6 Kebiasaan yang Membuat Rambut Mudah Rontok

Kebiasaan yang Membuat Rambut Mudah Rontok - Sering kali kita melakukan perawatan rambut yang mahal dengan bahan yang terbaik dan branded namun seringkali kita melakukan kebiasaan kebiasaan yang bisa menyebabkan penipisan pada rambut dan pada akhirnya akan terjadi kerontokan pada rambut dan jika kerontokan rambut ini dibiarkan maka tidak menutup kemungkinan akan terjadi kebotakan rambut. Rambut rontok memang hal yang normal menurut para dermatologist namun jika terdapat banyak helai rambut rontok tidak dalam jumlah normal hal tersebut bisa menyebabkan kebotakan. Kebotakan memang seringkali terjadi pada pria namun perlu diperhatikan kemungkinan kebotakan pada wanita juga bisa saja terjadi. Nah berikut ini adalah beberapa kebiasaan yang buruk yang bisa menyebabkan terjadinya kerontokan rambut.

6 Kebiasaan yang Membuat Rambut Mudah Rontok

6 Kebiasaan yang Membuat Rambut Mudah Rontok

Sering mencuci rambut dengan air panas
Memang mandi menggunakan air panas akan membuat tubuh kita rileks dan nyaman tapi perlu diperhatikan bahwa air panas tidak baik untuk kesehatan rambut. Air panas menyebabkan dehidrasi pada rambut dan membuat rambut Anda mudah rapuh. Akan lebih baik jika anda mandi air panas namun menggunakan cup rambut untuk melindungi rambut anda dari air panas. Dan jika anda ingin mengeramasi rambut anda maka gunakanlah air dingin. Air panas bisa menyebabkan lapisan minyak alami pada rambut akan hilang dan menyebabkan rambut kering dan mudah patah.

Pengeringan & Penyisiran rambut
Perlu anda ketahui bahwa saat rambut kita basah maka saat yang paling rentan rambut untuk terjadi kerusakan rambut. Mengikat erat-erat, menyisir dan menyikat rambut basah Anda hanya melemahkan akar dan menyebabkan rambut rontok. Mengeringkan rambut dengan handuk secara berlebihan, menggosoknya bahkan memeras rambut agar cepat kering merupakan hal yang paling umum yang menjadikan rambut anda rentan terhadap kerontokan rambut. Untuk tekstur yang sehat, lebih baik rambut dibiarkan mengering secara alami.

Gaya Rambut yang tidak tepat
Tren rambut juga merupakan kebiasaan yang harus perlu diperhatikan, tren rambut seperti mengepang rambut, mengikat rambut kuat kuat hanya akan menyebabkan kerusakan pada rambut. Kepang ketat menyebabkan ketegangan pada akar dan folikel pada kulit kepala. Menarik rambut Anda terlalu ketat menyebabkan kerusakan dan karenanya, harus dihindari. Cara terbaik adalah untuk tidak menggunakan ikatan rambut yang sangat ketat saat tidur di malam hari.

Penggunaan hair dryer dan styling rambut
Kulit kepala Anda terkena panas yang tidak diinginkan setiap kali Anda menggunakan hair dryer atau alat styling panas lainnya. Panas pada kulit kepala dan rambut dalam jangka waktu lama akan menyebabkan ketombe, akar rambut rapuh serta rambut patah. Boleh saja menggunakan hairdryer maupun alat styling rambut lain namun perlu diperhatikan untuk mengatur panas yang aman bagi rambut.

Produk kimia perawatan rambut
Produk produk kimia yang paling sering digunakan adalah gel penata rambut, pewarnaan rambut. Produk produk kimia tersebut dapat melemahkan rambut sehingga rambut mudah rontok, sangat dianjurkan untuk menggunakan kondisioner alami untuk rambut yang berguna untuk menguatkan akar rambut. Saat kita sering menggunakan produk kimia pada rambut maka minyak alami untuk melumasi permukaan serta folikel rambut akan terhapus oleh bahan kimia tadi sehingga rambut lemah dari kerusakan rambut seperti terkena panas matahari. Penggunaan minyak alami utnuk rambut juga sangat dianjurkan untuk melindungi rambut dari kerusakan.

Pola makan yang tidak sehat
Kesibukan sering menjaikan anda lupa makan, atau makan tidak teratur ataupun memakan makanan siap saji atau junk food yang dirasa cepat. Sama seperti tubuh anda yang memerlukan asupan makanan sehat untuk menghasilkan energi rambut Anda juga membutuhkan nutrisi untuk kesehatan rambut seperti jumlah yang tepat protein karena rambut Anda juga terbuat dari sejenis protein. Ikan, lentil, kacang-kacangan, telur, dan lain-lain, harus menjadi bagian dari diet harian Anda karena mengandung protein yang diperlukan untuk kesehatann rambut.

G+

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Tips Cantik & Sehat
Artikel Terkait Dengan "6 Kebiasaan yang Membuat Rambut Mudah Rontok "

No comments:

Post a Comment