Tips Mengatasi Letih, Lesu, Lemas & Malas

Tips Mengatasi Letih, Lesu, Lemas & Malas - Umumnya kemalasan yang disebabkan badan lemas dapat didefinisikan sebagai kurangnya energi atau merasa lesu atau lelah. Malas disebabkan lesu letih ataupun badan lemas membuat Anda begitu lamban dan mengantuk sehingga menjadi sulit bagi Anda untuk melakukan kegiatan sehari-hari Anda. Beberapa gejala lain dari kelemahan melibatkan hilangnya nafsu makan, keringat berlebihan, sulit tidur dan kurangnya konsentrasi. Ada beberapa faktor malas karena badan lemas ini seperti kurangnya nutrisi penting, sistem kekebalan tubuh lemah, tidur tidak lengkap, asupan alkohol yang berlebihan, merokok, stres emosional, melewatkan makan, dan terlalu banyak pekerjaan fisik dan perubahan drastis dalam gaya hidup.

Beberapa cara dapat dilakukan untuk mencegahnya seperti dibawah ini:
  1. Tidur setidaknya 6-8 jam.
  2. Ambil istirahat dari rutinitas sehari-hari, jika merasa sangat lemah.
  3. Makan jumlah yang tepat dari makanan.
  4. Mandi hangat sebelum tidur atau setelah bekerja dapat membuat Anda merasa santai dan segar.
  5. Sarapan adalah makan yang paling penting jadi pernah pernah lewatkan sarapan.
  6. Hindari merokok, kafein, alkohol dan tembakau dan obat-obatan terlarang.
  7. Hindari paparan sinar matahari dan lingkungan yang panas.
Tips Mengatasi Letih, Lesu, Lemas & Malas

Berikut adalah beberapa cara alami sederhana yang dapat membuat Anda merasa lebih energik dan fit.

Olahraga
Olahraga teratur dan aktivitas fisik sederhana memperkuat stamina Anda dan meningkatkan kekuatan otot Anda. Waktu pagi adalah yang terbaik untuk latihan. Lakukan peregangan selama 15 menit akan membuat Anda segar dan energik. Yoga dan meditasi juga merupakan cara yang bagus untuk menjaga tingkat energi Anda tinggi.

Air Putih
Dehidrasi dapat menyebabkan kelelahan, jadi minum banyak air, jus, susu, atau minuman cair lain, agar tetap terhidrasi. Vitamin A, C, dan B1 dalam jus buah energi Anda. Dehidrasi dapat menyebabkan bau mulut dan masalah kesehatan lainnya.

Mangga
Karena buah yang berair ini adalah sumber yang baik dari antioksidan, mineral, vitamin dan serat makanan, juga menjamin kesehatan yang optimal. Zat besi dalam kandungan mangga memungkinkan seseorang untuk mengatasi anemia. Pati di mangga memberikan energi instan pengganti gula.

Kopi
Konsumsi kopi dalam jumlah moderat ataui sesuai anjuran membuat Anda aktif dan energik sepanjang hari. Ini mempercepat daya tahan dan meningkatkan laju metabolisme. Catatan: Pengambilan lebih dari 2 cangkir kopi, dalam sehari, meningkatkan risiko insomnia dan kecemasan.

Telur
Telur yang diperkaya dalam riboflavin, asam folat, vitamin A, zat besi dan protein. Siapkan telur dalam sarapan adalah awal yang sempurna dari hari yang sehat. Anda dapat memasukkan sandwich telur, sayuran hijau, telur dadar dengan keju atau telur rebus dalam diet biasa Anda.

Teh Herbal
Secangkir teh herbal mampu menenangkan pikiran dan menyediakan Anda dengan nutrisi dan rasa ekstra. Teh herbal yang terbuat dari kemangi, madu dan jus lemon dapat secara efektif meminimalkan gejala kelemahan. Cukup merebus 10 daun kemangi dalam secangkir air. Biarkan mendidih selama beberapa menit, lalu, saring. Tambahkan lemon dan madu untuk rasa.

Ginseng
Ginseng merupakan antioksidan kuat yang memberikan Anda energi setiap kali Anda merasa lelah. Tanaman ini telah dikenal selama berabad-abad. Ginseng memiliki sifat menenangkan dan meredakan saraf Anda langsung. Potong irisan tipis akar ginseng. Kemudian, rebus 8 sampai 10 irisan dalam 3 gelas air, selama 15 menit dengan api sedang. Saring larutan, tambahkan sedikit madu dan biarkan hingga dingin. Minum 1-3 cangkir teh ginseng setiap hari. Catatan - Obat ini tidak dianjurkan untuk orang yang menderita tekanan darah tinggi.

Gingko Biloba
Ini adalah yang terbaik obat herbal yang menyembuhkan kelelahan, letih, lesu, energi rendah dan kelemahan. Hal ini juga meningkatkan sirkulasi darah dan merevitalisasi tubuh Anda. Anda dapat menambahkan bubuk Ginkgo biloba untuk yogurt, smoothies, atau bisa memadukannya dengan makanan super lainnya, untuk hasil yang lebih baik. Catatan - Jika Anda sedang menderita suatu penyakit dan dalam masa perawatan obat lainnya, berkonsultasi dengan dokter sebelum mengkonsumsi ini.

Pisang
Pisang mengandung gula alami seperti glukosa, sukrosa dan fruktosa yang memberikan efek cepat meningkatkan energi. Pisang memiliki jumlah tinggi kalium yang mengubah gula menjadi energi. Setiap kali Anda merasa lemah, makan satu atau dua buah pisang. Anda juga dapat mencoba banana shake atau smoothie.

Susu
Susu merupakan sumber yang kaya vitamin B yang mengurangi kelemasan. Ini juga merupakan sumber kalsium yang baik yang membuat tulang Anda kuat dan makanan alami pencegah osteoporosis. Setiap kali Anda merasa lesu, minum secangkir susu hangat dengan satu sendok teh madu di dalamnya. Atau, Anda juga dapat menambahkan 1 sendok teh bubuk licorice dalam susu hangat. Minum dua kali dalam sehari. Catatan: Konsultasikan dengan dokter Anda sebelum mengambil licorice, secara teratur, karena dapat meningkatkan tekanan darah pada beberapa orang.

Stroberi
Asupan dalam bentuk jus, atau makan secara langsung atau menggabungkan dengan buah-buahan lainnya, stroberi menyediakan Anda dengan besar energik. Hal ini meningkatkan jaringan imunitas dan perbaikan tubuh.

Almond
Almond diperkaya dengan vitamin E dan magnesium yang membuat Anda merasa energik. Almond termasuk buah-buahan kering yang membatu mengkonversi lemak, protein, dan karbohidrat menjadi energi. Setiap hari rendam 2 almond dalam air semalam. Di pagi hari, bersihkan kulit almond, dan memakannya. Anda juga bisa makan almond panggang, setiap kali Anda merasa lelah. Sejumlah kacang-kacangan seperti kenari, kismis, dll, merupakan sumber yang kaya asam lemak omega-3 dan melepaskan energi dengan cepat. Gula alami dalam kacang-kacangan ini membuat Anda fit sepanjang hari.
    
Akupresur
Ini adalah terapi sentuhan yang menggunakan tekanan pada beberapa titik-titik tubuh tertentu untuk menghidupkan kembali titik titik tubuh yang lemah. Menempatkan tekanan pada titik-titik di antara alis mata, otot bahu 1-2 inci dari sisi leher yang lebih rendah, di bawah tempurung lutut, di bagian luar dari dada, tiga jari di bawah pusar, dll, dapat meringankan umum kelemahan.

Bawang Putih
Bawang putih memiliki sifat zat dan anti-inflamasi yang memperbaiki sistem kekebalan tubuh lemah. Jika anda merasa letih anda bisa mengkonsumsi bawang putih mentah siung setiap hari.

G+

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Tips Cantik & Sehat
Artikel Terkait Dengan "Tips Mengatasi Letih, Lesu, Lemas & Malas "

No comments:

Post a Comment