Tips Mencegah Penyakit Saat Pergantian Cuaca (Musim)

Pergantian musim atau pancaroba seringkali menyebabkan seseorang mudah terkena flu dan pilek atau gangguan masalah kesehatan lain yang biasa terjadi saat perubahan cuaca atau musim. Beberapa jenis penyakit yang mudah menyerang saat pergantian cuaca seperti sakit tenggorokan (radang tenggorokan), flu, demam dan pilek dapat terjadi karena sistem kekebalan tubuh yang menurun. Jika kekebalan tubuh anda meningkat dan sistem metabolisme tubuh anda baik maka anda tidak mudah untuk terserang penyakit yang biasanya menyerang saat pergantian cuaca atau musim ini.

Berikut adalah beberapa tips alami untuk mencegah penyakit yang biasa menyerang saat musim pancaroba atau pergantian cuaca dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan metabolisme:

Tips Mencegah Penyakit Saat Pergantian Cuaca (Musim)

Tips Mencegah Penyakit Saat Pergantian Cuaca (Musim)

Jaga kebersihan
Dengan menjaga kebersihan baik tubuh, makanan, lingkungan hal itu akan mencegah bibit penyakit, bakteri atau kuman memasuki tubuh anda, pastikan anda selalu melindungi makanan anda dari debu, lalat atau kontaminasi lain yang bisa membawa bibit penyakit. Pastikan anda mencuci tangan sebelum makan, mandi minimal 2 kali sehari, menjaga kebersihan lingkungan rumah anda akan mencegah penyakit menyerang tubuh anda.

Cukup istirahat atau tidur
Ya saat anda mendapatkan istirahat yang cukup maka sistem metabolisme anda akan meningkat itu berarti sistem kekebalan tubuh juga akan meningkat, jika sistem kekebalan tubuh anda meningkat maka tubuh anda akan kuat menangkal penyakit yang menyerang tubuh anda dengan baik. Pastikan anda mendapatkan cukup istirahat dan kualitas tidur yang baik.

Hindari Kebiasaan buruk
Kebiasaan-kebiasaan buruk yang anda lakukan seperti begadang, merokok, minuman beralkohol, jorok dan kebiasaan buruk lain bisa menyebabkan tubuh anda lemah dan sistem kekebalan tubuh menurun, akibatnya tubuh anda mudah terserang penyakit apalagi saat terjadi pergantian cuaca yang ekstrim.

Perbanyak buah dan sayur
Buah dan sayur banyak mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan salah satunya adalah Vitamin C. Vitamin c merupakan vitamin ang bertindak sebagai agen antioksidan yang baik yang berguna untuk menangkal radikal bebas dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh, jadi pastikan untuk mengonsumsi banyak buah dan sayur untuk mendapatkan Vitamin C yang cukup, atau anda juga bisa mengambil multivitamin untuk memastikan kebutuhan Vitamin C anda terpenuhi. Selain buah dan sayur pastikan anda mengonsumsi makanan yang sehat dan seimbang, hindari jajan sembarangan.

Perbanyak minum air putih
Dengan mengonsumsi air putih secara cukup hal itu akan membantu membawa material berbahaya seperti racun, bahan kimia, tumpukan lemak dalam tubuh anda dan mengeluarkannya melalui keringat dan air seni. Selain hal itu dengan memperbanyak konsumsi air putih juga akan membantu mencegah tubuh anda dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh,  jadi pastikan untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh anda dengan perbanyak minum air putih minimal 8-9 gelas perhari.

Olahraga teratur
Olahraga merupakan cara yang ampuh dan efektif untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Pastikan anda selalu berolahraga minimal 30 menit tiap harinya agar sistem kekebalan tubuh anda meningkat dan sistem metabolisme tubuh berjalan dengan lancar.

G+

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Tips Cantik & Sehat
Artikel Terkait Dengan "Tips Mencegah Penyakit Saat Pergantian Cuaca (Musim) "

No comments:

Post a Comment