Mencegah Tekanan Darah Tinggi (Hypertensi)

Mencegah Tekanan Darah Tinggi (Hypertensi) - Tekanan darah tinggi merupakan penyakit yang termasuk dalam penyakit dengan jumlah kematian terbesar di dunia. Meskipun tekanan darah tinggi mungkin tidak memiliki gejala yang spesifik namun merupakan kondisi yang sangat serius yang memberikan kontribusi besar kematian jutaan orang setiap tahun. Jika tekanan darah Anda lebih besar dari 140/90 mmHg, Anda berada pada risiko tinggi untuk mengidap penyakit serius seperti stroke, serangan jantung, gagal ginjal, dll. Anda dapat menjaga tekanan darah terkendali dengan membuat beberapa perubahan gaya hidup Anda.

Bahkan, dengan beralih ke rutinitas sehat, Anda mungkin bahkan dapat menghindari kebutuhan obat-obatan kimia untuk perawatan  tekanan darah tinggi ini, anda bisa menggunakan metode alami mengatasi tekanan darah tinggi. Berikut adalah beberapa perubahan gaya hidup, tidak peduli berapa usia Anda, yang akan membantu menjaga tekanan darah terkendali dan terkontrol.

Mencegah Tekanan Darah Tinggi (Hypertensi)

Mencegah Tekanan Darah Tinggi (Hypertensi)



Berolahraga Teratur
Siapapun yang bertanya langkah apa pengobatan suatu penyakit atau pertanyaan langkah apa yang harus dilakukan untuk mencegah timbulnya suatu penyakit? Dari setiap opsi pilihan yang dijawab oleh dokter maupun pakar kesehatan lainnya adalah olah raga. Olahraga merupakan obat dari segala macam penyakit serta pencegah dari segala macam penyakit. Berolahraga secara teratur akan membantu secara substansial menurunkan tekanan darah Anda. Bahkan jalan cepat selama 30 sampai 60 menit setiap hari bisa menunjukkan pengaruh yang besar. Dengan berolahraga secara teratur, Anda bisa mengurangi risiko terkena hipertensi.

Mengurangi Konsumsi Sodium
Sodium adalah salah satu penyebab utama tekanan darah tinggi. Mengurangi jumlah sodium yang Anda konsumsi akan memiliki dampak positif pada kesehatan Anda, bahkan jika ada riwayat keluarga tekanan darah tinggi. Hindari makanan kemasan dan olahan seperti bacon, chicken nugget beku dan kentang goreng. Cobalah mengganti garam dengan bumbu dan rempah-rempah seperti kapur, merica, bawang putih, dll Mencatat jumlah natrium yang Anda konsumsi dalam sehari. Jika memungkinkan, carilah versi rendah sodium dari makanan yang Anda biasanya beli.

Hindari Pikiran Stress
Mengurangi stres adalah cara yang bagus untuk mengontrol tekanan darah. Mengetahui penyebab stres Anda, seperti keluarga, pekerjaan atau keuangan, dan memikirkan cara-cara di mana Anda dapat mengurangi tingkat stres Anda. Mengurangi jumlah waktu yang Anda habiskan di kantor dapat membantu mengurangi hipertensi. Bekerja terlalu banyak juga membuat sulit untuk mengikuti diet sehat dan olahraga. Jika Anda tidak dapat menghilangkan stres Anda, belajar untuk mengatasi hal itu dengan meditasi, belajar latihan pernapasan, dll. Anda juga dapat mempertimbangkan konseling profesional atau mengkonsumsi makanan yang mengandung penenang alami untuk menghindari stress.

Hindari Rokok
Nikotin dalam produk tembakau secara signifikan dapat meningkatkan tekanan darah selama lebih dari satu jam setelah merokok. Jika Anda seorang perokok, tekanan darah Anda terus-menerus akan sampai sepanjang hari, menempatkan Anda pada risiko lebih tinggi mengalami serangan jantung atau stroke. Selain berhenti merokok Anda juga harus tinggal jauh dari orang lain yang merokok. Asap rokok, atau perokok pasif, dapat meningkatkan tekanan darah juga.

Batasi Konsumsi Alkohol
Konsumsi alkohol dapat baik dan buruk untuk kesehatan Anda. Meskipun jumlah kecil dapat membantu mengurangi tekanan darah, efek perlindungan hilang jika Anda minum terlalu banyak. Jika Anda biasanya tidak minum alkohol, Anda tidak harus mulai minum hanya untuk menurunkan tekanan darah Anda. Potensi kerugian sangat jauh melebihi potensi manfaat. Jika Anda seorang peminum berat, tiba-tiba berhenti dapat menyebabkan tekanan darah sangat tinggi. Dengan bantuan dari dokter Anda, hilangkan kebiasaan minum minuman keras anda.

G+

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Tips Cantik & Sehat
Artikel Terkait Dengan "Mencegah Tekanan Darah Tinggi (Hypertensi) "

No comments:

Post a Comment