10 Makanan Penurun Berat Badan

10 Makanan Penurun Berat Badan - Keberhasilan program penurunan berat badan anda tergantung beberapa faktor yang menentukan, salah satunya adalah asupan makanan yang menyediakan cukup kalori yang diperlukan untuk beraktifitas maupun bekerja dan tidak ada kelebihan kalori yang dapat disimpan dalam tubuh sebagai lemak. Oleh karena itu diperlukan pola makan bergizi dan seimbang yang mencakup kuantitas yang diperlukan seperti karbohidrat, protein, vitamin, mineral, dan lemak esensial. Dengan demikian anda bisa menurunkan berat badan dengan cara aman.

Rencana diet dengan mengubah dan mengurangi pola makan secara drastis hanya akan membuat Anda terlihat lesu dan kurang gizi. Penurunan berat badan harus mengandung makanan yang akan meningkatkan tingkat metabolisme tubuh dan pada saat yang sama menambahkan sedikit kalori. Nah berikut ini beberapa jenis makanan bukan hanya mampu menurunkan berat badan anda namun tetap memberikan cukup kalori dan karbohidrat yang diubah menjadi tenaga untuk beraktifitas, jadi anda tetap memiliki tenaga yang kuat namun sekaligus anda juga mampu menurunkan berat badan anda secara tepat. Baca juga tips menjaga berat badan selama kehamilan.

10 Makanan Penurun Berat Badan

10 Jenis Makanan Penurun Berat Badan

Mentimun
Ada berbagai varietas mentimun yang tersedia di Indonesia yang sangat baik untuk diet penurunan berat badan. Mereka kaya akan kandungan air dan memiliki kalori sangat rendah di dalamnya. Mereka membantu untuk mengisi perut Anda tanpa menambahkan kalori ekstra dalam makanan.

Bawang putih
Bawang putih harus dimasukkan dalam diet penurunan berat badan karena kandungan dalam bawang putih mengurangi nafsu makan. Hal ini juga mengurangi kolesterol dalam tubuh dan membantu untuk mempertahankan tingkat gula darah. Bawang putih sangat efektif dalam mencegah penyakit jantung dan kanker.

Gandum
Seluruh biji-bijian kaya serat dan rendah lemak. Seluruh biji-bijian mengandung protein, mineral, vitamin, antioksidan dan fitokimia yang diperlukan untuk menjaga kesehatan yang baik dan salah satunya adalah gandum.

Biji-bijian
Kacang-kacangan seperti kacang almond dan biji seperti biji labu dan biji rami membantu mengurangi kolesterol jahat dan meningkatkan tingkat kolesterol baik. Mereka kaya akan omega tiga asam lemak.

Ikan
Jika Anda adalah seorang non-vegetarian, Anda dapat menyertakan ikan dalam diet Anda 2-3 hari seminggu. Mereka adalah sumber yang sangat baik dari protein dan asam lemak omega 3. Untuk mencapai penurunan berat badan, hindari penggunaan ikan goreng. Sarden, ikan teri, ikan tuna, mackerel dll merupakan pilihan yang terbaik.

Buah dan Sayur Rendah Kalori
Terlepas dari hal diatas, Anda juga dapat menggunakan berbagai sayuran rendah kalori dan buah-buahan dalam diet anda untuk menurunkan berat badan. Sayuran seperti paprika, kubis, jamur, bawang dan tomat memiliki kalori yang sangat rendah. Buah rendah kalori untuk menurunkan berat badan termasuk lemon, anggur, apel, pir, jeruk, plum, stroberi, semangka, dll

Rempah-rempah Sehat
Rempah-rempah juga berkontribusi terhadap penurunan berat badan sampai batas tertentu. Anda dapat memasukkan kayu manis, cengkeh, biji jintan, jahe, biji mustard, kunyit dan lada hitam dalam berbagai olahan makanan untuk menurunkan berat badan. Baca juga 9 jenis rempah penurun berat badan.

Beras Merah
Sebagian besar orang Indonesia mengonsumsi nasi putih sebagai makanan pokok dan nasi putih merupakan sumber kaya karbohidrat. Beras merah memiliki nilai gizi dan memiliki indeks glikemik lebih rendah dari nasi putih. Beras merah memiliki lebih banyak serat dan membuat Anda merasa kenyang bahkan ketika Anda sedikit mengurangi asupan makan.

Kacang kacangan
Kacang dan lentil kaya protein dan makanan penurunan berat badan. Kedelai, kacang hitam, dll memberikan perasaan kenyang dan mengurangi rasa lapar saat diet. Serat larut dalam makanan ini membantu mengurangi trigliserida dan kolesterol dalam tubuh. Sehingga jenis makanan ini dapat digunakan sebagai makanan ringan untuk menjaga berat badan ideal.

Sayur Bayam & Hijauan
Ada berbagai varietas sayuran berdaun hijau yang digunakan untuk penurunan berat badan seperti bayam, daun fenugreek, daun colocacia, daun sawi, dll dengan mudah tersedia dan mengandung serat dan folat. Mereka kaya akan kandungan air dan memiliki kalori sangat rendah bila dikonsumsi. Hijau pada daun ini akan meningkatkan pencernaan dan tingkat metabolisme. Brokoli, kubis dan selada juga dianggap sebagai sayuran yang terbaik makanan penurunan berat badan.

G+

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Tips Cantik & Sehat
Artikel Terkait Dengan "10 Makanan Penurun Berat Badan "

No comments:

Post a Comment