Bahaya Sinar UV & Tips Mengatasinya

Bahaya Sinar UV & Tips Mengatasinya - Bagi anda yang menyukai hobi traveling bepergian di wilayah panas seperti pantai, bagaimana anda melindungi kulit anda dari sinar matahari? Terik sinar matahari menyebabkan beberapa kerusakan kulit seperti kulit terbakar, mengurangi kelembapan kulit, mempercepat keriput kulit, menyebabkan flek hitam dan peningkatan risiko beberapa jenis kanker kulit. Sinar matahari sebenarnya memiliki banyak manfaat kesehatan khususnya saat matahari pagi yaitu sekitar pukul 6-10 pagi, nah selebihnya sinar matahari membawa sinar UV atau ultra violet yang menyebabkan masalah kesehatan kulit seperti yang saya sebutkan diatas.

Sinar Uv juga banyak jenisnya salah satunya adalah ultraviolet A (UVA) bisa menyebabkan penuaan dini, seperti keriput, dan bahkan dapat menyebabkan beberapa jenis kanker kulit, ultraviolet B (UVB) yang lebih kuat, lebih cepat untuk menghasilkan kulit terbakar, dan merupakan penyebab utama kanker kulit. Nah berikut adalah beberapa tips yang berguna untuk melindungi kulit anda dari kerusakan kulit yang disebabkan oleh terik sinar matahari:

Bahaya Sinar UV & Tips Mengatasinya

Tips Melindungi Kulit Dari Sinar Matahari

Tutup kulit Anda
Cara terbaik untuk menjaga kulit Anda adalah dengan melindungi kulit dari sinar matahari langsung. Saat anda harus berdiam lama dibawah sinar matahari langsung seperti saat anda dipantai, pekerja lapangan atau aktifitas yang mengharuskan anda untuk berlama lama dibawah sinar matahari gunakan topi bertepi lebar, kacamata hitam, dan pakaian pelindung sinar matahari.

Memakai Pakaian yang Nyaman
Gunakan pakaian yang mudah menyerap keringat seperti bahan kain dari katun, keringat yang berlebihan daan tidak terserap oleh pakaian bisa menyebabkan masalah kesehatan seperti bau badan, gerah dan iritasi pada kulit. Ketika Anda berenang dibawah sinar terik matahari disarankan memakai wetsuit.

Mengkonsumsi Banyak Buah
Nah jika anda memang tidak bisa terlepas dari semua kegiatan dibawah sinar matahari langsung seperti bekerja di lapangan maka sangat disarankan untuk mengkonsumsi buah buahan dan sayuran yang berwarna mencolok atau berwarna lebih terang dan minum teh hijau. Karena bahan tersebut memiliki kandungan Antioksidan tinggi yang berguna untuk membantu memperbaiki kerusakan akibat sinar matahari dan melawan radikal bebas yang berpotensi menyebabkan kanker kulit. Selain itu kandungan vitamin E nya membantu mencerahkan kulit.

Terapkan tabir surya yang efektif.
Gunakan lotion yang tinggi kandungan SPF (sun protection factor). Tidak semua tabir surya aman digunakan untuk lebih jelasnya baca dengan teliti tabir surya yang anda gunakan. Pastikan untuk menggunakan tabir surya yang mengandung mineral seperti zinc oxide dan titanium dioksida digunakan dalam blok fisik, yang menyediakan cakupan yang paling komprehensif: Bahan bahan tersebut memiliki manfaat hanya menutupi kulit dan melindungi dari sinar matahari, karena biasanya bahan kimia dalam tabir surya meresap ke dalam kulit Anda (bukannya menutup permukaan kulit) dan bisa menyebabkan resiko kanker kulit.

Minum Banyak Air Putih
Tidak dapat dipungkiri bahwa berlama lama dibawah sinar matahari akan banyak mengeluarkan cairan tubuh yang dibawa keluar melalui keringat, nah untuk mencegah kekurangan cairan dalam tubuh (dehidrasi) maka sangat disarankan untuk minum banyak air putih, hal tersebut dapat mengganti cairan tubuh yang hilang serta sangat berguna untuk kulit yaitu melembapkannya.

G+

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Tips Cantik & Sehat
Artikel Terkait Dengan "Bahaya Sinar UV & Tips Mengatasinya "

No comments:

Post a Comment