10 Tips Untuk Kehamilan Sehat

10 Tips Kehamilan Sehat - Hamil! ya itu lah kata yang sangat diharapkan untuk pasangan yang telah menikah dan siap memiliki buah hati. Kehamilan dapat membuat wanita merasa luar biasa. Satu hal yang harus diperhatikan bagi ibu hamil adalah berhati-hati selama kehamilan dan memastikan kesehatan diri sendiri maupun janin atau calon bayi yang tumbuh di dalam kandungan. Kebahagiaan seorang ibu hamil dimulai ketika kehidupan baru tumbuh di dalam rahimnya, ketika jantung berdetak kecil terdengar untuk pertama kalinya dan tendangan lucu mengingatkan bahwa dia tidak sendirian. Berikut yang harus dilakukan seorang ibu hamil ketika mengetahui bahwa mereka mengandung:

  • Ibu hamil harus belajar sebanyak mungkin tentang cara dan bagaimana kondisi tubuhnya berubah dan bagaimana bayinya tumbuh di dalam kandungan.
  • Dianjurkan untuk berkomunikasi dengan keluarga, teman dan ibu-ibu lain tentang kehamilan, persalinan dan kelahiran.
  • Membaca buku-buku, menonton video atau menghadiri kelas kehamilan dan kelahiran untuk membantu melahirkan anak yang normal.

Nah dengan cara diatas anda akan mampu menyerap banyak informasi tentang kehamilan agar kandungan anda tetap sehat dan aman sampai waktunya kelahiran tiba. Berikut 10 tips yang harus dilakukan seorang ibu hamil agar kemalilan berjalan sehat.

Baca juga:
Ciri ciri kehamilan awal
7 Metode memprediksi jenis kelamin bayi dalam kandungan
Cara Mudah memprediksi jenis kelamin bayi dalam kandungan


10 Tips Untuk Kehamilan Sehat

10 tips untuk kehamilan yang sehat

Pola Makan Sehat & Seimbang
  • Makan 5-6 kali makanan sehat & seimbang sehari, anda mengkonsumsi makanan sehat bukan hanya untuk diri anda sendiri namun juga untuk bayi yang anda kandung.
  • Karena perubahan hormon dalam tubuh wanita hamil tidak bisa makan makanan berat, oleh karena itu usahakan membelah makanan menjadi bagian-bagian kecil atau menghaluskannya.
  • Konsumsi makanan dengan baik dan seimbang, memperhatikan rekomendasi dari dokter kandungan tentang makanan yang direkomendasikan untuk ibu hamil.
  • Minum lebih banyak susu atau makanan yang memiliki ekstra protein.
  • Ambil beberapa porsi buah-buahan dan sayuran segar setiap hari.
  • Sayuran dan jus buah segar juga akan membantu untuk mengurangi stres oksidatif.

Rekomendasi tentang gizi, vitamin, mineral dan umum lainnya

Zinc
  1. Mengkonsumsi makanan yang diperkaya zinc sangat penting karena dua alasan
  2. Pertumbuhan dan perkembangan janin.
  3. Untuk mengembangkan sistem kekebalan tubuh yang sehat.
  4. Kekurangan Zinc bahkan dapat menyebabkan defisiensi imun pada generasi berikutnya.
  5. Setidaknya mendapatkan 15 miligram per hari zinc dalam makanan.
  6. Zinc ditemukan dalam makanan berprotein tinggi seperti daging dan kacang-kacangan.

Asam Folat
  1. Mendapatkan asam folat yang cukup sangat penting baik sebelum dan selama kehamilan.
  2. Jumlah yang tepat dari asam folat menjamin pertumbuhan yang tepat dan mencegah cacat lahir.
  3. Asam folat kaya akan sayuran greenleafy mendalam.
  4. Wanita hamil harus mendapatkan minimal 400-800 mikrogram per hari asam folat.

Magnesium
  1. Magnesium sangat penting untuk lebih dari 300 fungsi tubuh.
  2. Membantu orang untuk merasa jauh lebih sehat.
  3. Kekurangan magnesium dapat meningkatkan kemungkinan tekanan darah tinggi dan kejang selama kehamilan, kondisi yang dikenal sebagai eclampria.
  4. Mengambil jumlah yang tepat dari magnesium per hari membantu mengurangi kram kaki dan sembelit, yang sering dialami selama kehamilan.
  5. Ambil 200 miligram magnesium dalam bentuk glycinate setiap hari.
  6. Biji-bijian, sayuran hijau, sayuran dan kacang-kacangan lainnya merupakan sumber yang baik dari magnesium.
    
Vitamin B
  1. Vitamin B sangat penting untuk energi, kejernihan mental dan mencegah depresi.
  2. Membantu untuk mengurangi komplikasi kehamilan seperti diabetes gestational.
  3. 25 sampai 50 miligram per hari vitamin B dan banyak B12 untuk fungsi saraf normal.
  4. Mengambil 200 miligram vitamin B6 per hari dapat meningkatkan kesehatan wanita yang menderita diabetes.
  5. Hanya wanita yang menderita diabetes gestasional harus mengambil tingkat tinggi vitamin B dan harus turun menjadi 100 mg per hari.

Minyak ikan
  1. Otak manusia dominan terbuat dari DHA (asam lemak esensial dalam minyak ikan)
  2. Minyak ikan penting untuk wanita hamil sehingga bayi mereka dapat mengembangkan jaringan otak yang sehat dan optimal.
  3. DHA menurunkan risiko depresi post partum.

Kalsium
  1. Paling penting bagi wanita hamil dan anak berkembang di dalam rahim.
  2. Wanita hamil harus mengkonsumsi 1.500 miligram kalsium per hari.
  3. Cara terbaik untuk mengkonsumsi adalah saat malam hari dalam bentuk cair atau kunyah.
  4. Setiap cangkir susu atau yogurt mengandung 400mgs kalsium.

Zat besi
  1. 18 hingga 36 mg zat besi per hari sangat membantu.
  2. Kekurangan zat besi dapat menyebabkan infertilitas, baca juga jenis makanan yang baik untuk fertilitas atau kesuburan.
  3. Jika kekurangan zat besi, ibu hamil dapat menghadapi risiko anemia, kelelahan, kehilangan kefokusan atau memori dan penurunan fungsi kekebalan tubuh.

Konsumsi Multivitamin
Mengkonsumsi vitamin prenatal setiap hari seperti yang diarahkan oleh obstretician.
Multivitamin dengan asam folat setiap hari sebelum pembuahan dan selama kehamilan, memainkan peran penting dalam perkembangan awal otak dan tulang belakang.

Minum Banyak Air Putih
Minum banyak cairan, setidaknya delapan sampai sepuluh gelas sehari.
Saat hamil, volume darah dapat meningkat menjadi sekitar 30% dan wanita hamil dapat dengan mudah mengalami dehidrasi.
Jika mulut dan bibir kering, minum lebih banyak cairan!
Garam secukupnya juga membantu dalam mencegah dehidrasi. (Jika masalah retensi cairan yang ada kemudian menghindari garam).
Tip ini untuk kehamilan yang sehat berguna untuk membantu mengatasi sembelit, masalah pencernaan dan mengurangi stres oksidatif.

Olahraga
Tetap aktif
Latihan yoga, meditasi atau latihan pernapasan.
Coba 30 menit latihan pada kecepatan yang moderat setiap hari.
Berjalan dalam keadaan atau cuaca dingin, teduh atau indoor untuk mencegah over heating.

Hindari Stress
Cobalah untuk meminimalkan stres dalam hidup selama kehamilan.
Teknik manajemen stres seperti bernapas dalam lambat dan meriliks kan otot akan membantu wanita hamil ketika ia merasa berada di bawah stres.

Hindari Kebiasaan Buruk
Hindari zat-zat yang berbahaya bagi kehamilan dan bayi.
Rokok, alkohol, narkoba adalah hal-hal yang harus dihindari.
Jangan mengambil obat-obatan, bahkan obat tanpa resep selama kehamilan.
Hindari kafein dalam mengambil dan zat pewarna buatan dan soda.

Cukup Istirahat
Banyak istirahat.
Dapatkan tidur yang cukup minimal delapan jam di malam hari.
Jika ada gangguan tidur pada malam hari, cobalah untuk tidur siang pada siang hari.

Pakaian YAng Nyaman
Memakai pakaian nyaman, gunakan sepatu yang cukup longgar untuk mencegah kelelahan dan pembengkakan kaki, kaki dan pergelangan kaki.

Kontrol Dokter Secara Teratur
Kunjungi (penyedia layanan kesehatan) dokter minimal sekali dalam sebulan setelah kehamilan awal
Dapatkan analisis hormonal, tes darah dan kadar gula darah dipantau secara berkala.
Minum obat dan suntikan (imunisasi) seperti yang disarankan oleh penyedia layanan kesehatan yang diperlukan.

Peran Keluarga
Nikmati waktu khusus ini dalam hidup! Pasangan Anda, keluarga Anda dan teman-teman dapat membantu membuat sebagian besar transisi yang akan lebih baik. Memiliki keyakinan pada kemampuan tubuh Anda untuk tumbuh, memelihara, dan melahirkan bayi ini.

G+

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Tips Cantik & Sehat
Artikel Terkait Dengan "10 Tips Untuk Kehamilan Sehat "

No comments:

Post a Comment