Mengenal Istilah Endometriosis Pada Wanita

Mengenal Istilah Endometriosis Pada Wanita - Menurut wikipedia Endometriosis adalah radang yang terkait dengan hormon estradiol/estrogen berupa pertumbuhan jaringan endometrium yang disertai perambatan pembuluh darah, hingga menonjol keluar dari rahim (pertumbuhan ectopic) dan menyebabkan pelvic pain. Endometriosis dikatakan terkait dengan estrogen sebab perkembangan dan simtoma yang ditimbulkan akan hilang seiring datangnya menopause, oleh karena itu perawatan paling umum bagi penderita radang ini adalah penggunaan terapi hormonal yang menginduksi kondisi hipoestrogenik. Estrogen merupakan kelompok hormon steroid yang disekresi ovarium setelah distimulasi oleh FSH dan/atau LH yang disekresi oleh kelenjar hipofisis. Lebih lanjut sekresi FSH dan LH dihambat oleh hormon GnRH yang disekresi oleh hipotalamus.

Mengenal Istilah Endometriosis Pada Wanita

Endometriosis adalah suatu kondisi klinis yang mempengaruhi sekitar 10-15% dari perempuan selama masa reproduksi. Dalam kondisi ini, jaringan yang biasanya disebut garis dinding dalam rahim, tumbuh di luar seperti di ovarium, di belakang rahim, pada saluran tuba dan perut atau kandung kemih. Hal ini dapat menyebabkan perdarahan berat, nyeri saat menstruasi, perdarahan antara menstruasi dan faktor yang mempengaruhi fertilitas (masalah kehamilan dan berhubungan seks). Endometriosis sering terjadi pada wanita dan biasanya dimulai dengan menarche (ketika perempuan mulai memiliki periode menstruasi) dan sebagian besar tetap tidak terdiagnosis sampai usia 25 - 35 tahun (biasanya ketika perempuan berencana untuk mempunyai bayi).

Pertumbuhan ini tinggal di tubuh dan menanggapi hormon ovarium yang dihasilkan selama menstruasi, sehingga aliran darah menstruasi yang normal. Tapi seiring waktu, pertumbuhan ini bertambah besar karena akumulasi darah dan jaringan (disebut sebagai kista) menimbulkan rasa nyeri. Penyebab pasti endometriosis masih belum jelas, meskipun ada banyak teori. Tetapi telah ditemukan bahwa kejadian endometriosis lebih tinggi pada wanita dengan riwayat keluarga kondisi, uterus abnormal, sering tapi berat perdarahan menstruasi, menarche dini dan wanita yang belum pernah hamil.

Endometriosis dapat didiagnosis dengan sonografi (itu biasanya menunjukkan kista atau rahim yang membesar). Ketika datang ke pilihan pengobatan tidak ada solusi permanen untuk klinis endometriosis, tetapi ada obat-obatan dan operasi untuk menghentikan menstruasi yang memberikan bantuan sementara.

G+

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Tips Cantik & Sehat
Artikel Terkait Dengan "Mengenal Istilah Endometriosis Pada Wanita "

No comments:

Post a Comment