Mengatasi Hormon Yang Tidak Seimbang Dengan Cara Alami

Mengatasi Hormon Yang Tidak Seimbang Dengan Cara Alami - Hormon adalah pembawa pesan kimia yang memainkan peran penting dalam tubuh kita betapa pentingnya menjadi jelas ketika tingkat hormon tidak seimbang. Diabetes, masalah tiroid, hipertensi dan penyakit ovarium polikistik adalah semua kondisi yang dihasilkan dari masalah dalam proporsi hormon. Pada wanita, masalah hormonal dapat menyebabkan sejumlah kondisi lain seperti perubahan suasana hati dan kehilangan nafsu makan untuk berat badan dan infertilitas.

Gejala yang paling umum dari ketidakseimbangan hormon pada wanita adalah menstruasi tidak teratur dan perubahan suasana hati yang ekstrim. Hal ini juga bisa menyebabkan endometriosis pada wanita. Pada kebanyakan kasus, ada masalah dengan kemampuan tubuh untuk menghasilkan hormon wanita estrogen dalam jumlah yang diperlukan. Berikut beberapa cara untuk memerangi masalah hormonal tersebut dengan cara yang alami.

Mengatasi Hormon Yang Tidak Seimbang Dengan Cara Alami

Pilihlah sayuran cruciferous
Sayuran seperti kubis, kembang kol, brokoli dan kol kaya akan senyawa yang disebut indole 3 carbinol. Di dalam tubuh, senyawa ini akan dimetabolisme untuk menghasilkan bahan kimia lain yang membantu untuk mengatur aktivitas estrogen. Mengkonsumsi sayuran tersebut secara teratur dapat menjadi cara mudah untuk membantu keseimbangan hormon Anda.

Asam lemak omega 3
Asam lemak omega-3 memainkan peran penting dalam menjaga fungsi normal dari hormon wanita. Studi telah menunjukkan berguna dalam menangani masalah menopause serta menurunkan risiko kelahiran prematur. Pastikan Anda mendapatkan cukup senyawa ini dengan mengkonsumsi suplemen minyak ikan atau termasuk salmon dan tuna dalam diet Anda. Edamame (kedelai hijau), kenari, almond, biji rami dan kacang-kacangan merupakan sumber vegetarian asam lemak omega-3.

Mengkonsumsi makanan yang tepat
Untuk mengatasi masalah hormonal, salah satu hal pertama yang dapat Anda lakukan adalah menyingkirkan semua makanan tidak sehat yang Anda makan. Makanan seperti roti putih, nasi putih dan kentang yang memiliki indeks glikemik tinggi sebaiknya dihindari. Ganti makanan ini dengan kacang, kacang-kacangan, beras merah dan biji-bijian dalam diet Anda. Soya, kacang-kacangan, lentil dan kacang polong merupakan sumber yang kaya senyawa yang disebut phytoestrogen yaitu suatu zat yang meniru aksi estrogen dalam tubuh dan dengan demikian, membantu dalam menjaga keseimbangan hormonal.

Konsumsi buah-buahan
Buah-buahan mengandung banyak serat dan ini membantu menyediakan massal untuk makanan Anda tanpa menambah kalori. Untuk mengatasi masalah hormonal, pilih buah-buahan sehat seperti jeruk, jeruk nipis dan anggur merah. Buah buahan ini kaya akan flavonoid zat kimia yang memiliki aksi antioksidan kuat dan membantu untuk menjaga sel-sel Anda berfungsi secara optimal.

Seiring dengan semua obat ini untuk masalah hormonal, gaya hidup sehat merupakan aspek penting dari menjaga kesehatan yang baik. Seringkali, wanita begitu terjebak dalam merawat orang di sekitar mereka bahwa mereka cenderung mengabaikan kesehatan mereka sendiri. Makanan yang terdiri dari apa yang tersisa dari menu hari itu, kurang istirahat yang cukup, tidak ada rejimen reguler untuk olahraga, stres emosional dan kurang tidur yang cukup dapat menyebabkan ketidak seimbangan hormon. Oleh karena itu, berhati-hati untuk mempertahankan gaya hidup sehat sering salah satu hal pertama yang dapat Anda lakukan untuk mulai menangani masalah hormonal.

G+

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Tips Cantik & Sehat
Artikel Terkait Dengan "Mengatasi Hormon Yang Tidak Seimbang Dengan Cara Alami "

No comments:

Post a Comment