10 Cara Efektif Mencegah Kanker

10 Cara Efektif Mencegah Kanker - Orang pasti akan berpikir "berat" untuk mencegah kanker, membutuhkan banyak biaya bahkan waktu, padahal pencegahan kanker lebih mudah daripada yang Anda pikirkan. Dengan beberapa perubahan gaya hidup yang anda alami sekarang ini, Anda dapat secara drastis mengurangi risiko berbagai jenis kanker. Banyak faktor yang berperan dalam perkembangan kanker, tetapi kabar baiknya adalah bahwa sebagian besar dapat dihindari. Jika anda mau merubah gaya hidup anda yang tidak sehat tentu saja anda akan mendapat manfaat yang besar dalam kesehatan selain mencegah kanker.

Mencegah akan lebih baik daripada mengobati, memang sangat benar dan sangat bijak pepatah mengatakan demikian. Coba anda bayangkan seberapa berat anda mengentikan kebiasaan rokok anda, seberapa enggan anda mau berolah raga setiap hari hanya membutuhkan minimal 15 menit. Nah jika anda menganggap berat hal demikian sekarang coba anda bayangkan jika anda mengidap penyakit kanker dalam tubuh anda, seberapa besar kerugian yang anda derita, berapa besar uang yang harus anda keluarkan untuk biaya perawatan dan pengobatan. Untuk itu cegah segala hal yang mungkin akan berpotensi merugikan kesehatan anda, ketahui gejala kanker yang timbul secara dini. Berikut adalah 10 cara mencegah kanker yang terbukti efektif.

mencegah kanker
Stop merokok untuk mencegah kanker. Img credit: Pixabay.com

10 Cara Mencegah Kanker yang Terbukti Efektif

Hindari Merokok dan Paparan Asap
Merokok merupakan faktor risiko kanker yang paling signifikan. Merokok bukan hanya bertanggung jawab untuk tidak hanya kanker paru-paru, tetapi banyak jenis kanker lainnya dan berbagai masalah kesehatan. Salah satu cara terbaik untuk mencegah kanker adalah dengan berhenti merokok atau jangan pernah memulai merokok jika anda tidak merokok.  Menghindari asap rokok juga merupakan cara untuk mencegah kanker, perlu diingat perokok pasif 2 kali lebih berpeluang terkena kanker daripada perokok aktif. Asap rokok adalah asap dihembuskan dari perokok atau rokok yang menyala, pipa atau cerutu. Asap ini mengandung lebih dari 60 karsinogen. Karsinogen ini mengganggu perkembangan sel normal. Gangguan ini adalah apa yang menimbulkan perkembangan kanker.

Kenali Perubahan Kulit
Apakah Anda tahu bahwa lebih dari satu juta orang Amerika didiagnosis dengan kanker kulit setiap tahun? Kanker kulit adalah jenis yang paling umum dari kanker di kalangan pria dan wanita, dan menyumbang sekitar setengah dari semua diagnosa kanker. Kabar baiknya adalah bahwa kanker kulit adalah salah satu jenis yang paling dicegah. Langkah pertama dalam mencegah kanker kulit adalah dengan menghindari paparan sinar UV. Kita dapat melakukan ini dengan memakai tabir surya, menghindari tengah hari matahari, memakai pakaian pelindung ketika di luar rumah.

Perbanyak Konsumsi Buah dan Sayuran
Konsumsi makanan yang sehat dan seimbang adalah hal yang menguntungkan karena berbagai alasan. Memperbanyak konsumsi buah-buahan dan sayuran sangat mengurangi resiko terkena kanker dan kondisi gangguan kesehatan lainnya. Buah-buahan dan sayuran mengandung antioksidan, yang membantu memperbaiki sel-sel yang rusak. Buah atau sayur yang memiliki warna Hijau, oranye dan kuning adalah buah dan sayur terbaik untuk membantu mencegah kanker. Studi juga menunjukkan bahwa buah-buahan gelap, seperti blueberry dan anggur, juga mungkin memiliki sifat anti-kanker. Sayuran seperti brokoli, kubis dan kembang kol mencegah kanker, menurut sejumlah penelitian. 

Kurangi Konsumsi Daging Merah dan Lemak Hewan
Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa diet tinggi lemak hewani meningkatkan risiko untuk beberapa jenis kanker, terutama kanker usus besar. Daging merah mengandung lebih banyak lemak daripada unggas dan ikan, sehingga sangat dianjurkan untuk mengurangi jumlah daging merah dalam diet Anda dapat membantu untuk mencegah kanker. Diet tinggi lemak juga merupakan penyebab utama obesitas, yang merupakan faktor risiko berbagai jenis kanker.

Batasi Asupan alkohol Anda
Minum minuman beralkohol meningkatkan faktor risiko Anda untuk berbagai jenis kanker. Studi menunjukkan bahwa pria yang mengkonsumsi 2 minuman beralkohol per hari dan wanita yang memiliki 1 minuman beralkohol per hari secara signifikan meningkatkan faktor risiko untuk beberapa jenis kanker.

Olahraga Pencegahan Kanker
Apakah Anda tahu bahwa ketika Anda berolahraga, Anda mengurangi risiko Anda untuk berbagai jenis kanker? American Cancer Society merekomendasikan berolahraga 30 menit atau, setidaknya 5 hari seminggu untuk pencegahan kanker. Berolahraga tidak harus berarti pergi ke gym untuk mengangkat beban. Ada banyak cara untuk mendapatkan latihan ke dalam hari Anda seperti joging, jalan jalan di taman pada pagi hari, senam dan olahraga lainnya.

Mengetahui Sejarah Medis Keluarga
Mengetahui sejarah medis keluarga penderita kanker penting untuk menilai faktor risiko untuk beberapa jenis kanker. Kita tahu bahwa kanker seperti payudara, usus besar, ovarium, dan mungkin jenis lainnya dapat terjadi secara turun-temurun. Jika Anda tahu bahwa jenis kanker tertentu pernah terjadi di dalam keluarga Anda, biarkan dokter Anda tahu. Bersama-sama, Anda dapat menentukan rencana penyaringan yang tepat dan menilai risiko Anda. Tes genetik dan konseling tersedia dan dapat direkomendasikan berdasarkan riwayat kesehatan keluarga Anda.

Ketahui Lingkungan Kerja Anda
Radiasi atau gas dari bahan-bahan Kimia di tempat kerja dapat meningkatkan resiko terkena berbagai jenis kanker, termasuk kanker ginjal dan kanker kandung kemih. Jika Anda terkena asap, debu, bahan kimia, dll di tempat kerja, Anda memiliki hak hukum untuk tahu resiko kesehatan apa yang mungkin Anda terima. Bensin, diesel knalpot, arsenik, berilium, vinil klorida, kromat nikel, batu bara, gas mustard, dan eter klorometil semua karsinogen dan dapat ditemukan di beberapa lingkungan kerja.

Melakukan Hubungan Intim dengan Aman
Anda mungkin bertanya-tanya apa hubungan antara berhubungan intim dengan kanker. Seks yang tidak aman dapat mengakibatkan infeksi pada human papillomairus (HPV), penyebab umum dari kanker serviks dan faktor risiko untuk berbagai jenis kanker. HPV adalah infeksi menular seksual umum yang menyebar melalui seksual, kontak kulit ke kulit. Vaksin, Gardasil, untuk mencegah HPV telah disetujui oleh FDA pada tahun 2006 dan melindungi terhadap empat strain HPV yang terkait dengan kanker serviks dan jenis lainnya. HIV / AIDS juga berhubungan dengan beberapa jenis kanker.

Tes Skrinning dan Konsultasi Dokter Secara Teratur
Tes skrining kanker dapat berguna tidak hanya dalam mendeteksi kanker, tetapi juga membantu mencegahnya. Tes skrining seperti kolonoskopi dan Pap smear dapat mendeteksi perubahan sel yang abnormal sebelum mereka berubah menjadi kanker. Kunci untuk keefektivitasan ini adalah dilakukan secara teratur. Tes skrining kanker lain yang tersedia dan mungkin berguna untuk deteksi dini, tetapi belum tentu pencegahan kanker. Kanker prostat skrining melalui ujian rektal digital dan tes PSA dapat membantu mendeteksi kanker prostat dini. Mammogram dan alat-alat pencitraan lainnya juga dianjurkan untuk mendeteksi kanker payudara pada wanita.

G+

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Tips Cantik & Sehat
Artikel Terkait Dengan "10 Cara Efektif Mencegah Kanker "

No comments:

Post a Comment