Tips Mengatasi Siklus Menstruasi Tidak Teratur

Tips Mengatasi Siklus Menstruasi Tidak Teratur - Oligomenore merupakan bahasa medis paling umum untuk menyebut suatu kondisi kesehatan dimana siklus menstruasi tidak teratur atau tertunda. Hal ini merupakan masalah umum yang paling sering dihadapi oleh kebanyakan wanita. Mentruasi yang tidak teratur biasana menyebabkan perubahan suasana hati yang tidak stabil, badan lemah atau lemas, rasa nyeri, kedutan di daerah payudara, mual, lesu, letih, rasa sakit di perut bagian bawah. Penyebab menstruasi yang tidak teratur ini berbeda antara satu wanita dengan wanita yang lain namun secara umum penyebab menstruasi tidak teratur ini bisa disebabkan oleh:

  • Penurunan atau pertambahan berat badan yang signifikan
  • Gangguan pola makan
  • Ketidakseimbangan masalah hormonal
  • IBS (Irritable bowel syndrome) atau sindrom iritasi pada usus
  • PCOS (Polycystic ovarian syndrome) atau sindrom polikistik pada ovarium
  • Menopause
  • Diabetes
  • Kekurangan darah (Anemia)
  • Kelahiran anak
  • Keguguran 
  • TB (Tuberculosis)
  • Penyakit seperti keputihan
Tips Mengatasi Siklus Menstruasi Tidak Teratur

Tips Mengatasi periode menstruasi yang tidak Teratur

Mengkonsumsi Pepaya Mentah
Makan pepaya hijau dan masih mentah dapat membantu Anda menormalkan menstruasi yang tidak teratur karena ia bekerja sebagai emmenagogue yang baik dan kuat dan membantu dalam kontraksi otot dalam rahim Anda.  Solusi ini secara khusus bermanfaat bagi periode menstruasi yang tidak teratur yang terkait dengan menopause. Makan pepaya muda selama beberapa minggu dan lihat hasilnya. Hindari mengkonsumsi pepaya ini ketika mengalami haid Anda. Anda juga bisa memakan pepaya matang untuk pencegahan menstruasi yang tidak teratur.

Akar Beringin
Ambil akar pohon beringin dan pastikan akar tersebut masih segar bisa anda lihat bahwa akar segar akan mengeluarkan air. Rebus dalam segelas air selama sekitar 10 menit. Tambahkan 2-3 sdm susu sapi untuk rebusan ini dan meminumnya saat anda akan pergi tidur setiap hari. Ramuan ini juga dapat membantu mengatur secara siklus menstruasi Anda.

Anggur
Anggur dipercaya dari zaman nenek moyang untuk mengatasi menstruasi yang tidak teratur. Minum jus anggur setiap hari atau anda bisa mengkonsumsinya langsung dapat membantu siklus menstruasi anda agar teratur. Selain itu, Anda juga bisa makan buah anggur mentah dan menjadikannya sebagai bagian dari diet Anda. Ini akan membantu Anda dalam jangka panjang. Namun, konsumsi berlebihan anggur tidak baik.

Peterseli
Peterseli adalah satu ramuan berguna untuk mengobati masalah menstruasi. Jus peterseli harus dikonsumsi setiap hari, sebagai obat, untuk mendapatkan kembali menstruasi anda teratur secara berkala.

Wortel
Mengonsumsi wortel mentah atau dibuat jus wortel juga dapat menjadi bantuan yang baik untuk memerangi menstruasi yang tidak teratur. Salah satu cara termudah untuk mengkonsumsi wortel ini adalah dengan memasukkan menu dalam diet anda sebagai sayur, salad ataupun jus minuman.

Gel Lidah Buaya
Aloe Vera gel atau dapat membantu siklus menstruasi. Jika anda melakukannya secara teratur dapat membantu Anda mendapatkan hasil yang positif. Aloe vera memiliki manfaat mengatur hormon-hormon yang bertanggung jawab untuk menstruasi dan membantu dalam mendapatkan aliran menstruasi yang teratur. Campur gel dengan 1 sdm madu. Konsumsi ini sebelum makan pagi. Lanjutkan ini selama setidaknya tiga bulan untuk hasil terbaik. Hindari obat rumah ini ketika anda sedang haid..

Tebu
Minum air tebu satu atau dua minggu sebelum siklus menstruasi Anda akan membantu Anda dalam mendapatkan menstruasi Anda lebih teratur. Ini adalah obat yang sangat sederhana dan paling sering digunakan untuk menstruasi yang tidak teratur.

Jahe
Jahe dianggap sangat bermanfaat untuk mengatur siklus menstruasi. Selain itu, juga membantu dalam menangani nyeri haid. Cara menggunakan jahe untuk menstruasi yang tidak teratur? Rebus 1 sdm jahe tanah segar dalam secangkir air selama 5 menit. Tambahkan sedikit gula dan minum campuran tiga kali sehari setelah Anda makan.

G+

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Tips Cantik & Sehat
Artikel Terkait Dengan "Tips Mengatasi Siklus Menstruasi Tidak Teratur "

No comments:

Post a Comment