Faktor Yang Mempengaruhi Kesuburan (Fertilitas)

Faktor Yang Mempengaruhi Kesuburan (Fertilitas) - Apakah Anda mencoba untuk hamil selama beberapa bulan terakhir tetapi tidak berhasil? Jika Anda berada di bawah umur 35 tahun dan Anda telah mencoba untuk hamil selama beberapa bulan terakhir maka tidak ada alasan untuk gelisah atau khawatir. Yang perlu Anda lakukan adalah terus mencoba dan mengetahui informasi tentang cara mendapatkan kehamilan. Tetapi jika Anda berada di atas umur 35 tahun maka mungkin ada beberapa permasalahan mengapa anda sulit untuk hamil. Konsultasikan dengan dokter Anda untuk mendiagnosa masalah kesuburan yang mungkin Anda hadapi. Usia sangat mempengaruhi masalah kesuburan atau fertilitas, lebih lanjut lihat tabel gambar di bawah ini:

Faktor Yang Mempengaruhi Kesuburan (Fertilitas)

Para peneliti memperkirakan bahwa sebanyak satu dari sepuluh pasangan mengalami kesulitan untuk hamil. Namun itu tidak berarti bahwa Anda tidak akan memiliki bayi. Anda mungkin hanya akan mengalami beberapa masalah kesuburan yang dapat disembuhkan atau hanya masalah waktu saja. Ketahui lebih lanjut tentang kondisi yang dapat menyebabkan gangguan kesuburan dan masa subur pada wanita.

Faktor-faktor yang mempengaruhi kesuburan
Selama ovulasi berlangsung akan keluar secara alami lendir bersih, tipis dan elastis dan memiliki konsistensi yang mirip dengan putih telur. Sifat lendir ini membantu sperma pasangan Anda untuk berenang melalui vagina dan leher rahim, melalui rahim dan ke dalam tuba falopi sehingga membantu Anda hamil. Jika salah satu kondisi berikut terjadi pada Anda atau pasangan Anda, segera konsultasikan dengan dokter Anda.

Untuk wanita
  1. Rahim dilapisi dengan jaringan disebut endometrium. Ketika jaringan ini tumbuh di luar rahim, biasanya dalam organ reproduksi (ovarium, saluran telur), usus, rektum, atau kandung kemih, itu menciptakan kondisi yang disebut endometriosis.
  2. Fibroid uterus adalah tumor yang tumbuh dari jaringan otot di dalam rahim. Fibroid, juga disebut Leiomioma atau miom rahim, dapat tumbuh pada dinding rahim Anda, dalam dinding rahim Anda, atau di rongga rahim. Fibroid dapat sekecil kacang atau bisa tumbuh besar sebesar bola basket, dan hampir selalu dikategorikan jinak, tidak peduli seberapa besar bentuknya.
  3. Penyakit radang panggul
  4. Pemblokiran saluran telur dikarenakan infeksi atau pembedahan sebelumnya
  5. Penyakit menular seksual (PMS) seperti klamidia atau gonore
  6. Menstruasi yang menyakitkan atau tidak teratur
  7. Rambut wajah dan tubuh yang berlebihan
  8. Operasi panggul atau perut
  9. Penyakit kronis seperti diabetes, kanker, atau penyakit tiroid
  10. Merokok atau minum minuman keras
  11. Kelebihan berat badan

Untuk pria
  1. Infeksi virus gondok setelah pubertas
  2. Penyakit kronis seperti diabetes, kanker, atau penyakit tiroid
  3. Testis tidak turun
  4. Tumor testis, kista atau kanker, varikokel
  5. Minum obat seperti steroid atau beberapa antihipertensi
  6. Merokok produk tembakau atau ganja
  7. Mandi air panas atau sauna terlalu sering
  8. Sering berpergian jarak jauh dengan bersepeda

G+

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Tips Cantik & Sehat
Artikel Terkait Dengan "Faktor Yang Mempengaruhi Kesuburan (Fertilitas) "

No comments:

Post a Comment