Mengatasi Komedo di Wajah Secara Alami

Mengatasi Komedo di Wajah Secara Alami - Menurut situs wikipedia komedo adalah pori-pori yang tersumbat, bisa terbuka atau tertutup. Komedo yang terbuka (Blackhead), terlihat seperti pori-pori yang membesar dan menghitam. Komedo yang tertutup (whitehead) memiliki kulit yang tumbuh di atas pori-pori yang tersumbat sehingga terlihat seperti tonjolan putih kecil. Jerawat jenis komedo ini disebabkan oleh sel-sel kulit mati dan sekresi kelenjar minyak yang berlebihan pada kulit. Hampir setiap orang pasti memiliki komedo ini hanya saja terlihat secara jelas ataupun tidak.

Komedo juga bisa timbul karena jerawat ataupun masalah flek hitam di wajah, terbentuk ketika sel-sel kulit mati dan sebum blok folikel rambut. Mereka berkembang di bawah kulit dan terlihat seperti benjolan putih. Komedo, di sisi lain, adalah folikel rambut terbuka dipenuhi dengan banyak sel-sel kulit mati dan sebum yang telah berkembang karena oksidasi. Whiteheads sangat umum pada orang yang memiliki kulit berminyak. Penyebab lainnya adalah diet yang tidak sehat, stres, jerawat, merokok. Gejala tersebut mirip dengan jerawat, satunya perbedaan adalah bahwa whiteheads tidak menyakitkan.

Mengatasi Komedo di Wajah Secara Alami

Pencegahan Komedo

  • Menjaga wajah Anda bersih. Cuci dua kali dalam sehari.
  • Perbanyak minum air putih.
  • Konsumsi makanan yang sehat yang meliputi sayuran hijau segar dan buah-buahan, terutama yang kaya akan vitamin E dan A.
  • Cuci rambut Anda sehari-hari jika Anda memiliki ketombe.
  • Jauhkan tangan Anda dari wajah Anda.
  • Kunjungi dokter kulit, jika whiteheads tidak hilang setelah 8 minggu.
  • Gunakan makeup dan pondasi krim bebas minyak.
  • Bersihkan make up sebelum Anda tidur.
  • Rajin mengganti bantal anda dengan yang bersih.
  • Jangan menggosok komedo dengan tangan Anda kemuingkinan akan berkembang menjadi jerawat.
  • Hindari konsumsi makanan yang berminyak dan makanan pedas, alkohol, minuman berkarbonasi, cokelat dan kopi.
  • Hindari paparan secara langsung sinar matahari.

Mengatasi Komedo

Lemon
Oleskan jus lemon pada wajah Anda dengan bantuan bola kapas. Asam sitrat akan membuka pori-pori, dan mengeringkan kelebihan minyak.

Cuka Sari Apel
Hal ini paling baik digunakan setelah mandi uap. Menerapkan beberapa cuka pada wajah Anda dan biarkan kering. Jangan bilas.

Almond
Grind beberapa almond dan campur dengan air mawar dan beberapa sendok teh oatmeal 1 untuk membuat pasta. Oleskan pada daerah yang terkena. Setelah 15 menit, bersihkan dengan air dingin.

Gula dan Minyak Zaitun
Campur beberapa tetes minyak zaitun dan 1 sendok teh gula. Dengan bantuan dari sikat gigi lembut, oleskan ke wajah dan gosok. Terus menggosok selama 5 sampai 10 menit, dan kemudian mencucinya dengan air dingin. Gunakan obat ini seminggu sekali.

Tomat
Tomat kaya akan vitamin C dan sangat baik untuk kulit kusam. Cukup menggosok pulp dari tomat pada wajah, lebih fokus pada daerah dengan whiteheads atau komedo. Biarkan selama 5 menit dan kemudian cuci.

Susu
Cukup campurkan 2 sendok makan susu dengan sendok makan jus lemon dan 1 sendok makan garam. Aduk rata. Oleskan pada wajah dalam gerakan melingkar. Cuci dengan air. Atau, campurkan 4 sendok makan susu dan 1 sendok makan garam biasa dalam mangkuk. Pijat lembut pada wajah. Mencucinya setelah 20 menit dengan air dingin. Ulangi dua kali dalam sehari.

Kentang
Untuk membuat masker wajah, haluskan kentang mentah sedikit dan menerapkan sebagai pasta pada wajah Anda. Tunggu selama 30 menit, dan kemudian bilas.

Pasta gigi
Fluoride dalam pasta gigi dapat membantu menyembuhkan jerawat maupun komedo. Cukup oleskan pasta ke daerah yang terkena wajah, biarkan selama beberapa menit, dan kemudian mencucinya dengan air dingin.

Telur dan Madu
Putih telur membuat pori-pori kulit terbuka, dan madu bertindak sebagai pelembab. Campurkan ½ sendok teh minyak almond, 1 sendok makan yogurt organik, putih telur dan 1 sendok makan madu hangat. Aduk semua bahan dengan menggunakan garpu. Oleskan tipis-tipis pada wajah. Biarkan selama 30 menit. Gunakan air hangat untuk membilasnya.

Baking Soda
Campur baking soda dengan air dan membuat pasta tebal. Oleskan pasta ini pada wajah Anda dan biarkan sampai kering. Cuci bersih dengan air hangat.

Handuk Hangat
Celupkan handuk dalam air hangat. Kemudian, peras. Masukan handuk di wajah Anda saat Anda berbaring telentang. Ini akan membantu membuka pori-pori. Gunakan obat ini selama setidaknya 10 menit setiap hari, pada malam hari sebelum Anda tidur.

Asam Salisilat
Asam salisilat sangat efektif untuk menghilangkan bakteri di permukaan kulit. Asam salisilat tersedia dalam bentuk salep. Perlu diingat bahwa Anda harus menerapkannya hanya pada daerah yang terkena, dan tidak pada seluruh wajah.

Yogurt
Campur 3 sendok makan yogurt, 2 sendok makan oatmeal, 1 sendok makan jus lemon dan 1 sendok teh minyak zaitun. Aduk dan oleskan pada wajah dan leher. Biarkan selama 5 menit, dan kemudian mencucinya dengan air dingin.

Aloe Vera
Terapkan gel lidah buaya pada wajah setelah pembersihan rutin normal Anda. Ini akan menjaga kulit lembut dan lembab.

Teh Celup
Kosongkan setiap kantong teh yang digunakan dan mengoleskannya pada daerah di mana Anda melihat whiteheads. Lakukan ini setidaknya dua kali dalam seminggu.

G+

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Tips Cantik & Sehat
Artikel Terkait Dengan "Mengatasi Komedo di Wajah Secara Alami "

No comments:

Post a Comment