10 Manfaat Alami Cengkeh Untuk Kesehatan

Manfaat cengkeh untuk kesehatan - Cengkeh merupakan jenis bumbu atau rempah-rempah yang umum digunakan sebagai penyedap rasa dalam berbagai masakan di Asia, namun perlu anda ketahui jenis rempah-rempah kecil berwarna merah saat matang ini memiliki banyak kegunaan dan manfaat khususnya dalam bidang kesehatan. Cengkeh diperkaya dengan nutrisi seperti vitamin dan mineral seperti yodium, kalsium, fosfor, dan zat besi, cengkeh dapat bermanfaat bagi kesehatan tubuh Anda selain dapat membuat berbagai makanan lebih enak.

Rempah rempah yang digemari oleh bangsa Eropa dari zaman dahulu sebagai bumbu masakan pedas ini juga mulai digemari dalam berbagai jenis masakan di Asia. Selain Sebagai penyedap masakan cengkeh juga terdapat dalam industri rokok. Nah berikut beberapa manfaat cengkeh yang berguna untuk kesehatan anda:

manfaat cengkeh untuk kesehatan

10 Manfaat Alami Cengkeh Untuk Kesehatan

Membantu melegakan pernafasan
Cengkeh mengandung suatu zat penting yang disebut eugenol. Memiliki sifat ekspektoran yang berguna untuk menghilangkan dada sesak atau sinus. Selain memiliki manfaat tersebut ternyata cengkeh yang juga memiliki sifat anti-bakteri dan anti-jamur yang membantu untuk mengatasi infeksi. nah manfaat dari salah satu khasiat cengkeh ini adalah dengan meredakan batuk terlebih pada batuk berdahak karena memiliki efek menghangatkan. Haluskan 3-4 buah cengkeh, tambahkan satu butir merica. Tambahkan sekitar 200 mil air, dan didihkan sampai hingga tersisa setengah kuantitas. Anda dapat menambahkan sepotong kecil jahe ke dalam campuran juga. Setelah rebusan tersebut hangat minum dengan sedikit madu untuk menambah rasa manis. Baca juga cara alami meredakan bermacam jenis batuk.

Meredakan nyeri sendi
Cengkeh memiliki efek analgesik atau mengurangi rasa sakit dan peradangan. Manfaat dari jenis rempah-rempah ini memiliki sensasi hangat jika diloleskan dan membantu otot-otot rileks. Untuk itulah kenapa cengkeh cocok untuk mengobati rematik atau nyeri sendi. Minyak esensial dalam cengkeh membantu masalah tersebut dengan cara haluskan beberapa butir cengkeh lalu oleskan pada bagian nyeri sendi beberapa menit. rasakan sensasi hangat dan membuatnya merasa nyaman. Cara lain adalah dengan menambahkan beberapa tetes minyak esensial ke bak air mandi Anda dan rendam dalam air hangat untuk menghilangkan rasa sakit.

Mengatasi sakit tenggorokan
Seperti saya jelaskan diatas bahwa cengkeh mengandung agen anti-bakteri dan membantu mengalahkan rasa sakit termasuk dengan sakit tenggorokan. Hal ini juga membantu meredakan rasa sakit juga rasa gatal di tenggorokan dan membantu untuk mengatasi keadaan tersebut dengan cepat karena sifat anti-bakteri tersebut. Cara penggunaanya ambil beberapa butir cengkeh dan menambahkannya ke beberapa sendok madu. Biarkan tetap dalam madu selama sekitar 8 jam dan minum perlahan-lahan. Minyak esensial dalam cengkeh akan melapisi tenggorokan membantu dalam memberikan Anda beberapa bantuan. Baca juga artikel lainnya tentang mengatasi sakit tenggorokan.

Membantu melawan stres
Pernahkah anda ke spa, atau menggunakan cengkeh sebagai aroma spa? Spa merupakan cara yang dinilai efektif mampu membuat orang santai dengan aroma khas spa yang biasanya menggunakan bahan herbal. Karena aroma cengkeh begitu kuat, cengkeh memiliki manfaat membantu Anda bersantai. Eugenol dalam cengkeh merupakan relaksan otot dan dapat membuat nyaman bahkan otot-otot yang paling tegang. setelah beraktifitas panjang melelahkan, coba tambahkan beberapa tetes minyak cengkeh ke air mandi Anda untuk membantu Anda bersantai dengan berendam. Anda juga bisa menggunakannya sebagai ruang penyegar alami yang tidak hanya akan menjaga semangat Anda, tetapi juga akan membantu mengusir efek buruk penyegar ruangan buatan. Baca juga cara mengatasi stres dan tekanan pikiran.

Mencerahkan Kulit
Cengkeh merupakan metode yang efektif dan instan untuk menyingkirkan noda dan jerawat, karena sifat anti-bakteri dan anti-inflamasi. Hal ini juga sangat efektif dalam mengatasi noda, flek hitam atau spots yang biasanya muncul setelah jerawat telah mereda. Haluskan beberapa buah cengkeh, tambahkan satu sendok makan madu dan jus lemon seperempat sendok teh ke dalam campuran. Sekarang oleskan pasta ini pada wajah Anda dan biarkan selama sekitar 20 menit. Kemudian bilas dengan air dingin. Baca juga cara mencerahkan & memutihkan kulit wajah.

Menurunkan gula darah dan mencegah diabetes
Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh Dr. Alam Khan pada tahun 2006 cengkeh memiliki khasiat menurunkan gula darah dan mencegah diabetes. Cengkeh bermanfaat menginduksi aktivitas insulin yang membantu resistensi insulin dengan demikian meningkatkan kadar gula darah seseorang. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa makan cengkeh secara teratur dapat membantu dalam mencegah diabetes. Jika Anda menderita diabetes dan ingin menjaga kadar gula darah Anda dalam terkendali secara alami, cobalah makan cengkeh setiap hari. Atau Anda bisa mencoba mengkonsumsi sekitar sepuluh gram bubuk cengkeh dengan air hangat, pada waktu perut kosong sehari-hari.

Membantu memperbaiki pencernaan
Cengkeh memiliki sifat carmative dan meningkatkan kemampuan Anda untuk mencerna makanan. Ini juga salah satu alasan rempah-rempah ini ditambahkan ke sejumlah makanan dan ditawarkan sebagai penyegar mulut setelah makan. Selain itu, minyak esensial cengkeh di juga sangat efektif dalam memerangi radang perut, mengurangi peradangan dan membunuh bakteri di dalam perut.

Dapat meredakan asam lambung
Untuk orang yang memiliki asam lambung dapat menggunakan rempah rempah ini. Tidak hanya membantu meningkatkan pencernaan tetapi juga bermnafaat sebagai mantel atau (pelindung) perut dan tenggorokan dengan lendir yang secara signifikan dapat mengurangi gejala keasaman pada lambung. Selain itu, cengkeh juga meningkatkan peristaltik (aksi kontraksi otot untuk menjaga makanan dalam perut) dan menjaga asam naik ke tenggorokan Anda.

Menurunkan kadar kolesterol
Menurut sebuah studi yang diterbitkan oleh American Heart Association, cengkeh memiliki efek yang signifikan dalam mengurangi kolesterol seseorang. Studi ini menyatakan bahwa sifat bawaan cengkeh membantu merangsang aktivitas enzimatik tertentu dalam tubuh yang membantu mengurangi kadar trigliserida dalam tubuh Anda dan menurunkan kadar kolesterol. Hal ini diyakini bahwa hanya sekitar 10 gram bubuk cengkeh dalam makanan sehari-hari seseorang dapat sangat mengurangi kadar kolesterol sehingga melindungi tubuh dari efek buruk kolesterol tinggi.

Mengatasi sakit gigi, bau mulut dan menjaga kebersihan mulut
Mengunyah cengkeh atau mengoleskan minyak cengkeh ke gigi sakit merupakan metode yang paling digunakan untuk mengatasi sakit gigi dari zaman dahulu. Minyak esensial dalam cengkeh mengandung komponen anti inflamasi kuat yang membantu mengurangi pembengkakan di sekitar gigi yang terinfeksi. Ini tidak hanya membunuh bakteri berbahaya dalam mulut tetapi juga membantu untuk mematikan rasa sakit yang terasa. Selain itu juga mengatasi bau mulut dengan membersihkan lidah, langit-langit mulut (bagian atas mulut Anda) dan bagian atas tenggorokan Anda dari bakteri apapun dan sisa sisa makanan yang membusuk. Juga memberikan kualitas aromatik yang kuat untuk mengatasu bau dalam mulut dan napas busuk. Baca juga mengatasi sakit gigi dengan cengkeh.

G+

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Tips Cantik & Sehat
Artikel Terkait Dengan "10 Manfaat Alami Cengkeh Untuk Kesehatan "

No comments:

Post a Comment