermilk dalam rasio 1: 2.

Cara pembuatan dan pemakaian: Haluskan tomat dengan blender lalu campurkan dengan buttermilk dan oleskan pada tangan dan kaki. Diamkam masker ini selama sekitar 40 menit. Bilas secara menyeluruh menggunakan air bersih. Masker alami kulit ini sangat membantu untuk mencerahkan kulit kehitaman akibat terbakar terik matahari atau kecokelatan. Gunakan setidaknya 2 kali dalam seminggu sampai anda benar benar mendapatkan warna kulit yang lebih cerah.

Yogurt
Yogurt juga memiliki sifat alami pemutihan karena mengandung asam laktat. Yogurt juga mencerahkan kulit dan membantu untuk membuat kulit terasa nyaman walaupun digunakan secara terus-menerus.

Bahan: yogurt secukupnya.

Cara pembuatan dan penggunaan: Gosok yogurt di tangan dan kaki anda dengan lembut dan biarkan selama 15 menit sebelum pergi untuk mandi. Cuci dengan air hangat. Lakukan ini selama setidaknya satu bulan. Anda akan melihat perbedaan yang cukup besar dalam perubahan warna kulit Anda. Untuk membuatnya lebih efektif, Anda juga dapat menambahkan beberapa tetes jus lemon juga.

Lemon
Lemon memiliki jumlah tinggi vitamin C dan antioksidan, yang mendorong pertumbuhan sel baru yang menghasilkan warna kulit lebih cerah dan lebih ringan.

Bahan: Air perasan lemon dan jus mentimun dalam jumlah yang sama, setengah sendok bubuk kunyit.

Cara pembuatan dan pemakaian: Buat pasta dengan mencampurkan bahan-bahan di atas dan menerapkan pasta ini pada tangan dan kaki. Diamkan selama 20 menit dan mencucinya dengan air bersih. Ulangi proses ini setiap hari selama 15 hari dan melihat perbedaan dalam warna kulit.

Tepung beras
Tepung beras membantu memutihkan kulit anda sebagai scrub alami yang akan membantu mengangkat sel kulit mati dan memperepat pertumbuhan sel kulit baru sehingga membuat kulit anda semakin bercahaya, cerah dan menjadikan kulit anda terasa nyaman.

Bahan: 4 sdm tepung beras, air mawar dan air.

Cara pembuatan dan pemakaian: campurkanan bahan bahan tersebut diatas untuk membuat pasta halus dan oleskan pada tangan dan kaki. Cuci menggunakan air bersih ketika pasta tersebut mengering. Ulangi proses ini setidaknya dua kali seminggu.

Aloe vera
Aloe vera atau lidah buaya memiliki antrakuinon, yang dikenal untuk meringankan warna kulit dengan menghilangkan lapisan atas sel kulit yang mati. Hal ini juga banyak sifat penyembuhan dan membantu untuk menenangkan kulit yang teriritasi.

Bahan: aloe vera gel.

Cara pembuatan dan pemakaian: Ambil gel lidah buaya dan mengoleskannya secara menyeluruh pada tangan dan kaki. Diamkan selama kurang lebih 30menit dan bilas menggunakan air bersih.

Jeruk
Jeruk memiliki kandungan tinggi vitamin C dan sifat pemutihan yang menakjubkan. Sehingga membuat jeruk ideal untuk digunakan dalam pemutih kemasan dan masker. Jeruk mampu memutihkan kulit, membuatnya lebih lentur dan lebih sehat secara alami.

Bahan: Bubuk kulit jeruk kering dan susu mentah.

Cara pembuatandan pemakaian: Giling kulit jeruk dan campurkan dengan susu bubuk yang telah dicampur dengan sedikit air sehingga terbentuk pasta. Oleskan campuran ini pada tangan dan kaki. Cuci setelah 20 menit. Ini adalah kombinasi yang sangat baik untuk memutihkan tangan dan kaki yang tidak merata.

Kentang
Kentang sangat bermanfaat untuk mengurangi pigmentasi gelap di tangan dan kaki; dan Anda selalu dapat menemukan kentang tergeletak di dapur karena kentang merupakan bahan sayuran yang mudah ditemukan didapur!

Bahan: Kentang.

Cara penggunaan dan pemakaian: Iris kentang menjadi irisan tipis tipis atau anda bisa menghaluskannya menjadi bubur atau pulp, gunakan dan oleskan bubur kentang ini pada paha bagian dalam dan lutut yang berwarna lebih gelap, yang benar-benar terlihat buruk jika kita memakai gaun pendek. Atau gunakan irisan kentang dan menggosoknya pada daerah kulit yang gelap seperti paha bagian dalam, lutut atau siku. Biarkan selama sekitar 10 menit dan bilas dengan air hangat.

G+

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Tips Cantik & Sehat
Artikel Terkait Dengan "Membuat Masker Pemutih Alami Untuk Tangan & Kaki "

No comments:

Post a Comment