9 Jenis Makanan Yang Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Jenis Makanan Yang Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh - Rutinitas keseharian kita terkadang membuat hidup kita menjadi tidak sehat seperti banyaknya pekerjaan, stress, kurang berolahraga, pola makan yang tidak sehat dan teratur dll. Sehingga sistem imun atau sistem alami kekebalan tubuh kita jadi berkurang atau tidak bekerja secara normal sehingga disaat faktor yang mempengaruhi datangnya penyakit seperti kelelahan, cuaca berubah atau perubahan iklim kita mudah sakit.

Penyakit yang sering datang ketika perubahan cuaca seperti batuk, masuk angin, demam sering tidak dapat dihindarkan karena daya tuahan tubuh kita melemah atau menurun. Nah berikut ini saya akan share berbagai macam jenis makanan yang bisa kita onsumsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita sehingga kita terbebas atau tahan terhadap serangan penyakit.

9 Jenis Makanan Yang Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Jenis Makanan Yang Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Yogurt & Produk Olahan Susu
Yoghurt dan segala hal produk olahan dari susu sangat baik untuk pencernaan karena mengandung probiotik. Beberapa studi telah menemukan bahwa hal itu juga dapat meningkatkan fungsi kekebalan tubuh dan melindungi tubuh terhadap infeksi bakteri dan virus yang umum. Tindakan ini diyakini hasil dari kemampuan yogurt untuk merangsang produksi interferon - komponen yang meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh. Beberapa penelitian juga menemukan bahwa mengkonsumsi yogurt setiap hari dapat mengurangi resiko timbulnya bakteri yang berpengaruh terhadap infeksi jamur vagina yang salah satu resikonya dapat menimbulkan keputihan pada organ intim kewanitaan.

Kacang almond
Salah satu nutrisi ynag bisa meningkatkan kekebalan tubuh adalah vitamin E dan C. Kurangnya vitamin E dapat mempengaruhi kemampuan sistem kekebalan tubuh untuk melawan infeksi. Vitamin E juga sangat berguna untuk kesehatan kulit. Mengunyah beberapa kacang almond yang kaya akan vitamin E ini akan menjaga sistem kekebalan tubuh berjalan secara normal.

Kepiting, tiram dan Daging Merah
Zinc adalah salah satu mineral yang sangat penting bagi tubuh untuk berfungsi pada tingkat optimal. Zinc berguna untuk kesehatan karena membantu sel-sel darah putih melakukan tindakan protektif mereka terhadap infeksi; juga memainkan peran penting sebagai katalis dalam reaksi dari sistem kekebalan tubuh dalam menghancurkan organisme asing. Pastikan Anda mendapatkan asupan makanan yang mengandung nutrisi Zinc dengan mengonsumsi makanan seafood seperti kepiting, tiram dan daging merah dalam diet Anda. Seseorang vegetarian biasanya beresiko kekurangan zinc. Namun, makanan seperti biji-bijian, kacang-kacangan dan sereal yang mengandung zinc bisa anda jadikan asupan diet Anda.

Sayuran Sayuran Hijau
Jika Anda sellama ini tidak menyukai sayura sayuran hijau berikut ini adalah beberapa alasan yang mengharuskan anda untuk menyukai sayuran hijau. Sayuran hijau merupakan sumber yang kaya asam folat yang memiliki peranan penting dalam kerja system tubuh. Beberapa penelitian telah menemukan bahwa kekebalan tubuh akan menurun jika kekurangan asam folat dari sayuran hijau, kekurangan asam folat akan mengurangi kinerja sistem antibodi yang memiliki sifat melawan infeksi. Terutama jika Anda sedang hamil atau menyusui, pastikan Anda mendapatkan lebih banyak asam folat untuk melengkapi peningkatan kebutuhan tubuh Anda selama waktu tersebut untuk mendapatkan kesehatan kehamilan.

Jambu biji, Jeruk dan Lemon
Jambu biji, jeruk dan lemon dan buaha buahan yang mengandung asam tinggi mengandung vitamin C yang berperan penting sebagai antioksidan alami dalam tubuh kita. Vitamin C juga membantu sel-sel darah putih melakukan fungsi mereka cepat menanggapi infeksi dan dengan demikian sistem antibodi akan meningkat. Selain mengandung vitamin C tinggi jambu biji juga mengandung banyak serat yang memiliki peran protektif terhadap kolesterol tinggi dan penyakit jantung.

Wortel Pepaya
Semua buah yang berwarna oranye, kuning atau merah dan hijau merupakan sumber yang kaya beta karoten yang dikenal memiliki tindakan kekebalan yang protektif dalam menangkal bibit penyakit dalam tubuh. Beta karoten membantu tubuh menangkis infeksi cukup efektif. Jadi pastikan Anda menyertakan banyak pepaya, wortel dan labu merah dalam diet Anda untuk menjaga sistem kekebalan tubuh berjalan lancar.

Bawang putih
Seiring dengan aksinya terhadap infeksi bakteri dan virus dan aktivitas anti-inflamasi, bawang putih telah dikenal untuk tindakan protektif terhadap penyakit jantung dan tingkat tinggi kolesterol darah. Dalam beberapa kali, penelitian telah semakin menemukan bawang putih berperan dalam mencegah kanker organ seperti kanker payudara dan oragan lain yang berbeda. Sertakan bawang putih dalam masakan setiap hari dan allicin yang dikandungnya akan menjaga sistem kekebalan tubuh Anda dan berjalan dalam kondisi sempurna. Baca halaman berikutnya tentang jenis makanan pencegah kanker.

Kunyit
Kunyit mengandung vitamin B6 dan banyak mineral seperti kalium, mangan dan besi yang memainkan peran penting dalam fungsi sistem tubuh. Selain itu juga mengandung curcumin yang memiliki aksi antioksidan yang membantu meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh.

Teh Hijau
Teh hijau merupakan sumber antioksidan potensial yang disebut polifenol yang didalamnya mengandung senyawa katekin. Beberapa studi telah menemukan bahwa katekin memiliki kemampuan untuk menghancurkan influenza - atau virus yang menyebabkan demam. Namunjika mengkonsumsi teh hijau, penting untuk diingat jangan mencampurkan susu kedalam teh hijau karena protein dalam susu akan mengikat dengan katekin, menyebabkan ia kehilangan sifat antioksidan. Menambahkan sedikit lemon atau madu tidak akan memiliki efek seperti itu dan bahkan dapat meningkatkan palatabilitas.

G+

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Tips Cantik & Sehat
Artikel Terkait Dengan "9 Jenis Makanan Yang Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh "

No comments:

Post a Comment