9 Manfaat Jahe Untuk Kesehatan

Manfaat Jahe Untuk Kesehatan - Jahe merupakan rempah yang banyak digunakan dalam masakan, industri makanan, minuman dan obat obatan herbal. Jahe merupakan rempah karakteristik karena mudah dikenal dengan aroma yang kuat dan pedas dan menghangatkan seperti saat anda meminum susu jahe. Jahe dapat diolah secara langsung, disuling menjadi minyak maupun dijadikan bubuk jahe. Selama zaman dahulu mulai dari nenek moyang jahe telah digunakan untuk pengobatan penyakit karena memiliki efek terapi dan pencegahan yang kuat termasuk pencegah kanker. jahe mengandung anti-inflamasi, analgesik, antioksidan, dan anti-emetik.

Zat ini berguna membantu untuk mengurangi peradangan, pembengkakan dan nyeri karena kemampuannya untuk menghambat prostaglandin dan leukotrien sintesis. Ini menghambat reseptor serotonin dan memiliki kemampuan untuk memecah dan mengusir gas usus (efek karminatif) yang membuatnya menjadi agen antiemetik yang baik. Aktivitas antioksidannya, kemampuan untuk menginduksi kematian sel (apoptosis) dan menekan protein tertentu sehingga merupakan bersifat antikanker. Senyawa yang ditemukan dalam jahe dikenal untuk menekan reaksi alergi.

Begitu banyaknya khasiat jahe ini maka tak mengherankan jika harga jahe sekarang ini melonjak sangat tinggi, karena memang jahe dibutuhkan dalam beberapa sektor industri seperti obat obatan, makanan, minuman. Berikut adalah beberapa manfaat utama dari jahe.

9 Manfaat Jahe Untuk Kesehatan

Khasiat Jahe Untuk Kesehatan

Penambah rangsangan nafsu makan
Jika anda memiliki masalah dalam nafsu makan yang menurun ada baiknya menggunakan jahe untuk merangsang nafsu makan anda caranya adalah dengan mengunyah langsung jahe yang telah dibersihkan sebelum makan. Jahe bisa membantu menghasilkan cairan pencernaan sehingga mampu meningkatkan nafsu makan.

Membantu dalam pencernaan
Memiliki masalah dengan pencernaan? Jawabannya adalah dengan memakan jahe. Jahe meningkatkan penyerapan dan asimilasi nutrisi penting dan membantu pencernaan, juga membantu memecah protein dalam makanan Anda. Jahe melindungi perut Anda terhadap ulkus dengan meningkatkan sekresi lendir.Masalah pencernaan bisa mnyebabkan masalah bau mulut.

Mencegah perut kembung
Jika perut anda rasa tidak enak dalam perut anda karena kembung (dalam bahasa jawa sebah) maka mengkonsumsi jus jahe merupakan solusi yang tepat untuk mengobati perut kembung. Jahe memiliki sifat karminatif (pengusiran gas) yang akan mencegah perut kembung dan akan membuang gas dalam perut anda.

Mengurangi nyeri haid
Jahe ketika dikonsumsi pada awal masa menstruasi, dapat mengurangi gejala nyeri haid pada beberapa wanita.

Masalah pernapasan
jahe mengandung zat yang disebut antihistamin yang berguna membantu dalam mengobati alergi. Antihistamin juga berguna untuk menghambat kontraksi jalan napas dan membantu merangsang sekresi lendir. Jahe ini merupakan ramuan pilihan untuk batuk persisten dan sakit tenggorokan yang terkait dengan pilek. Satu sendok teh jus jahe dengan madu efektif terhadap sakit tenggorokan. Dan teh jahe adalah minuman favorit yang berkhasiat untuk menyingkirkan lendir di tenggorokan dan hidung. Jus jahe segar dicampur dengan fenugreek dan madu sangat baik untuk mengobati asma. Mengunyah jahe dapat mengurangi mual dan muntah. Menurut penelitian, jahe dapat mengobati sensasi mual setelah operasi, dan karena mabuk, mabuk laut, dll Hal ini juga bermanfaat untuk mual akibat efek samping dari kemoterapi.

Mencegah morning sickness
Beberapa wanita hamil sangat membutuhkan jahe yang bermanfaat dalam mencegah mual di pagi hari khususnya bagi wanita yang sedang dalam masa kehamilan. Tetapi dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter Anda sebelum menggunakannya untuk mendapatkan saran untuk dosis yang tepat.

Meringankan sakit kepala
Jahe walaupum menghangatkan namun juga memiliki sifat mendinginkan pada sakit kepala caranya oleskan pasta jahe yang telah dihaluskan di dahi diyakini dapat meredakan sakit kepala termasuk meredakan migrain. Kemampuan jahe untuk menghambat sintesis prostaglandin membantu mengurangi rasa sakit dan peradangan pada pembuluh darah sehingga memberikan bantuan untuk mengatasi migrain.

Radang sendi
Analgesik dan properti anti-inflamasi dari jahe dapat membantu mengurangi nyeri sendi arthritis pada beberapa orang. Untuk membantu meringankan otot dan sakit sendi, tambahkan sedikit minyak jahe ke dalam bak mandi Anda.

Kanker
Jahe mengandung tingkat antioksidan yang sangat tinggi. Jahe memiliki kemampuan untuk menginduksi kematian sel (apoptosis) dan menekan protein tertentu. Menurut beberapa penelitian, jahe dapat menjadi senjata yang ampuh melawan kanker.

G+

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Tips Cantik & Sehat
Artikel Terkait Dengan "9 Manfaat Jahe Untuk Kesehatan "

No comments:

Post a Comment