Tips Memilih Produk Kosmetik Kulit yang Aman Digunakan

Baru baru ini banyak produk kosmetik dunia yang banyak menuai kecaman khususnya dari The Campaign for Safer Cosmetics, tentang penggunaan bahan bahan kimia dalam produk tersebut. Alasannya banyak peneliti menyebut banyak bahan kimia yang tidak aman digunakan dalam produk kosmetik tersebut berpengaruh besar terhadap serangkain masalah kesehatan kulit yang banyak dialami konsumen dariproduk perawatan tersebut.

Masalah kesehatan pada kulit untuk produk kosmetik kulit dari yang paling ringan adalah ruam pada kulit, alergi, gatal bahkan sampai kasus berat yaitu menyebabkan kanker kulit. Jenis penyakit berbahaya dan mematikan. Namun penggunaan kosmetik memang tidak bisa dihilangkan karena memang banyak orang membutuhkan produk tersebut, dan pemerintah dalam hal ini semakin gencar melakukan pengawasan terhadap kosmetik yang beredar di pasaran yang tentu saja agar kosmetik dipasaran aman digunakan dan telah lulus tes uji kesehatan.

Tips Memilih Produk Kosmetik Kulit yang Aman Digunakan

Tentu kita semua ingin menggunakan produk perawatan kulit yang aman digunakan dan tidak menimbulkan masalah kesehatan dikemudian hari. Namun untuk memilih produk produk aman tersebut tentu diperlukan pengetahuan tentang hal tersebut. Nah kali ini saya akan berbagi sedikit tips tentang memilih produk perawatan kulit yang aman digunakan seperti dikutip dari situs kesehatan dunia populer:

Memilih Produk Perawatan Kulit Yang Aman

Pastikan produk perawatan kulit cocok untuk jenis kulit anda
Tidak semua jenis produk perawatan kulit cocok untuk kulit anda, cocok bagi yang lain namun belum tentu cocok dengan jenis kulit anda. Karena pada dasarnya tingkat sensitifitas kulit terhadap produk tertentu pada setiap orang berbeda. Hentikan produk perawatan kulit segera jika produk tersebut menimbulkan kemerahan, ruam, nyeri atau alergi pada kulit anda.

Identifikasi bahan kimia yang digunakan
Banyak merek komersial perawatan kulit mengandung bahan kimia dari turunan minyak bumi. Ya, turunan minyak bumi, yaitu dari minyak mentah. Beberapa yang lebih umum adalah:

  • Mineral Oil alias parafin fi num Liquidum,
  • Petrolatum alias Petroleum Jelly,
  • Propylene Glycol, PEG (Polyethylene Glycol),
  • Polisorbat (biasanya diikuti dengan nomor) dan DEA / MEA / TEA.

Alasan kenapa bahan bahan ini digunakan dalam kosmetik perawatan kulit adalah harganya yang murah. Memang banyak dari produk kosmetik kulit yang memang sudah lolos uji di BPOM menggunakan bahan bahan kimia dari turunan minyak bumi ini. Mungkin bahan bahan kimia ini masih dianggap tidak berbaya, namun jelas akan merugikan anda jika digunakan dalam jangka panjang. yang harus diperhatikan bahwa pastikan untuk tidak memilih produk perawatan kulit yang mengandung bahan bahan kimia berbahaya seperti dibawah ini:

  • Paraben
  • Imidazolidinyl Urea
  • Quaternium -15
  • DMDM hydantoin
  • Phenoxyethanol methylchloroisothiazolinone
  • Formaldehyde
  • Sodium lauryl / sulfat laureth dan kokamidopropil betaine, baik yang berasal dari minyak kelapa, diketahui mengiritasi kulit dan menyebabkan reaksi alergi.
  • Cocamide DEA / MEA dikenal iritasi kulit dan karsinogen potensial.
  • glukosida lauril dan desil glukosida (baik yang berasal dari sumber nabati) belum diuji untuk keselamatan.

Lihat pengawet yang digunakan dalam produk kosmetik kulit tersebut
Pengawet dalam produk perawatan kulit digunakan untuk memperpanjang umur simpan produk, tetapi ada spektrum besar pengawet yang digunakan. Lihat kemasan dalam produk produk kosmetik kulit pilihan anda, pastikan produk tersebut bebas dari bahan kimia pengawet seperti dibawah ini:

Paraben
Paraben (seperti Methylparaben, ethylparaben, butylparaben propil paraben) telah dikaitkan dengan tumor di payudara dan kulit, dan kemungkinan peran sebagai 'pengganggu endokrin' dalam meniru hormon.

Phenoxyethanol - p
Pengawet yang umum digunakan dalam produk alami dan organik - dikenal untuk menekan sistem saraf pusat.

Benzil alkohol
Pengawet yang biasa digunakan dalam produk kosmetik kulit telah dikaitkan dengan alergi kulit.

Hindari wewangian yang terlalu
Mari kita mulai dengan wewangian sintetis - yang membentuk sebagian besar bahan aroma pada produk perawatan kulit. Sebagian besar adalah senyawa sintetis yang berasal dari minyak bumi, serta tar batubara. Ini termasuk VOC (volatile organic compounds) terkait dengan kanker, cacat lahir, gangguan sistem saraf pusat dan reaksi alergi.

Penelitian telah menunjukkan bahwa bahan kimia di udara memiliki akses langsung ke otak dan
sistem internal melalui saluran hidung. Jadi pastikan memilih produk perawatan kulit yang tidak mengandung wewangin tersebut, walaupun ha ini sangat sulit untuk mengidentifikasinya.

G+

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Tips Cantik & Sehat
Artikel Terkait Dengan "Tips Memilih Produk Kosmetik Kulit yang Aman Digunakan "

No comments:

Post a Comment