Cara Mengatasi Stress & Menenangkan Pikiran

Cara Mengatasi Stress & Menenangkan Pikiran - Kebanyakan orang hanya memilih untuk tidur ketika mereka ingin beristirahat, tapi itu tidak benar-benar membantu pikiran Anda untuk bersantai. Sebaliknya, Anda harus belajar bagaimana menggunakan waktu luang Anda untuk manfaat kesehatan Anda. Jika Anda membersihkan pikiran Anda dengan benar, Anda tidak akan menemukan banyak gangguan ketika bekerja pada sesuatu hal yang penting. Anda juga tidak akan merasa stres ketika Anda gagal untuk melakukan sesuatu. Anda benar-benar akan belajar untuk tetap berkomitmen untuk tujuan tertentu, yang merupakan hal yang sangat penting yang selalu dibutuhkan dalam kehidupan.

Mengatasi stress secara efektif merupakan salah satu hal utama yang harus anda lakukan untuk mencegah datangnya penyakit dalam hidup anda. Hampir semua penyakit bisa ditimbulkan karena faktor stress, karena stress bisa menimbulkan perubahan perilaku, pola makan yang tidak teratur, pola hidup yang tidak sehat, menjadikan peluang untuk lari ke kebiasaan buruk semakin besar seperti merokok, meminum minuman keras, begadang, kurang istirahat dan lain sebgainya. Nah jika hal hal diatas anda lakukan maka peluang masuknya bibit penyakit ke dalam tubuh anda akan semakin besar. Ketahui penyebab stress untuk mencari solusinya.

Sebenarnya ada beberapa cara alami untuk mengatasi stress secara alami, jika anda lakukan secara teratur maka kualitas hidup anda akan lebih baik, terbebas dari segala macam pikiran yang memnganggu atau menekan serta pikiran anda akan lebih tenang untuk menghadapi segala masalah yang datang. Berikut beberapa tips mengatasi stress secara alami dan mampu membersihkan dan menenangkan pikiran anda yang kacau dan berada dalam tekananan.

Cara Mengatasi Stress & Menenangkan Pikiran

Cara Mengatasi Stress & Menenangkan Pikiran

Meditasi
Meditasi sebenarnya sudah ada berapa ratus tahun yang lalu, meditasi adalah tindakan untuk melepaskan pikiran hingga pikiran anda berada dalam titik tenang selama beberapa waktu tertentu. Meditasi adalah hal utama yang harus anda lakukan jika anda ingin mengatasi stress anda agar pikiran anda tenang. Lakukan meditasi minimal 20 menit perhari. Anda juga bisa melakukan hal sejenis meditasi seperti polah pernapasan, yoga, thai chi atau kegiatan lain untuk mengatasi stress dan menenangkan pikiran.

Olahraga Teratur
Olahraga teratur mampu membantu tubuh anda untuk melepaskan zat endorfin, yaitu suatu neurotransmitter yang bertanggung jawab untuk perasaan kegembiraan dan kepuasan. Orang-orang yang berolahraga setiap hari secara teratur menurut beberapa lembaga kesehatan memiliki tingkat kebahagiaan yang lebih tinggi daripada yang tidak melakukan olahraga. Selain itu olahraga juga bermanfaat untuk pengurangan tingkat stres. Lakukan olahraga secara teratur minimal 20 - 30 menit setiap hari untuk membantu Anda menjernihkan pikiran Anda. Dengan olahraga teratur anda akan memperoleh manfaat kesehatan agar badan tetap fit, sehat dan bugar.

Pola Makan Yang Tepat
Pikiran yang tenang membutuhkan konsentrasi tinggi, Jika Anda ingin memiliki konsentrasi harus mengurangi kopi, minuman energi, dan soda. Anda juga harus memakan makanan yang sehat dan seimbang agar nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh dapat terpenuhi, jika semua nutrisi terpenuhi maka tubuh akan melakukan fungsi semua oragan dengan lancar. Jika fungsi semua organ berjalan lancar dan tanpa gangguan atau sistem dalam tubuh anda berjalan dnegan baik maka anda dengan mudah bisa berkonsentrasi. Ingat bahwa jika Anda mengkonsumsi makanan sehat dan menenangkan pikiran, otak Anda akan sehat juga.

Belajarlah untuk Mengatakan "Tidak"
Belajar untuk mengatakan tidak juga sangat diperlukan jika menginginkan otak anda terbebas dari stress dan menginginkan pikiran anda tenang. Katakan tidak pada seseuatu yang mengarahkan anda pada kegiatan yang berpotensi merugikan kesehatan anda seperti begadang, merokok, minum-minuman keras dan sebgainya. Katakan tidak pada diri anda untuk melakukan banyak tugas yang tidak bisa anda selesaikan bersamaan, anda harus fokus 1 pekerjaan dahulu selesaikan lalu anda bisa melanjutkan pekerjaan yang lain lagi. Jika anda membiarkan pikiran anda mengatakan iya pada kegiatan yang sebenarnya tidak bisa anda lakukan bersamaan, maka pekerjaan akan menumpuk dan berpotensi membuat stress pikiran anda.

Cukup Istirahat
Jika Anda merasakan ketegangan yang sangat tinggi dalam pikiran Anda bahkan hal yang Anda sukai dapat terasa membosankan atau bahkan menimbulkan stres. Ini adalah alasan tepat mengapa Anda perlu belajar untuk cukup mengambil istirahat. Lupakan tentang musik atau makanan favorit Anda, karena hal-hal tersebut tidak akan selalu dapat membantu Anda bersantai dan melepaskan stres. Sebaliknya, hanya duduk atau berbaring, dan istirahatkan fisik dan mental anda dari segala sesuatu, termasuk berpikir.

Rileks
Jika tubuh perlu tidur untuk mengistirahatkan otot yang kelelahan setelah seharian bekerja, maka pikiran juga memerlukan istirahat seperti relaksasi atau kegiatan yang memanjakan pikiran anda. Kegiatan tersebut bisa dengan cara relaksasi otot dan pikiran, mandi berendam di air hangat, atau tidur disuasana yang hening dan penuh wewangian atua anda bisa berlibur kemanapun yang membuat pikiran anda rileks.

Fokus pada Satu Hal
Anda benar-benar dapat membantu menenangkan pikiran Anda jika Anda belajar untuk fokus pada satu hal pada suatu waktu. Dengan cara ini, Anda tidak akan kewalahan dengan berpikir tentang berapa banyak waktu yang tersisa, atau hal-hal penting lainnya yang mungkin membangkitkan Anda jauh dari tugas Anda; sehingga membuat Anda bekerja lebih efisien.

G+

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Tips Cantik & Sehat
Artikel Terkait Dengan "Cara Mengatasi Stress & Menenangkan Pikiran "

1 comment:

  1. selltiket.com menyediakan tiket pesawat, tiket kereta api dan voucher hotel dengan harga paling terjangkau
    dan jangan lupa di http://selltiket.com

    mau berbisnis dengan keuntungan tiket full langsung aja di http://selltiket.com

    ReplyDelete