Cara Mengatasi Lingkaran Gelap Pada Mata (Mata Panda)

Posted By : Posted on - 2:45:00 AM with 1 comment
Cara Alami Atasi Lingkaran Gelap Pada Mata - Seperti kita ketahui Black cyrcle atau biasa disebut lingkaran hitam pada mata atau lebih populer disebut mata Panda adalah lingkaran hitam pada mata. Lingkaran pada mata ini berwarna gelap pucat yang melingkari area kelopak mata. Inilah kenapa black cyrcle juga sering disebut mata panda karena memang mirip dengan lingkaran hitam yang mengelilingi mata pada beruang panda.

Penyebab utama dari lingkaran hitam pada mata ini adalah kurang beristirahat, kurang tidur, diet yang tidak tepat, alergi, infeksi sinus, genetika, kulit menipis, retensi cairan (dehidrasi) dan stres. Tentunya memiliki mata panda ini mengurangi rasa percaya diri anda apalagi pekerjaan atau aktifitas anda mengharuskan anda untuk bertemu dan berkumpul dengan banyak orang setiap hari. Baca juga cara menghilangkan flek hitam di wajah.


Mencegah Timbulnya Lingkaran Hitam di Mata
Mata panda atau lingkaran gelap disekitar mata disebabkan oleh kelelahan kulit disektitar mata yang terjadi akibat mata kurang beristirahat seperti kurang tidur, terlalu lama didepan monitor tv atau komputer dll. Ada banyak cara mencegah timbulnya lingkaran hitam di mata ini, berikut adalah tips mencegah timbulnya lingkaran hitam pada mata:

  • Lingkaran gelap pada mata bisa disebabkan oleh dehidrasi saat cuaca panas. Minum air yang cukup di siang hari. Ketika Anda mengalami dehidrasi, lingkaran hitam dapat muncul di bawah mata Anda. Pastikan untuk minum setidaknya 6 sampai 8 gelas air sehari.
  • Penipisan pada kulit area mata juga bisa menyebabkan lingkaran gelap pada mata. Mencegah kerusakan pada kulit Anda. Kulit di bawah mata Anda sangat sensitif apalagi saat masa penuaan kulit dibawah mata akan lebih tipis.
  • Gunakan lotion wajah alami untuk membuat kulit Anda lebih kencang dan meremajakan kulit.
  • Sinar matahari juga dapat merusak kulit. Selalu memakai tabir surya dengan SPF minimal 20 untuk melindungi kulit Anda.
  • Selalu membersihkan sisa-sisa make up.
  • Tidur adalah penting untuk menghindari lingkaran hitam di bawah mata Anda. Pastikan untuk mendapatkan banyak tidur (kebanyakan orang membutuhkan 7-9 jam tidur per malam). Selalu pastikan untuk menghapus make-up sebelum tidur. Jika Anda tidak melakukannya, mata Anda mungkin terlihat lebih lelah di siang hari. Make-up dapat mengiritasi mata Anda saat tidur, menyebabkan cairan menggantung di bawah mata Anda.
  • Mengobati alergi hidung. Alergi dapat menyebabkan bengkak di sekitar mata Anda.
  • Batasi asupan garam, alkohol dan kafein. Makan lebih banyak sumber makanan yang mengandung antioksidan. Makanan yang ber antioksidan mengandung pigmen yang memperkuat pembuluh darah dan mencegah lingkaran hitam di bawah mata Anda. Cranberry, blueberry, bilberry, teh hijau dan hitam, bawang, kacang-kacangan, dan peterseli adalah beberapa contoh yang baik dari sumber makanan yang mengandung pigmen antioksidan.

Cara Alami Obati Flek Hitam Pada Wajah

Mentimun & Kentang
Kentang berfungsi sebagai agen pemutih untuk kulit gelap atau berpigmen dan mentimun akan menambah efek pendinginan untuk mengurangi pembengkakan. Kelapa atau minyak almond membuat kulit halus Anda pelembap untuk efek menenangkan.

Caranya
Kupas dan parut kentang dan mentimun. Campurkan dalam perbandingan jumlah yang sama dan gunakan campuran ini selama 20 sampai 25 menit pada daerah di bawah mata Anda. Bilas dengan air dingin. Ambil sedikit kelapa atau minyak almond pada ujung jari Anda dan membuat gerakan memijat melingkar ke daerah lingkaran gelap. Mulailah dengan searah jarum jam dan berlawanan arah jarum jam kemudian gerakan. Oleskan campuran ini setiap hari. Setelah 2 minggu Anda akan melihat perbedaannya dan Anda dapat mengurangi frekuensi penggunaan ramuan tersebut setiap hari sampai lingkaran gelap benar-benar hilang.

Tomat
Siapkan 1 sendok teh jus tomat segar, ½ sendok teh jus lemon, 1 sdm kunyit parut, setengah sendok teh tepung beras.

Caranya
Campur semua bahan diatas dan oles lembut di bawah mata Anda selama minimal 10 menit. Bilas dengan air dingin. Gunakan setiap hari dan Anda akan segera melihat perbedaannya.

Mint
Mint berguna untuk memudarkan lingkaran hitam di bawah mata Anda. Ini memiliki efek menenangkan dan mendinginkan.

Caranya
Hancurkan dan lembutkan daun mint dan oleskan dengan lembut di bawah daerah di bawah mata Anda. Diamkan selama (20 menit) dan bilas dengan kapas basah. Efek dingin dalam daun mint tersebut menenangkan mata yang lelah dengan segera.

Ketimun
Dengan mata tertutup, tutup kelopak mata Anda dengan irisan tipis ketimun sampai dua puluh lima menit. Proses ini akan menenangkan mata lelah Anda dan akan meningkatkan sirkulasi darah di sekitar mata. Anda juga dapat menggunakan jus mentimun di sekitar daerah mata. Peras jus dari mentimun dan mendinginkannya dalam lemari es selama satu jam atau lebih, kemudian oleskan jus di sekitar mata Anda.

Teh Hijau
Teh hijau memiliki sifat anti oksidan karena adanya polifenol, catechin, dll elemen ini membantu mengurangi lingkaran hitam pada mata. Ambil kantong teh yang telah digunakan ambil sisa teh dan oleskan pada daerah disekitar mata, diamkan selama beberapa menit dan lap menggunakan kain bersih.

Tomat Juice dan Lemon
Anda juga dapat oleskan jus tomat atau lemon kecil di sekitar daerah gelap dua atau tiga kali sehari. Berhati-hatilah saat melakukan hal ini untuk menghindari jus masuk ke dalam mata Anda.

G+

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Tips Cantik & Sehat
Artikel Terkait Dengan "Cara Mengatasi Lingkaran Gelap Pada Mata (Mata Panda) "

1 comment:

  1. Saya baru tahu kalo garam bisa membuat lingkaran hitam pada mata.

    ReplyDelete