Gejala Lanjut Pengeroposan Tulang (Osteoporosis)

Gejala Lanjut Pengeroposan Tulang (Osteoporosis) - Osteoporosis disebut 'silent killer' karena tidak menimbulkan gejala yang spesifik pada tahap awal tulang keropos atau rapuh. Biasanya, kondisi klinis ini tanpa diketahui sampai seseorang menderita patah tulang tetapi gejala dapat muncul dalam kasus yang jarang. Dengan demikian, banyak orang yang beresiko menderita penyakit ini namun tidak menyadari perkembangan dan gejalanya. Perempuan dan laki-laki berusia di atas 50 tahun, orang-orang dengan kekurangan kalsium, dll dianggap berada pada risiko tinggi menderita osteoporosis. Untuk itulah kenapa anda disarankan untuk membangun tulang agar kuat dan sehat semenjak masih muda.

Banyak orang sering bingung osteoporosis dengan arthritis dan menunggu gejala seperti rasa sakit dan pembengkakan sendi sebelum mengkonsultasikan ke dokter. Tapi, kenyataannya adalah bahwa gejala osteoporosis terjadi ketika kondisi klinis cukup parah. Orang dengan gejala osteoporosis biasanya merasakan gejala pada tahap lanjut seperti nyeri tumpul pada otot dan tulang, yang umumnya mempengaruhi daerah punggung bagian bawah atau leher. Juga, seseorang dapat mengalami rasa sakit tiba-tiba dan dimana tulang yang telah diperlemah, rapuh maupun keropos oleh osteoporosis.


3 Gejala Paling Umum Osteoporosis

Nyeri Pada Punggung
Nyeri punggung dalam osteoporosis biasanya disebabkan oleh fraktur tulang belakang yang sangat menyakitkan. Hal ini karena tulang retak atau keropos pada tulang belakang menusuk saraf menyebar keluar dari sumsum tulang belakang secara radial. Gejala-gejala merasakan nyeri dan sakit luar biasa yang mungkin mereda dalam waktu seminggu. Rasa sakit mungkin memburuk setelah melakukan aktivitas fisik yang menempatkan tekanan pada daerah yang terkena dan belanjut selama sekitar 3 bulan.

Patah tulang
Ini adalah salah satu gejala yang paling umum dari tulang rapuh dan keropos disebabkan oleh osteoporosis. Biasanya seseorang tahu bahwa ia menderita osteoporosis hanya setelah ia telah menderita patah tulang di tulang belakang, hip, lengan, dll; ketika massa tulang yang tlah cukup banyak meng hilang. Patah tulang ini dapat terjadi sering jika daerah yang terkena menderita trauma apapun dari mengangkat, jatuh, membungkuk, dll

Postur bungkuk
Dalam beberapa kasus, fraktur daerah tulang belakang yang disebabkan oleh osteoporosis mengakibatkan postur membungkuk dari punggung atas yang menyebabkan hilangnya tinggi badan. Medis diistilahkan 'kyphosis atau punuk janda (dalam kasus yang parah), "kondisi ini biasanya tidak nyeri tetapi kehilangan tinggi bisa sampai 6 inci karena melorot atau turun ke bawah. Hal ini dapat menyebabkan rasa sakit di bagian belakang atau daerah leher dan juga dapat mempengaruhi pernapasan.

G+

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Tips Cantik & Sehat
Artikel Terkait Dengan "Gejala Lanjut Pengeroposan Tulang (Osteoporosis) "

No comments:

Post a Comment