Tips Mencegah Diabetes Pada Anak

Walaupun diabetes didominasi oleh kalangan orang didewasa dibunia ini namun perlu diperhatikan juga jika jumlah penderita diabetes pada anak-anak juga teru smeningkat dari tahun ke tahun, dan hal ini merupakan keprihatinan besar. Ini menandakan kurangnya tingkat kesadaran para orang tua tentang penyakit ini pada anak -anak maupun remaja.

Sebuah laporan baru menunjukkan bahwa kenaikan jumlah anak mengembangkan penyakit ini karena sebagian besar anak-anak dengan diabetes tipe 1, yang menyumbang hingga 90 persen dari semua diabetes anak, juga meningkatnya obesitas dapat menjadi faktor risiko. Sementara tipe 1 adalah penyakit autoimun di mana anak-anak tergantung pada insulin untuk bertahan hidup, tipe 2 disebabkan resistensi insulin dan terlihat pada anak-anak obesitas dengan riwayat keluarga diabetes. Nah jadi sangat penting bagi anda orang tua untuk memperhatikan lebih jelas mengenai penyakit diabetes yang bisa menyerang pada anak anda, berikut beberapa pencegahan yang bisa dilakukan untuk mencegah anak anda menderita penyakit diabetes.

Mencegah Diabetes Pada Anak

Mencegah Diabetes Pada Anak

Pola makan yang sehat dan kurangi kadar asupan gula
Diabetes tipe 1 atau diabetes anak-anak tidak bisa dicegah, tetapi dapat dikelola dengan baik. Orang tua dapat membantu anak mereka mengurangi komplikasi akibat diabetes tipe 1 melalui mempertahankan kontrol gula darah yang baik dan diet yang sehat.

Diabetes tipe 2 dan komplikasinya dapat dicegah melalui pilihan gaya hidup sehat. Ingat perubahan kecil dapat membuat perbedaan besar, sehingga bahkan sejumlah kecil berat badan atau perubahan gaya hidup dapat membantu mengurangi risiko anak Anda.

Berikan anak-anak Anda diet sehat kaya buah-buahan, sayuran dan biji-bijian sementara membatasi jumlah makanan cepat saji atau junk foods seperti mie instan, burger, minuman bersoda dan mengandung gula berlebih. Memilih makanan yang rendah kalori dan lemak.

Aktivitas fisik
Mendorong anak-anak Anda untuk selalu berolahraga teratur atau selalu aktif. Remaja dan anak-anak setidaknya harus melakukan olahraga minimal 60 menit perhari. Batasi dan kurangi jumlah waktu yang dihabiskan dalam kegiatan tetap seperti menonton TV, bermain komputer atau video game. Ini akan membantu dalam mengurangi risiko kenaikan berat badan serta membantu mencegah timbulnya diabetes tipe 2.

Menjaga Berat badan
Obesitas dapat meningkatkan risiko penyakit. Terlepas dari berolahraga secara teratur, konsultasikan dengan ahli gizi terkait untuk membantu Anda menentukan berat badan ideal anak Anda dan jenis diet yang aman dan diperlukan untuk anak anda. Sementara anak-anak perlu cukup kalori dan nutrisi untuk pertumbuhan mereka, kenaikan berat badan yang berlebihan harus dihindari dengan mengadopsi pola makan yang sehat untuk mengurangi risiko diabetes tipe 2.

G+

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Tips Cantik & Sehat
Artikel Terkait Dengan "Tips Mencegah Diabetes Pada Anak "

No comments:

Post a Comment