Cara Alami Meredakan Nyeri Kram Saat Menstruasi

Cara Alami Meredakan Nyeri Kram Saat Menstruasi - Apakah Anda sering merasakan kram saat siklus menstruasi? Sebagian besar wanita mengalami periode yang menyakitkan saat siklus mens seperti perut nyeri, kram pada perut, badan pegal pegal dll. Kram menstruasi juga dikenal sebagai dismenore. Ini adalah kondisi medis di perut akan terasa kaku dan sakit atau berdenyut terjadi di daerah perut dan panggul sebelum atau selama siklus menstruasi. Rasa sakit yang timbul bisa jadi berbeda antara wanita yang satu dengan yang lainnya.

Biasanya, penyebab utama kram menstruasi adalah faktor biologis. Proses penumpahan & pengeluaran darah dari lapisan internal hasil rahim dalam produksi prostaglandin, zat kimia yang menyebabkan kontraksi otot. Ketidakseimbangan hormon adalah penyebab lain, periode berat, dan nyeri. Rasa sakit juga dapat terjadi karena kekurangan gizi seperti kekurangan zat besi, zinc, vitamin, dan asam lemak omega-3 dalam diet kita sehari-hari. Kekurangan asam lemak omega-3 menghasilkan Prostaglandin F2, hormon yang menyebabkan pembekuan darah, iritasi, dan rasa sakit. Penyebab lainnya adalah hati tertekan, penyisipan perangkat intra uterine (IUD), endometriosis, radang panggul Penyakit (PID) dan polip rahim dan fibroid.

Cara Alami Meredakan Nyeri Kram Saat Menstruasi

Berikut adalah cara alami mencegah & mengatasi kram perut akibat siklus menstruasi

Konsumsi Makanan Kaya zat besi
Asupan makanan yang diperkaya zat besi membantu meminimalkan rasa sakit saat menstruasi. Aprikot kering, kacang-kacangan, hati, kuning telur, sayuran berdaun gelap (seperti bayam dan sawi), buah-buahan kering (kismis, plum), daging kalkun atau jeroan ayam dan itik, kacang-kacangan, lentil, kacang polong dan kacang kedelai, sereal dan roti, dan kerang adalah beberapa makanan yang diperkaya zat besi.

Kompres Hangat
Mengambil botol air panas dan meletakkannya di perut atau punggung bagian bawah dalam mampu mengurangi intensitas nyeri. Atau Anda bisa menggunakan handuk bersih yang dicelupkan ke dalam air panas, dan kemudian memerasnya. Letakkan di perut Anda. Anda juga mandi menggunakan air panas, tapi pastikan bahwa air mengalir di / sekitar perut dan punggung.

Minum Air Putih
Minum banyak air setiap hari. Dianjurkan untuk minum air panas untuk menenangkan otot-otot sempit dan kaku. Anda juga dapat mengkonsumsi makanan berbasis air seperti semangka, selada, mentimun, seledri dan buah seperti blueberry, raspberry, dan stroberi.

Kayu Manis
Tambahkan kayu manis dalam teh Anda, atau taburi pada roti panggang atau roti manis. Minum teh kayu manis sebelum hari atau sepanjang periode menstruasi Anda untuk meminimalkan sakit yang berdenyut-denyut.

Adas
Rempah-rempah yang berguna ini meningkatkan sirkulasi darah dalam ovarium. Caranya menghancurkan satu sendok teh biji adas dalam bentuk bubuk. Tambahkan bubuk ini untuk satu cangkir air matang, curam selama 5 menit, dan minum hangat-hangat kuku.

Daun Mint
Daun Mint dan peppermint biasanya digunakan untuk menyembuhkan kram menstruasi. Tambahkan salah satu dari mereka menjadi teh dan minum atau dua cangkir setiap hari. Selain itu, Anda dapat mencoba permen mint.

Jus Aloe Vera
Minum jus lidah buaya ditambah dengan madu bisa membantu mengurangi rasa sakit.

Jahe, Madu dan Lemon
Siapkan teh hitam dan tambahkan setengah (½) sendok jahe yang telah dihancurkan, 2 sendok teh jus lemon dan 1 sendok teh madu. Minum teh ini secara berkala sepanjang hari.

Konsumsi Buah
Konsumsi buah-buahan terutama pisang dan pepaya terbukti sangat membantu dalam mengobati kram menstruasi. Pepaya kaya akan karoten dan vitamin C dan A. Selain itu, juga mengandung beberapa jumlah kalsium dan zat besi. Buah ini mengandung 'papain,' enzim yang membantu mengatur dan mengurangi aliran darah selama periode menstruasi.

Susu
Kekurangan kalsium adalah penyebab lain dari kram menstruasi. Dengan demikian, minum segelas penuh susu hangat setiap hari.

Wortel
Umumnya wortel terkenal karena mampu meningkatkan pandangan mata kita, tetapi mereka juga terbukti sangat baik dalam mengatur menstruasi. Minum segelas penuh jus wortel selama hari-hari periode menstruasi Anda.

G+

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Tips Cantik & Sehat
Artikel Terkait Dengan "Cara Alami Meredakan Nyeri Kram Saat Menstruasi "

No comments:

Post a Comment