Gejala Paling Umum Terjadi Pada Kanker

Posted By : Posted on - 9:56:00 AM with 1 comment
Gejala Paling Umum Terjadi Pada Kanker - Kanker atau neoplasma ganas adalah penyakit yang ditandai dengan kelainan siklus sel khas yang menimbulkan kemampuan sel untuk tumbuh tidak terkendali (pembelahan sel melebihi batas normal), menyerang jaringan biologis di dekatnya atau bermigrasi ke jaringan tubuh yang lain melalui sirkulasi darah atau sistem limfatik, yang biasa disebut disebut metastasis.

Membahas tentang penyakit kanker adalah istilah yang luas yang mencakup lebih dari seratus jenis kanker yang berbeda sebagai contoh saja kanker payudara, kanker, paru, kanker rahim, kanker kulit, kanker darah (leukimia) dan masih banyak lagi jenis kanker. Meskipun masing-masing jenis kanker memiliki karakteristik dan gejala sendiri-sendiri, ada beberapa gejala kanker yang hampir mirip terjadi pada berbagai jenis kanker.

Penting untuk dicatat bahwa beberapa jenis kanker tidak memiliki gejala apapun sampai kanker ini terdeteksi memiliki gejala yang sudah berada di stadium lanjut. Inilah sebabnya mengapa skrining kanker dan penilaian risiko sangat penting untuk pencegahan kanker dan deteksi dini untuk mengetahui gejala penyakit ini. Kita semua mengetahui kanker adalah penyakit yang berbahaya tak terkecuali kanker jenis apapun itu, dengan mengetahui gejala yang timbul secara dini dapat dilakukan tindak lanjut yang bersifat medis sehingga mampu menekan penyebaran sel kanker dan dapat dilakukan pengobatan maupun perawatan secara tepat. Berikut ini adalah gejala-gejala yang mungkin timbul yang memiliki karakteristik yang hampir sama untuk beberapa jenis kanker:


Gejala Penyakit Kanker
Setiap gejala yang mungkin timbul pada penyakit kanker umumnya memiliki karakteristik atau gejala yang tidak sama, namun setiap gajala  dini yang mungkin timbul seperti dibawah ini merupakan gejala penyakit kanker yang umum terjadi pada kanker jenis apapun:

Cepat Mengalami Kelelahan
Kelelahan adalah salah satu gejala kanker yang paling umum dialami. Hal ini biasanya lebih umum ketika kanker sudah berada di level lanjut, namun masih tetap terjadi pada tahap awal beberapa jenis kanker. Anemia umumnya suatu kondisi yang berhubungan dengan berbagai jenis kanker, terutama jenis kanker yang mempengaruhi usus.
    
Penurunan Berat Badan secara Drastis
Penurunan berat badan yang tanpa disengaja atau bukan pada proses diet tubuh merupakan awal masuknya penyakit dalam tubuh kita, termasuk kanker. Kehilangan 5 kg berat badan atau lebih dalam waktu singkat enunjukkan sesuatu yang tidak beres pada kesehatan anda dan mungkin hal itu terjadi juga pada penderita kanker, jika anda mengalaminya segera konsultasikan kepada dokter agar anda cepat mengetahui diagnosis dari dokter. Jenis penurunan berat badan dapat terjadi dengan atau tanpa kehilangan nafsu makan. Ingat, penurunan berat badan bisa menjadi gejala kanker, tetapi juga merupakan gejala dari banyak penyakit lain juga.
    
Nyeri & Sakit Yang Terus Menerus
Nyeri bukan merupakan gejala awal kanker, kecuali pada beberapa jenis kanker yang menyerang dan menyebar ke tulang. Nyeri biasanya terjadi ketika kanker menyebar dan mulai mempengaruhi organ dan saraf lainnya. Nyeri dengan frekuensi rendah dan selalu dirasakan pada organ tertentu adalah gejala kanker yang berhubungan dengan kanker contoh kanker ovarium dan kanker usus besar. Nyeri bahu juga bisa menjadi gejala kanker paru-paru. Nyeri dalam bentuk sakit kepala dapat dikaitkan dengan tumor otak (ganas dan jinak). Sakit perut dapat berhubungan dengan jenis kanker, seperti kanker perut, kanker pankreas, dan banyak lainnya. Sakit perut dapat menjadi gejala yang sangat samar-samar karena begitu banyak penyakit dapat menyebabkan sakit perut.
   
Demam Tinggi
Demam adalah gejala yang sangat non-spesifik ringan sampai kondisi parah, termasuk pada penyakit kanker. Sehubungan dengan kanker, demam yang persisten atau terus menerus atau kadang muncul kadang tidak bisa merupakan suatu sinyal stres pada sistem kekebalan tubuh. Demam yang umumnya terkait dengan jenis kanker yang mempengaruhi darah, seperti leukemia dan limfoma, tetapi juga umum pada orang yang kankernya telah menyebar.
    
Perubahan pada Usus
Jika Anda mengalami sembelit, diare, darah dalam tinja, tinja lebih tipis, atau masalah lai yang berkaitan dengan pencernaan yang terjadi secara terus menerus segera hubungi dokter Anda. Gejala-gejala ini paling sering dikaitkan dengan kanker usus besar, tetapi juga terkait dengan jenis kanker lainnya.
    
Batuk kronis
Batuk yang terjadi secara terus menerus dan kadang disertai dengan keluarnya darah. Darah dan / atau lendir dapat menyertai batuk dan dapat menyebabkan berbagai kondisi. Dalam hubungannya dengan kanker, batuk kronis dengan darah atau lendir dapat gejala kanker paru-paru.    

Perlu diingat bahwa hal ini sangat umum, gejala yang masih samar untuk gejala kanker. Jika Anda memiliki satu atau dua dari gejala-gejala ini, itu bukan berarti anda mengidap kanker tetapi merupakan indikasi untuk mengkonsultasikan masalah anda ini dengan dokter Anda untuk menjalankan tes medis tertentu. Gejala yang tercantum di atas dialami oleh kebanyakan orang dengan kanker pada berbagai tahap penyakit mereka, tetapi juga terkait dengan banyak kondisi non-kanker lainnya.

G+

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Tips Cantik & Sehat
Artikel Terkait Dengan "Gejala Paling Umum Terjadi Pada Kanker "

1 comment: