Menurunkan Berat Badan Efektif Dengan Tidur!

Untuk menurunkan berat badan dengan cepat dan efektif memang diperlukan usaha yang keras mulai dengan menjaga pola makan yang sehat dan seimbang, teratur dan rutin berolahraga, istirahat yang cukup dan hindari kebiasaan buruk. Namun bagaimana jika menurunkan berat badan cukup efektif bisa dilakukan dengan cara yang menyenangkan bahkan hanya dengan mengubah cara tidur anda. Seperti dikutip dari situs Reader Digests berikut adalah beberapa hal yang anda lakukan saat tidur untuk membantu anda dalam program penurunan berat badan:

Menurunkan Berat Badan Efektif Dengan Tidur!

Konsumsi protein sebelum tidur
Peneliti di Florida State University menemukan bahwa pria yang mengonsumsi 30 gram protein sebelum tidur mengalami pengeluaran energi saat istirahat yang lebih tinggi dibandingkan dengan mereka yang tidak makan apa-apa sebelum tidur . Protein juga dapat membantu perbaikan otot semalam. Semakin banyak massa otot yang Anda miliki, semakin banyak kalori yang Anda bakar saat istirahat. Anda bisa mengonsumsi makanan yang mengandung protein atau segelas susu protein sebelum tidur akan membantu anda menurunkan berat badan dengan cepat.

Tidur dalam gelap gulita
Ketika Anda tidur didalam ruangan yang gelap gulita, tubuh Anda akan memproduksi lebih banyak hormon melatonin, yang tidak hanya membuat Anda merasa mengantuk, namun dapat membantu dalam produksi pembakaran kalori, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Pineal Research. Jadi jika anda mengalami insomnia sekaligus ingin menurunkan berat badan anda maka matikan lampu kamar tidur anda, tutup pintu dan jendela dan pastikan anda tidur dalam keadaan gelap gulita.

Tidur diruangan dingin
Tidur di suhu dingin bisa membantu Anda membakar lebih banyak kalori dalam semalam. Orang-orang yang tidur di kamar dingin sampai suhu 66 derajat akan membakar kalori tubuh lebih dari 7 persen lebih banyak saat mereka tertidur daripada tidur di kamar yang lebih hangat, seperti dilaporkan sebuah studi dalam jurnal Diabetes. Alasannya adalah tubuh akan bekerja lebih keras untuk menaikkan suhu tubuh. Bisa membantu Anda membakar ekstra 100 kalori selama 24 jam tidur.

Mematikan semua hp atau smartphone anda
Sebelum Anda bersiap-siap untuk tidur, jauhkan atau matikan semua perangkat yang memancarkan gelombang seperti komputer, TV, laptop atau smartphone anda. Peneliti Manchester University menemukan bahwa panjang gelombang pendek yang dipancarkan tablet dan smartphone, mengganggu produksi melatonin tubuh, sebagai hasilnya bisa mengganggu metabolisme. Pastikan mematikan semua perangkat atau  televisi sebelum tidur. Peneliti Singapura tidur didepan layar televisi dalam keadaan menyala akan meningkatkan trigliserida (berhubungan dengan sindrom metabolik dan diabetes) dan adiponektin yang lebih rendah (protein yang terlibat dalam mengatur kadar glukosa dan pemecahan asam lemak).

Cukup waktu tidur
Anda tahu Anda perlu untuk mendapatkan tidur yang cukup, tapi entah bagaimana jadwal pekerjaan yang terlalu sibuk atau aktifitas lain membuat seseorang tidak cukup mendapatkan jumlah tidur yang cukup dan berkualitas. Mayo Clinic merekomendasikan 7 sampai 8 jam maka tubuh Anda membakar lebih banyak kalori sepanjang hari-bahkan ketika Anda sedang tidak aktif. Juga sebuah riset yang tercatat dalam American Journal of Clinical Nutrition studi menemukan pengeluaran energi istirahat yang mendapatkan cukup beristirahat (tidur) adalah 5 persen lebih tinggi dari mereka yang tidak cukup beristirahat. Mereka juga membakar 20 persen kalori lebih banyak. Penelitian terkait menemukan bahwa kurang tidur membuat sel-sel lemak kurang sensitif terhadap insulin, perubahan metabolik dikaitkan dengan penyebab obesitas.

G+

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Tips Cantik & Sehat
Artikel Terkait Dengan "Menurunkan Berat Badan Efektif Dengan Tidur! "

No comments:

Post a Comment