6 Cara Efektif Meningkatkan Sistem Imun

Meningkatkan Sistem Imun - Sebelum membahas lebih lanjut tentang sistem kekebalan tubuh ada baiknya anda mengerti fungsi dan pengertian kekebalan tubuh. Sistem kekebalan tubuh adalah mekanisme perlindungan tubuh kita yang melindungi tubuh kita terhadap mikroba, bakteri, parasit, racun dan virus yang menyerang tubuh kita dan membedakan mereka dari jaringan sehat tubuh sendiri. Komponen utama dari sistem kekebalan tubuh adalah limpa dan kelenjar getah bening. Limpa adalah organ limfatik terbesar dalam tubuh, dan mengandung sel-sel darah putih yang membantu melawan penyakit atau infeksi.

Limpa memainkan peran yang sangat penting dalam mengendalikan jumlah darah dalam tubuh dan juga membantu untuk membuang sel-sel darah tua atau rusak. Limfatik memproduksi dan menyimpan sel-sel yang berperan penting dalam melawan penyakit dan infeksi, dan juga merupakan bagian dari sistem limfatik. Getah bening adalah cairan bening yang juga hadir dalam kelenjar getah bening, dan cairan membawa sel-sel ke berbagai bagian tubuh.

Dengan sistem kekebalan tubuh yang kuat kita tidak mudah terserang berbagai macam penyakit dan kita juga tidak mudah sakit jika cuaca atau lingkungan berubah. Penyakit yang seringkali datang saat cuaca berubah adalah flu, batuk, pusing, demam dll.

6 Cara Efektif Meningkatkan Sistem Imun

Cara untuk Meningkatkan sistem kekebalan
Untuk berfungsi dengan baik, sistem kekebalan akan menjadi kuat jika kita menerapkan pola hidup yang sehat. Menurut peneliti, faktor-faktor tertentu seperti olahraga, diet, stres psikologis, usia dan suplemen herbal mempengaruhi daya kekebalan tubuh kita.

Hindari stres
Ketika pikiran kita dalam tekanan dan ketegangan, kelenjar adrenal kita akan mengurangi produksi epinefrin dan kortisol. Epinefrin adalah hormon dan neurotransmitter yang disekresikan oleh medula dari kelenjar adrenal. Kortisol adalah hormon steroid yang berperan penting dalam metabolisme dan respon imun. Ini juga memiliki peran yang sangat penting dalam membantu tubuh untuk merespon (kefokusan). Stres psikologis menurunkan kekuatan sistem kekebalan tubuh kita, dan meningkatkan risiko flu biasa dan virus lainnya. Sistem kekebalan reaktif Hyper adalah hasil dari stres kronis, dan juga meningkatkan kemungkinan alergi, penyakit autoimun dan asma. Hal ini telah dibuktikan bahwa praktek meditasi menghasilkan perubahan positif dalam sistem kekebalan tubuh. Terapi Musik bertindak sebagai media yang sangat efektif untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan memulihkan kita dari aktifitas sehari-hari. Baca juga tips mengatasi stres.

Hubungan intim
Hubungan intim seksual adalah salah satu cara yang paling terkenal untuk meningkatkan sistem kekebalan. Menurut sejumlah penelitian berhubungan intim secara teratur menurunkan risiko pilek, dan melindungi tubuh kita terhadap kuman, virus dan bakteri jahat penyusup lainnya. Telah terbukti bahwa pasangan suami istri yang berhubungan seks sekali atau dua kali seminggu memiliki tingkat yang lebih tinggi dari antibodi dibandingkan dengan mereka yang berhubungan seks lebih jarang. Seks membantu untuk meningkatkan denyut jantung kita, membakar kalori dan memperkuat otot-otot kita. Oleh karena itu bertindak sebagai salah satu pendorong kekebalan paling terkenal. Orang-orang yang berhubungan seks sekali atau dua kali seminggu memiliki tingkat yang lebih tinggi imunoglobulin A. Hal ini akan melindungi lini tubuh kita yang melawan organisme jahat. Penting untuk dicatat bahwa hal ini disarankan bagi pasangan suami istri maupun pasangan yang serius tidak disarankan bagi pasangan pranikah. Karena melakukan seks bebas pranikah maupun gonta ganti pasangan akan menyebabkan banyak kerugian kesehatan daripada manfaatnya seperti masalah emosional, penyakit kelamin seperti HIV, kehamilan yang belum saatnya dan masalah kesehatan lainnya.

Tidur nyenyak
Tidur adalah kondisi pikiran dan tubuh seperti apa yang biasanya berulang selama beberapa jam setiap malam, di mana sistem saraf relatif tidak aktif, mata tertutup, otot-otot postural santai dan kesadaran praktis ditangguhkan. Kurang tidur kronis meningkatkan risiko flu biasa, juga mengangkat bahan kimia inflamasi dan menghasilkan respon stres dan menekan fungsi kekebalan tubuh. Telah terbukti bahwa orang-orang yang tidur kurang dari tujuh jam tiga kali lebih mungkin untuk menderita flu daripada orang-orang yang tidur delapan jam atau lebih.

Hindari produk tembakau
Nikotin merupakan obat yang membuat kecanduan pada produk tembakau seperti pada rokok yang dapat membuat Anda cemas, gelisah, depresi, dan murung setelah merokok. Tembakau adalah salah satu alasan paling terkenal dari gusi berdarah, kanker mulut dan tenggorokan. Merokok meningkatkan denyut jantung dan tekanan darah dan menyebabkan serangan jantung dan penyakit jantung. Hal ini juga yang menyebabkan kesulitan bernapas karena merokok merusak paru-paru. Kurang darah dan oksigen mengalir ke otot-otot Anda, dan itu adalah salah satu alasan terjadi keriput, kulit kering dan kusam. Merokok meningkatkan risiko infeksi pernapasan seperti pneumonia, bronkitis, pilek, infeksi telinga tengah dan sinusitis.

Olahraga
Aktivitas fisik mengurangi kemungkinan flu atau penyakit lainnya dengan mengusir bakteri keluar dari paru-paru dan juga membantu untuk flush karsinogen, sel-sel kanker yang menyebabkan dengan meningkatkan output limbah seperti urin dan keringat, dengan demikian tubuh akan lebih fit dan sehat. Sel-sel darah putih adalah sel-sel mempertahankan tubuh kita. Olahraga akan menghasilkan sel darah putih dan antibodi melalui tubuh lebih cepat. Mereka bisa mendeteksi penyakit pada kecepatan yang lebih tinggi. Peningkatan tingkat sirkulasi darah meningkatkan pelepasan hormon yang memperingatkan sel kekebalan mengganggu bakteri atau virus. Olahraga juga memperlambat pelepasan hormon stres terkait yang menyebabkan penyakit. Peningkatan sementara suhu tubuh mencegah pertumbuhan bakteri, dan membantu tubuh kita untuk melawan infeksi yang lebih efektif.

Konsumsi suplemen dan vitamin
Sistem kekebalan tubuh yang kuat membutuhkan makanan yang baik dan teratur, dan gizi buruk adalah alasan utama bagi banyak penyakit. Selenium dan Vitamin mencegah kanker prostat. Orang dengan kadar selenium yang rendah memiliki risiko yang lebih besar dari kanker payudara, usus besar, kandung kemih, prostat, paru-paru dan kanker rektum. Kekurangan vitamin A berhubungan dengan kekebalan rendah dan peningkatan risiko penyakit menular seperti Vitamin A membantu menjaga permukaan mukosa dengan mempengaruhi subkategori tertentu sel T dan sel B dan sitokin. Sinar matahari merupakan salah satu sumber utama vitamin D. Orang-orang yang terkena TBC merespon dengan baik terhadap sinar matahari. Pengaruh sinar matahari pada kulit memulai respon antimikroba terhadap bakteri yang bertanggung jawab untuk TB, Mycobacterium tuberculosis. Baca juga jenis makanan peningkat sistem imun.

G+

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Tips Cantik & Sehat
Artikel Terkait Dengan "6 Cara Efektif Meningkatkan Sistem Imun "

No comments:

Post a Comment